Pasti anda mengenal game Angry Bird dari Rovio yang telah menuai kesuksesan pada platform ponsel Iphone dan kini telah menjadi game The Best Selling. Game yang fenomenal ini juga telah mengekspansi ke beberapa platform lain, seperti ponsel yang berbasis Android dan Symbian 3 serta komputer yang berbasis Windows. Bahkan saat ini sedang merambah ke situs jejaring sosial, Facebook. Dan kini Rovio telah meluncurkan sekuel terbarunya, yakni Angry Bird Rio. Sekuel Rio sebenarnya telah diluncurkan beberapa bulan yang lalu untuk platform ponsel Iphone milik Apple dan kini versi komputernya telah hadir beberapa minggu yang lalu.


Gameplay
Dalam sekuel ini, burung-burung pemarah itu di culik ke kota Rio de Janeiro, sesampainya disana mereka berhasil meloloskan diri dan menyelamatkan burung-burung lain yang terkurung. Sesi pertama permainan akan dimulai dengan menyelamatkan burung-burung, dimana para burung pemarah tersebut menabrakan diri mereka untuk menghancurkan kurungan agar burung yang terkurung dapat terbang bebas.

Cara bermain game ini masih tetap sama seperti pendahulunya, kita mengunakan ketapel untuk meluncurkan sekumpulan burung pemarah dengan karakteristik yang berbeda-beda, diantaranya ada burung berwarna merah dengan kemampuan standar, burung kecil berwarna biru yang memiliki kemampuan memecahkan diri menjadi 3 ekor, kemudian burung gendut berwarna putih yang bisa menjatuhkan telur bom, burung kuning berbentuk segitiga yang memiliki kemampuan untuk menukik dengan tajam, dan sebagainya. Pada sekuel ini terdapat burung dari tokoh karakter utama di film animasi Rio, yakni burung biru bernama Blu dan Jewel. Kedua burung biru tersebut akan dapat kita temukan pada bagian akhir dari sesi pertama dengan membebaskan mereka dari kurungan. Dan pada akhir sesi kedua permainan, kita bakal dapat mengunakan burung Blu dan Jewel dengan kemampuan kerjasama mereka disaat terbang.


Setelah melewati sesi pertama dengan misi penyelamatan, pada sesi berikutnya kita akan berhadapan dengan musuh baru, yakni Monyet dan bukan lagi bermusuhan dengan Babi. Pada akhir sesi kedua kita juga akan berhadapan dengan Boss Battle, yakni burung putih dari tokoh karakter jahat pada film Rio, yang bernama Nigel. Dalam pertarungan Boss Battle, musuh tersebut lebih tangguh dan tidak dapat dikalahkan hanya dengan satu serangan saja. Serta mereka juga tidak diam ditempat saja seperti musuh pada level biasa. Ini merupakan tantangan yang cukup menarik pada Angry Bird Rio.


Dan kini dalam sebuah level, selain terdapat susunan struktur yang terdiri kayu, besi, dan kaca, juga terdapat objek baru, seperti lampu gantung yang bakal mengayun dari kiri ke kanan sehingga terkadang burung yang diluncurkan tidak mengenai sasaran akibat tersengol oleh lampu gantung, kemudian pelampung renang dan jamur raksasa yang dapat membuat burung atau benda memental ke arah lain, hingga terdapat buah-buahan seperti Pisang, Nenas, dan sebagainya yang jika kita berhasil mengenai buah-buahan tersebut maka kita dapat menambah poin untuk nilai score.


Graphic
Tidak ada peningkatan yang signifikan pada grafis game ini, hanya saja tekstur warna yang lebih tajam dengan latar permainan yang kian menarik dan terkesan lebih mendalam. Kemudian adanya animasi yang jauh lebih baik lagi, seperti monyet yang saat akan jatuh terlihat bergerak ketakutan dengan matanya yang melotot terkejut, jika dibandingkan dengan musuh pendahulunya, Babi yang hanya terkesan tenang-tenang saja saat akan terjatuh.
Untuk suara pada game ini juga terasa peningkatannya, seperti musik pada menu permainan dengan melodi yang lebih cepat, kemudian suara monyet saat ketakutan juga dapat dirasakan hingga suara Angry Bird yang lebih bervariasi dibandingkan dengan sekuel pendahulunya.


Overall
Para pecinta Angry Bird harus mencoba sekuel terbarunya, dengan peningkatan level yang semakin menantang, musuh baru, dan fitur Boss Battle, yang menjadikan Angry Bird Rio semakin menarik untuk dimainkan dan saya yakin pasti membuat gamers kecanduan kembali dengan game yang adiktif dan disukai segala jenis usia, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

Angry Bird Rio
Developer : Rovio
Publisher : Rovio
Genre : Puzzle
Release Date : April 2011
Platform : PC, Mac, Iphone, Android, Symbian 3.

Score
Gameplay  90
Graphic  80
Overall  95


1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here