Brand smartphone Asus merupakan salah satu merek smartphone yang sudah populer di Indonesia. Salah satu smartphone kelas menengah dari Asus yang memiliki banyak kelebihan adalah ZenFone 2 Laser ZE550KL. Bisa dilihat dari namamnya, fitur utama yang disuguhkan smartphone ini berada pada sektor fotografi, di mana kamera utamanya sudah dilengkapi dengan laser auto focus.

Asus ZenFone 2 Laser ZE550KL

Asus menawarkan harga yang tidak terlalu tinggi untuk smartphone ini, dan menariknya smartphone ini sudah memiliki fitur yang terbilang lengkap. Berbeda dengan seri lain yang sudah masuk ke Indonesia dengan layar 5 inci, varian ini memiliki ukuran layar yang lebih besar. Tentu ini menjadi nilai tambah bagi para pecinta smartphone bongsor. Berikut adalah daftar spesifiaksi dari Asus ZenFone 2 Laser ZE550KL.

  • Layar: 5,5 inci IPS, HD 720p, 267ppi, Corning Gorilla Glass 4
  • Dimensi : 152.5 x 77.2 x 10.8 mm, 170 gram
  • Jaringan : EDGE, 3G HSPA, 4G LTE
  • Chipset : Qualcomm Snapdragon 410 Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 + GPU Adreno 306
  • Memori: 2GB RAM + 16GB memori internal (support micro SD hingga 128GB)
  • Kamera belakang : 13 megapiksel pada bagian belakang dengan f/2.0, OIS, laser autofocus, dual tone LED flash, face detection, panorama, HDR
  • Kamera depan : 5 megapiksel dengan f/2.0 pada bagian depan
  • Baterai: Li-Po 3000mAh
  • SIM: Dual SIM, micro SIM
  • OS : Android 5.2 Lollipop,  ZenUI 2.2

Untuk paket penjualannya masih sama dengan dengan seri smartphone Asus lainnya, yakni terdiri dari :

  • Perangkat smartphone Asus Zenfone 2 Laser
  • Buku manual
  • Buku garansi
  • Kepala charger
  • Kabel data

Desain dan Bodi

Membahas pada bagian luarnya terlebih dahulu, Asus Zenfone 2 Laser ini memiliki desain yang hampir sama dengan jajaran Asus Zenfone terkini. Dibandingkan dengan seri ZenFone 2 Laser 5 inci, tak nampak perbedaan pada desain, hanya berbeda ukuran saja. Dengan mengusung bagian belakang yang melengkung, membuat smartphone ini terasa nyaman saat digenggam.

Bodi Asus Zenfone 2 laser 2

Terlebih pada sisi belakang ini menggunakan bahan doff yang menyerupai karet, sehingga tidak membuat smartphone ini licin saat di genggam. Namu ada juga varian yang menggunakan bodi plastik dengan motif metal. Meski bodinya menyerupai metal, namun tak ditemukan bahan metal yang membungkus smartphone ini, karena baigan frame-nya pun juga terbuat dari plastik. Namun yang disayangkan, penggunaan bahan ini membuat bodi belakang smartphone mudah kotor dan rentan tergores.

Power Button Asus ZenFone 2 Laser ZE550KL

Seperti biasa, tombol kapasitif pada smartphone ini terpisah dengan layarnya, letaknya berada di bawah, dan tidak dilengkapi dengan led backlit, sehingga bagi sebagian orang sangat kurang cocok bila digunakan di tempat yang gelap. Port micro USB terdapat di bagian bawah, dan tombol volume di atas. Sementara tombol volume berada pada sisi belakang.

Bodi Asus ZenFone 2 Laser

Generasi kedua dari Asus ini tidak mengusung konsep unibody, yang berarti Anda bisa melepas casing belakang dan dapat melepas baterainya juga. Asus tidak menerapkan sistem hybrid, yang berarti terdapat dua slot SIM dan satu slot microSD. Salah satu slot SIM berada di samping, jadi Anda tak perlu repot-repot melepas baterai untuk mengganti SIM 2.

Layar

Asus ZenFone 2 Laser ZE550KL mengusung layar seluas 5,5 inci, yang kami rasa smartphone ini dapat memberikan pengalaman yang terbilang baik. Selain itu adanya varian 5 inci dan 6 inci juga semakin memperkaya jajaran Asus ZenFone 2 Laser. Untuk resolusinya sendiri Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL masih mengusung resolusi HD 1280×720, dengan kerapatan layar 267ppi. Untungnya layar pada smartphone ini telah dilapisi dengan pelindung Corning Gorilla Glass 4, sehingga tidak perlu khawatir bila diletakkan dalam saku, bersamaan dengan benda lainnya.

