Review Asus Zenfone Live, Tambah Kece Saat Nge-Live Di Sosial Media Dalam...

Review Asus Zenfone Live, Tambah Kece Saat Nge-Live Di Sosial Media Dalam Kondisi Apapun

BeritaTeknologi.com

Asus cukup cerdik dalam mengamati perkembangan pasar, terutama perangkat mobile. Mereka meluncurkan smartphone yang menyasar segmen tertentu, dengan mengedepankan fitur yang dibutuhkan oleh pengguna di masing-masing segmen pasar. Salah satu smartphone terbaru Asus yang menyasar segmen khusus adalah Asus Zenfone Live. Ya, seperti namanya, smartphone ini menyasar segmen pengguna yang kerap atau gemar melakukan siaran langsung di sosial media seperti Instagram, Facebook, atau Bigo live.

Feature Zenfone Live

Smartphone yang baru saja diluncurkan beberapa pekan yang lalu di pasar Indonesia ini menggabungkan berbagai macam hal, agar dapat menarik minat konsumen di segmen ini. Selain berbekal teknologi kamera khusus, smartphone ini juga memiliki spesifikasi lainnya yang tak kalah dengan para kompetitor di rentang harga yang sama. Lalu, apa saja kelebihan yang dimiliki oleh Asus Zenfone Live? Berikut ini adalah ulasan Asus Zenfone Live ZB501KL.

Spesifikasi Asus Zenfone Live (ZE520KL) ZB501KL:

  • Dimensi 141.2 x 71.7 x 8 mm, 120 g
  • Layar :
    – 5 inci HD (720×1280 piksel) IPS
    – Glass 2.5D
  • Chipset Qualcomm® Snapdragon™ 400
  • CPU 64-bit Quad-Core @1.2GHz
  • GPU Adreno™ 306
  • RAM 2GB
  • ROM 16GB, MicroSD hingga 256GB
  • OS Android™ 6.0.1 Marshmallow dengan ASUS ZenUI 3.5
  • Kamera utama 13 MP, f/2.0, autofocus, LED flash
  • Kamera depan 5 MP, f/2.2, 1.4 µm pixel size, autofocus, LED flash
  • Sensor Accelerator, E-Compass, Proximity, Ambient light
  • Baterai 2650mAh (non-removable)
  • Konektivitas 4G LTE, WiFi, Bluetooth, GPS
  • Dual SIM Micro-Nano (hybrid microSD)
  • Warna: Navy Black, Shimmer Gold, dan Rose Pink
  • Harga Rp 1.799.000

 

Kelengkapan Zenfone Live

  • Kelengkapan paket penjualan:
    • Asus Zenfone Live (ZB501KL)
    • Adaptor
    • Kabel data micro USB
    • SIM ejector
    • Buku panduan manual dan kartu garansi

Dalam paket penjualan Asus Zenfone Live, Asus menerapkan kemasan yang minimalis dan ringkas. Seperti biasanya, Asus tidak menyertakan earphone pada paket penjualan smartphone miliknya. Hal tersebut juga ditujukan untuk memangkas harga jual smartphone.

Bodi dan Desain

Asus Zenfone Live ini punya bodi yang tipis dengan tebal hanya 7,95mm, bobotnya pun tergolong ringan hanya 120gram. Dua aspek ini memang penting untuk memudahkan pengguna ketika mereka akan membuat konten live streaming.  Desain smartphone menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan, karena hal pertama yang kita lihat adalah desain yang diusung sebuah smartphone. Ponsel ini juga punya bezel yang tipis yakni 2,36mm saja. Screen to body ratio-nya atau luas keseluruhan permukaan layar yang terpakai mencapai 75 persen. Produk ini memiliki tiga varian warna berbeda yakni Navy Black, Shimmer Gold, dan Rose Pink.

