Cerita pada sekuel ini masih menyambung cerita pada sekuel Brotherhood, yang mengisahkan Desmond terkurung dalam dunia Animus dan untuk dapat keluar dari dunia Animus, Desmond harus kembali ke dunia Ezio untuk menemukan semua rahasia peninggalan Altair yang hilang. Pada sekuel ini Ezio akan berpetualangan di tempat baru yang bernama kota Constantinople yang sangat indah dan tampak lebih hidup dibandingkan dengan sekuel sebelumnya. Kota Constantinople tersebut cukup luas jika dibandingkan dengan kota pada sekuel Brotherhood, dengan wilayah yang mencakup 4 bagian besar, yakni Constantin, Beyazid, Imperial, dan Galata. Game ini akan membawa kita memerankan Altair dan juga Desmond pada saat tertentu ditengah permainan, namun peran Ezio dalam game ini masih tetap sangat besar.

Gameplay
Walau gameplay game ini bedasar atas narasi cerita, tetap saja sangat mengasikan karena pemain disajikan sebuah lingkungan permainan yang luas (open-world) untuk dijelajahi, kemudian menyelesaikan misi utama maupun sekunder, mengumpulkan collectible items, seperti Animus data fragment, hingga membangun Assassin Guild yang terkuat. Untuk misi utama dalam sekuel ini tidak berbeda jauh dengan sekuel sebelumnya yang kebanyakan mengharuskan kita mengikuti target secara diam-diam dan membunuh target tersebut, bertemu dengan orang yang lokasinya cukup jauh, hingga kejar-kejaran mengunakan kereta kuda.


Boleh dikatakan perkembangan pada sekuel Revelations ini sangat sedikit, disekuel ini Ezio diperkenalkan sebuah senjata baru yang bernama Hookblade. Senjata tersebut sangat membantu Ezio dalam memanjat lebih cepat dan mengapai tempat-tempat yang lebih tinggi serta membantu Ezio dalam mengapai tempat yang jauh saat melompat. Kemudian Ezio juga dapat merakit bom yang memiliki beberapa efek saat dilempar, yakni bom untuk membunuh musuh atau disebut Lethal Bomb, bom untuk mengalihkan perhatian musuh atau disebut Distraction Bomb, ataupun bom asap untuk melarikan diri dari kepungan musuh atau disebut Tactical Bomb. Pada pertengahan permainan akan ada misi yang mengharuskan kamu mengunakan bom untuk dapat menyelesaikan misi tersebut, jadi senjata bom memiliki peran penting pada sekuel ini.


Selanjutnya kita akan menemukan perkembangan pada elemen Borgia Tower pada sekuel Brotherhood atau wilayah kekuasaan yang kini gameplaynya dikembangkan lagi menjadi bernuasa Tower Defense. Saat Ezio berhasil membunuh kapten musuh dan merebut tower wilayah kekuasaan. Para musuh tidak akan tinggal diam saja, mereka akan merebut kembali tower tersebut dan Ezio akan berdiri diatas atap untuk mengatur posisi para assassin dalam menghalau pasukan musuh. Ezio dapat memanggil beberapa tipe assassin, seperti pemanah, penembak senjata api, kemudian membangun barikade, hingga menembakan meriam. Para pasukan musuh juga tidak hanya terdiri dari para prajurit saja, mereka juga membawa alat perang zaman pertengahan untuk mendobrak barikade yang kita bangun. Elemen tersebut lumayan menarik disela-sela misi mengintai dan membunuh target yang terkesan berulang-ulang.


Sayangnya pada sekuel ini, kita tidak lagi mengendarai kuda di dalam kota. Walau begitu, kita sudah dibekali senjata Hookblade yang memungkinkan untuk melompat jauh dan memanjat lebih cepat sehingga tidak begitu berpengaruh tanpa adanya kehadiran kuda pada sekuel ini. Disamping itu juga masih terdapat Tunnel yang akan membantu kita menuju tempat tujuan dengan cepat, serta kini pada atap-atap bangunan terdapat tali yang melintang akan sangat membantu Ezio dalam meluncur dengan cepat dari satu tempat ke tempat lain. Dan kini Ezio sudah dapat mengunakan parasut kapan saja dan dapat dipergunakan sebagai salahsatu taktik dalam membunuh musuh. Fitur Assassin Guild masih dapat kita temukan didalam sekuel ini, kita masih dapat mengatur para assassin untuk dikirim menyelesaikan beragam misi di berbagai kota, kemudian meningkatkan skill dan peralatan equipment mereka untuk menghadapi misi-misi yang lebih sulit.


Graphic
Tampilan visual pada sekuel ini terlihat lebih baik dibandingkan sekuel sebelumnya. Hal ini terlihat dari ekpresi muka para karakter yang tampak lebih dinamis. Kemudian animasi karakter saat bertarung dan berakrobat juga telihat lebih alami hingga penduduk dengan beragam aktivitas yang membuat kota Constantinople terlihat lebih hidup dan arsitektur bangunan pada kota tersebut juga tampak bagus dan indah. Sedangkan dari segi Sound, sudah jelas suara akting tiap karakter terdengar sangat solid dan komposisi soundtrack game yang bagus juga turut menambah point lebih pada game ini.

Overall
Sekuel Revelations ini tidak banyak yang berubah dibandingkan dengan sekuel sebelumnya, hanya terdapat penambahan senjata dan perbaikan pada beberapa bagian gameplay. Walau begitu, intensitas keseruan dalam game ini tetap saja mengasikan serta kisah pada sekuel Revelations tetap menarik untuk diikuti.

Assassin Creed Revelations
Publisher : Ubisoft
Developer : Ubisoft
Genre : Action Adventure
Platform : PC, Xbox360, Playstation 3

SCORE
Gameplay  85
Graphic  85
Overall  90


1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here