Asus ZenFone 2 Laser Screen

Penggunaan sehari-hari dengan smartphone ini terasa nyaman, apalagi saat diuji di luar ruangan, layar Asus Zenfone 2 Laser ini masih dapat terlihat jelas saat berada di bawah terik matahari. Namun diperlukan tingkat kecerahan yang maksimal agar mampu digunakan di bawah terik sinar matahari. Selain itu, warna yang dihasilkan juga terlihat sedikit pucat ketika berada di bawah sinar matahari.

Antarmuka dan Software

Seperti Asus Zenfone lainnya, smartphone ini telah menggunakan tampilan antarmuka dari Asus sendiri, yakni ZenUI 2.2. Dengan berbasiskan sistem operasi Android 5.2 Lollipop, pergerakannya terasa lembut, cepat, dan perpindahan antar menu juga tidak dirasakan lagging. Tampilan Quick Setting juga sedikit berubah, dengan mengalami perombakan animasi saja.

ZenUI

Untuk memperkaya tampilan dari ZenUI, Asus telah menyediakan banyak tema yang dapat gunakan secara gratis. Anda bisa menyesuaikan tema dengan mood Anda atau sesuai dengan keinginan. Namun tidak semua tema tersedia secara gratis, karena ada beberapa pengembang yang memasang harga untuk tema buatan mereka.

Theme

Asus memiliki aplikasi perpesanan dan dialler milik mereka sendiri yang mengadopsi tema material UI seperti Android Lollipop. Anda dapat mengganti mode tampilan, yakni mode satu lapis tanpa app drawer, atau mode dua lapis dengan app drawer seperti kebanyakan smartphone stock Android. Jenis font dan animasi transisi juga bisa Anda sesuaikan dengan pilihan Anda.

Asus telah memberikan smartphone ini banyak sekali aplikasi bawaan miliknya, yang meliputi browser, kalender, Asus ZenTalk, dan masih banyak lagi. Tak hanya menjejali dengan bloatware milik mereka sendiri, Asus juga menjejali ponsel ini dengan aplikasi pihak ketiga yang jumlahnya tidak sedikit. Untungnya bloatware dari pihak ketiga masih dapat dihapus.

Satu hal yang tak kalah menarik dari Asus Zenfone 2 Laser ini adalah, sudah memiliki keyboard bawaan yang dapat kita sesuaikan tampilannya, seperti mengganti warna, bahkan gambar latar pada keyboard. Tentu ini mirip dengan keyboard pihak ketika yang kaya akan kustomisasi, namun tema yang tersedia untuk keyboard tak semuanya gratis, beberapa tema ada yang berbayar. Keyboard juga menyediakan berbagai bahasa masukan, termasuk emoji.

Fitur

Untuk fitur, bisa dikatakan Asus Zenfone 2 Laser memiliki kesamaan dengan kebanyakan seri smartphone Asus lainnya. Anda akan menemukan Zen Motion, yang tidak lain adalah fitur gestur seperti smartphone yang beredar saat ini. Kita akan disuguhkan dua opsi pilihan pengaturan, yakni Touch Gesture, serta One Hand Mode.

Screenshot_2016-06-27-12-07-28
Mode Satu tangan

One Hand Mode sangat diperlukan mengingat layar smartphone ini yang tidak memungkinkan untuk menggunakan satu tangan, cara mengaktifkannya dengan menekan tombol home sebanyak dua kali secara cepat, namun Anda harus mengaktifkannya di pengaturan.

ZenMotion

Pada bagian Touch Gesture, kita akan menemukan opsi pilihan lagi, yang di dalamnya berisi pengaturan mematikan dan menyalakan layar, dengan cara mengetuk layar dua kali secara cepat. Lalu juga ada beberapa huruf yang akan menjadi pintas aplikasi, seperti huruf W untuk membuka browser, C untuk membuka aplikasi kamera, dan masih banyak lagi. Selain itu, kita juga dapat mengubah aplikasi apa saja yang dapat dibuka menggunakan pintas tersebut.

Easy Mode

Lalu ada Easy Mode, di mana fitur ini memudahkan Anda dalam mengakses menu-menu di Asus Zenfone 2 Laser ini. Fitur ini lebih cocok untuk yang memiliki tangan besar, atau untuk lansia yang kesulitan dengan tampilan umum, karena ikon dan tombol navigasi menjadi lebih besar, dari ukuran biasanya.