Asus Zenfone Live hadir dengan desain yang cukup menarik, terutama pada pilihan warnanya yang trendi. Unit yang kami review memiliki warna Rose Gold yang memberikan kesan mewah pada smartphone ini. Sementara frame berbentuk membulat, yang membuat genggaman pada smartphone ini lebih nyaman atau ergonomis.

back front

Dengan ukurannya yang cukup ringkas, menggunakan satu tangan saat mengoperasikan smartphone ini juga terbilang cukup mudah. Ada tiga tombol kapasitif, namun sayangnya ketiganya tidak dibekali dengan LED backlit, sehingga sulit dilihat saat kondisi gelap. Penyusunan tombol ini juga berbeda dari kebanyakan smartphone lain, dimana posisi tombol back berada di sebelah kiri, sementara recent app berada di sebelah kanan.

Karena mengusung konsep unibody, Asus menempatkan slot microSD dan SIM di bagian samping kiri. SIM tray hybrid pada smartphone ini hanya memuat dua slot, yakni nano SIM dan Nano SIM/microSD. Asus menempatkan posisi lubang speaker di bagian bawah, yang merupakan langkah tepat ketimbang menempatkannya di bagian belakang.

 

Layar dan Antarmuka

Hal yang menjadi kelebihan dari smartphone ini adalah penggunaan kaca 2.5D yang memberikan kesan melengkung pada setiap ujung layar. Penggunaan jenis kaca ini memberikan tampilan yang lebih menarik dan penggunaan kaca model ini juga memberikan kenyamanan saat swipe dari sisi layar, namun nilai kurang dari kaca ini bila ingin dipasang tempered glass tidak akan terpasang secara penuh.

Gambar (Homescreen, App Drawer, Status Bar/toggle)

layar dari smartphone ini seluas 5 inci dengan resolusi HD 720×1280 piksel. Jenis panel layar yang digunakan sudah berjenis IPS yang membuat tampilannya tetap cerah dan minim reflektif cahaya matahari, serta memiliki sudut pandang yang lebih baik. Resolusi layar yang diusung smartphone ini juga memberikan kenyamanan dan ketajaman gambar yang cukup baik. Selain itu, sensitivitas pada layar smartphone ini juga terbilang sangat baik, serta kemampuannya yang dapat menangkap 10 sentuhan jari. Kemampuan multi-touch tersebut tentu sangat cocok digunakan untuk bermain game.

Gambar (Multitouch, Pengaturan ZenUI)

Sementara untuk tampilan antarmuka, smartphone ini menggunakan Zen UI 3.5 berbasis Android 6.0.1 Marshmallow yang telah mengemas banyak fitur tambahan. Seperti yang kita ketahui, antarmuka milik Asus ini memang terbilang kaya akan kemampuan kustomisasi, sehingga pengguna dapat menyesuaikan tampilan yang mereka inginkan.

Pada Zen UI 3.0, Anda dapat memilih homescreen dengan app drawer atau tanpa app drawer. Untuk mengelompokan aplikasi sejenis, Anda dapat mengaktifkan fitur smart group yang secara otomasi akan memisahkan aplikasi sejenis dalam folder. Selain itu, Anda dapat mengubah tampilan dengan kustomisasi yang disediakan oleh Asus, termasuk tema, ikon, wallpaper, efek transisi, hingga jenis font juga dapat Anda ganti.

Namun beberapa bloatware masih ditemui pada smartphone ini, termasuk aplikasi yang disediakan oleh Asus dan dari pihak ketiga seperti Facebook, Messenger, dan Babe. Hal yang menjengkelkan adalah, beberapa bloatware ini tidak bisa dihapus, jadi bagi Anda yang tidak ingin menggunakannya hanya bisa menonaktifkannya saja.

Fitur

Karena memiliki tampilan antarmuka kustom milik Asus sendiri, tentu mereka juga menghadirkan fitur-fitur yang umum ditemui pada smartphone Zenfone lainnya. Anda dapat menggunakan Mode Praktis, dimana tampilan menu akan berubah menjadi besar yang cocok digunakan untuk pengguna manula. Sementara Mode Anak sangat membantu mengamankan smartphone Anda saat digunakan oleh anak, karena Anda dapat membatasi aplikasi apa saja yang tampil pada mode tersebut.