Mode Anak
Mode Anak

Asus juga menyematkan fitur Kids Mode yang mengamankan data-data penting dari jangkauan anak-anak. Ini sangat cocok jika smartphone sedang dimainkan oleh anak-anak. Kita tidak perlu takut data Anda terhapus, karena dengan mengaktifkan fitur ini, kita dapat memilih beberapa aplikasi apa saja yang dapat di akses, sehingga dapat mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan, seperti file pekerjaan yang tidak sengaja terhapus dan masih banyak lainnya.

Kamera

Membahas soal kamera, Asus Zenfone 2 Laser ini dibekali dengan sensor kamera sebesar 13 megapiksel pada bagian belakang, dengan aperture f/2.0. Sama seperti nama yang ia usung, smartphone ini juga telah memiliki laser autofokus di bagian belakang smartphone. Fungsinya untuk menangkap fokus dengan kecepatan yang sangat tinggi. Fitur ini biasanya terdapat pada handset high-end, namun kali ini Asus menghadirkannya pada handset kelas menengah ke bawah.

Mode kamera

Untuk mode kamera, Asus Zenfone 2 Laser ini bisa dikatakan lengkap, karena memiliki mode yang sangat lengkap, dari Otomatis, Manual, HDR, Resolusi Super, Pengindahan, Kode QR, Low Light, Malam, Kedalaman Bidang, Efek, Selfie Lebar, Animasi GIF, Panorama, Miniatur, Waktu Mundur, PanoShpere, Hapus Pintar, Senyum, Gerak Lambat, dan Time Lapse. Bahkan untuk fitur manualnya juga sangat lengkap, dari pengaturan exposure, kecepataan alias shutter speed, ISO, white balance, bahkan jarak fokusnya bisa kita atur secara manual.

Manual mode

Asus Zenfone 2 Laser ini juga mampu merekam hingga resolusi Full HD, sehingga hasil videonya lebih maksimal. Untuk fitur lain, sensor kamera belakang ini juga mampu mengambil foto dalam jumlah banyak dalam waktu singkat, atau biasa dikenal dengan burst mode. Untuk sekali pengambilan foto, jumlah maksimal foto yang dapat dihasilkan dengan menggunakan mode ini mencapai 100 foto atau 100 frame.

Screenshot_2016-06-27-12-13-46
Mode kamera depan

Sementara untuk mengambil foto selfie dapat menggunakan kamera depan beresolusi 5MP. Kamera depan juga memiliki aperture f/2.0 yang sangat baik dalam menangkap gambar di kondisi gelap. Kamera depan memiliki sudut pandang hingga 85 dejarat, sehingga dapat menampung lebih banyak orang ketika selfie.

Kamera depan memiliki beberapa mode, seperti Beautify, Panorama Selfie, Otomatis, Malam, HDR, Efek Warna, Low Light, Animasi GIF, Slow Motion, dan Time Lapse. Hasil dari kamera depan sendiri terbilang cukup baik, namun agak lambat ketika mengambil gambar.

Hasil kamera Asus ZenFone 2 Laser ZE550KL

 

Untuk foto yang lebih banyak baca juga Artikel hasil kamera Asus ZenFone 2 Laser ZE550KL 

Baterai

Asus ZenFone 2 Laser ZE550KL mengusung kapasitas baterai sebesar 3000mAh, yang mana performa dari baterai ponsel ini sangat baik. Sebagai ponsel dengan layar lebar, baterai yang dimiliki oleh smartphone ini mampu menangani semua kegiatan seharian, dengan penggunaan normal. Ketika Anda melepas charge pukul 6 pagi, maka dengan penggunaan normal smartphone ini mampu bertahan hingga sore bahkan malam hari. Namun hasil tetap saja berbeda pada masing-masing pengguna. Rata-rata screen on time mampu selama 6 jam.

SOT

 

Sementara untuk pengisiannya memang tidak terlalu cepat, smartphone ini membutuhkan waktu 3 hingga 4 jam untuk mengisi penuh kapasitas baterai sebesar 3000mAh. Namun secara keseluruhan, performa baterai dari smartphone ini terbilang sangat baik.

Hardware

Berbicara soal performa, Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL ini masih menggunakan chipset quad core dari Qualcomm Snapdragon 410. Chipset ini memang ditujukan untuk handset menengah ke bawah dan meski masih quad core, smartphone ini dapat menjalankan beberapa game berat, seperti Asphalt 8: Airborne, Asassassin’s Creed: Identity, dan Modern Combar 5 dengan hasil yang baik. Namun untuk game Modern Combat 5: Blackout, kualitas grafis yang ditampilkan tidak semaksimal game lainnya.

Benchmark2

Asus ZenFone 2 Laser ZE550KL memiliki RAM sebesar 2GB yang terbilang standar untuk smartphone saat ini. Dengan menggunakan ZenUI sebagai tampilannya, sisa RAM pada smartphone ini rata-rata mencapai 500MB dengan berbagai aplikasi, seperti messenger, sosial media, game, dan lain-lain. Jadi penggunaan ZenUI sendiri memang terbilang sangat boros dalam pengunaan RAM. Tentu dengan sisa RAM yang sedikit, terkadang terjadi lag ketika banyak aplikasi yang tengah berjalan.

Untuk media penyimpanan, smartphone ini memiliki ROM sebesar 16GB, di mana hanya sekitar 10GB saja yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan berbagai macam file. Namun karena Asus menyediakan slot microSD, Anda dapat memperluas kapasitas penyimpanan hingga 128GB.

Benchmark

Screenshot_2016-06-28-15-02-50

Kami juga sempat melakukan benchmarking dengan menggunakan beberapa aplikasi dari Play Store, seperti AnTuTu, GFXBench, dan 3D Mark. Untuk ponsel quad-core kelas mengengah ke bawah, skor yang dihasilkan smartphone ini memang tidak begitu istimewa, namun tidak buruk juga. Namun secara keseluruhan memiliki performa yang baik. Selain itu, smartphone ini juga telah dilengkapi dengan sensor gyroscope yang dapat Anda manfaatkan untuk bermain game virtual reality dengan menggunakan Google Cardboard.

Smartphone ini memiliki kualitas audio yang baik, dengan speaker yang terletak di sisi belakang, speaker dapat melontarkan suara yang keras dan tidak terkesan garing. Terlebih adanya fitur Audio Wizard juga dapat meningkatkan kualitas trible maupun bass sesuai selera Anda, fitur ini akan lebih terasa ketika menggunakan earphone.

Kesimpulan

Menyasar kelas menengah ke bawah, Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL ini menurut kami dapat mencukupi kebutuhan Anda sehari-hari. Hadir dengan fitur yang sangat lengkap dan dibekali dengan baterai yang tergolong besar, smartphone ini dapat diandalkan dalam kegiatan apapun. Banyaknya mode tampilan antarmuka, juga menjadi nilai lebih dari smartphone ini, karena bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Asus Zenfone 2 Laser

Dengan harga yang cukup terjangkau bagi kalangan muda, smartphone ini menawarkan berbagai kelebihan terutama pada sektor fotografi, karena smartphone sudah mendukung laser autofokus yang dapat menangkap fokus kurang dari satu detik. Mode pengambilan gambar yang dihadirkan juga sangat lengkap, seolah kamera profesional ada dalam genggaman.

Hadir dengan body yang cukup besar, Asus mengusung desain curve atau melengkung pada sisi belakang, sehingga Anda tetap nyaman untuk menggenggamnya. Secara keseluruhan, smartphone ini dapat memberikan semua kebutuhan yang Anda inginkan pada ponsel kelas menengah. Harga Asus ZenFone 2 Laser ZE550KL saat ini berada di kirasan Rp2.000.000.

Kelebihan

  • Kapasitas baterai 3000mAh yang termasuk awet
  • Kamera dilengkapi dengan laser autofocus
  • Mendukung 4G di kedua SIM
  • Tekstur cover belakang tidak licin
  • Ada LED notifikasi
  • Kaya kustomisasi tampilan antarmuka

Kekurangan

  • Chipset masih menggunakan Snapdragon 410
  • Resolusi layar masih HD 720p
  • Sisa RAM sedikit
  • Kamera depan lambat dalam mengambil gambar

Daftar pertanyaan yang sering dilontarkan beserta jawabannya:

Q: Sistem operasi yang digunakan Android versi berapa?
A: Android 5.0.2 Lollipop dengan antarmuka Zen UI

Q: Adakah telah menggunakan pelindung layar seperti Corning Gorilla Glass atau sejenisnya?
A: Ada, Corning Gorilla Glass 4

Q: Sudah mendukung jaringan 4G LTE?
A: Sudah, mendukung operator seluler di Indonesia dengan frekuensi 1800MHz atau 2100MHz seperti Indosat Ooredoo, Telkomsel, dan XL Axiata.

Q: Berapa sisa RAM dari Asus ZenFone 2 Laser ZE550KL ini?
A: Sisa RAM sekitar 500MB

Q: Berapa sisa ROM setelah penggunaan sistem?
A: Memori internal yang dapat digunakan sekitar 10GB.

Q: Apakah ada LED notifikasi pada smartphone ini?
A: Ada

Q: Bisa main game virtual reality (VR)?
A: Bisa, karena sudah dilengkapi dengan sensor Gyroscope.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here