Gambar (Mode praktis, Mode anak)

Fitur ZenMotion juga cukup membantu pengguna dalam mengakses smartphone dengan lebih cepat. Ada tiga fitur pada ZenMotion, yakni gerakan sentuh, isyarat gerakan, dan mode satu tangan. Fitur Manajemen Daya juga dapat membantu kegiatan sehari-hari, dimana Anda dapat memilih mode performa, normal, hemat daya, dan hemat daya super.

Screenshot_20170529-153527

Fitur Bluelight Filter juga turun berperan meningkatkan pengalaman pengguna, karena fitur ini akan menyaring cahaya biru dari layar smartphone Anda. Dengan begitu, mata Anda akan terhindar dari dampak buruk bluelight, terutama pada saat kondisi gelap.

 

Audio

Bicara soal suara, Asus menjejalkan teknologi utama pada fitur audionya yakni, dual microfon noise cancellation, enhanced speech clarity, smart amplifier technology, 5 magnet audio dan ICE power dan Sonic Master. Dual microfon, berfungsi untuk meminimalkan noise yang terjadi pada saat melakukan live streaming. Lubang mic ditempatkan di bawah berdekatan dengan grill speaker.

Untuk fitur enhanced speech dan smart amplifier, membuat keluaran suara dari pengguna terdengar lebih baik dan jelas. Adapun smart amp berfungsi untuk membuat keluaran suara yang dihasilkan menjadi lebih bulat, kaya, dan keras.

Adanya lima buat magnet yang dipampatkan pada perangkat ini, tepatnya di bagian atas , bawah, kanan, kirim dan depan perangkat, membuat keluaran audio  lebih emosional.

ASUS pun menjejalkan teknologi audio mereka yaitu Sonic Master dan ICE power. Pengguna aktif SonicMaster mungkin akan melihat perbedaan signifikan di sisi antarmuka program AudioWizard yang menjadi bagian tak terpisahkan dari SonicMaster 2.0.

Pada AudioWizard terdapat 4 mode yang dapat dipilih sesuai jenis suara yang sedang didengarkan, seperti: Musik, Film, Game dan Vokal. Biar ga repot, kita bisa memilih mode Smart, maka ASUS akan memilihkan mode yang terbaik secara otomatis.

Kamera

Pada bagian ini merupakan nilai jual utama Zenfone Live, dimana smartphone ini telah dibekali dengan fitur BeautyLive. Fitur ini akan terus menerus aktif selama Anda sedang melakukan siaran langsung di sosial media seperti Facebook, Instagram, dan lain-lain. Fungsi utama dari fitur ini adalah membuat paras Anda lebih menarik. Cara kerjanya seperti fitur Beautification pada mode selfie, yang membuat kulit wajah lebih mulus, putih, dan merona.

Ngelive

Lalu bagaimana dengan selfie? Meski smartphone ini memiliki fitur eksklusif BeautyLive, namun fitur untuk selfie tak ketinggalan hadir juga. Untuk memaksimalkan selfie Anda, kamera depan 5MP dengan sensor besar 1.4um piksel diklaim dapat meningkatkan sensitivitas cahaya 200%. Sudut pandang kamera depan bisa mencakup 82 derajat serta dibekali dengan mode Beautification yang dapat memperindah foto selfie Anda. Untuk memaksimalkan siaran live atau selfie di kondisi gelap, smartphone ini sudah dibekali dengan LED spotlight pada bagian depan. Tak ketinggalan fitur PixelMaster yang mampu menghadirkan tingkat sensitivitas cahaya juga hadir pada kamera depan.

BeautyLive

Nah, kami bahas lebih lanjut fitur utama, yakni aplikasi BeautyLive di mana fasilitas ini merupakan salah satu teknologi utama yang disematkan oleh ASUS pada Zenfone Live. Fitur ini  biasanya disukai oleh  kaum wanita, karena bisa membuat mereka terlihat semakin mempesona saat akan melakukan live-streaming langsung dari smartphone.

Untuk menggunakan fitur tersebut pengguna bisa mencari aplikasi bernama BeautyLive yang berwarna merah muda. Ketika dibuka, nantinya akan muncul tampilan seperti ketika Anda mengakses kamera depan.

Hanya saja ada perbedaan di mana pada fitur ini akan muncul tiga pilihan aplikasi untuk melakukan live-streaming yakni YouTube, Instagram dan Facebook. Pengguna dapat memilih tiga diantara aplikasi itu untuk melakukan video streaming. Selanjutnya pengguna juga akan dibawa pada tampilan seperti ini.

Fitur inilah yang dinamakan dengan BeautyLive. Sekilas fungsinya mirip dengan fitur beautication, yakni fitur untuk memuluskan wajah ketika hendak berselfie. Hanya saja perbedaanya, teknologi ini dibawa pada aplikasi aplikasi live streaming oleh ASUS. Jadi memungkinkan saat Anda melakukan live streaming, wajah pun bisa dibuat semakin mulus dan sempurna. Melalui fitur ini Anda bisa memilih seberapa mulus wajah ingin terlihat dimulai dari angka 1 hingga 10.  Canggih ga?

beautylive

Kamera Belakang

Sedangkan untuk kamera belakang, smartphone ini mengandalkan kamera PixelMaster 13MP dengan aperture f/2.0 dan lensa lima prisma. Kamera belakang juga dilengkapi dengan LED flash serta memiliki beberapa mode pengambilan gambar. Mode yang ada pada kamera belakang termasuk Otomatis, HDR Pro, Beautification, Resolusi Super, Anak-anak, cahaya redup, Kode QR, Malam, Efek, Selfie, Panorama, Waktu berlalu.

Berikut ini adalah hasil kamera belakang Zenfone Live:

Mode Otomatis
Mode Otomatis
Mode Otomatis
Mode Otomatis
HDR Pro
HDR Pro
Otomatis
Otomatis

Gambar (Kiri HDR Pro, Kanan Otomatis)

Gambar (Kiri HDR Pro, Kanan Otomatis)

Gambar (Menggunakan flash, HDR Pro indoor, Otomatis indoor)

Kamera depan:

Gambar (Menggunakan mode Beautification, otomatis)

Multimedia

Sebagai smartphone yang menyasar segmen sosialita, Asus Zenfone Live juga telah dibekali dengan fitur multimedia yang cukup lengkap. Pada sektor audio, smartphone ini telah dilengkapi dengan sistem audio 5 magnet yang dapat menghasilkan suara lebih kencang. Speaker tersebut juga telah dibekali dengan smart amp untuk meningkatkan resolusi audio dan sekaligus meningkatkan kekencangan, tetapi juga memastikan tidak adanya kerusakan pada speaker meski disetel pada volume tertinggi.

Zenfone Live telah dibekali dengan sepasang microphone MEMS yang sensitive untuk mengurangi noise. Microphone terletak di sisi atas dan sisi bawah, yang memastikan fitur noise cancellation aktif, sehingga suara Anda tetap jelas meski melakukan live streaming di keramaian.

Hardware

Karena tidak ditujukan untuk segmen penggila performa atau gaming, smartphone ini dibekali dengan chipset kelas menengah yang sudah cukup lama, yakni Qualcomm Snapdragon 400. Chipset tersebut memilik CPU Quad-core 1.4GHz Cortex-A7 dan GPU Adreno 305. Sementara untuk kapasitas memorinya ada RAM sebesar 2GB dan penyimpanan internal sebesar 16GB, dimana kapasitas yang bisa digunakan 9.91GB.

Gambar (Penyimpanan internal, Kapasitas RAM)

Sensor yang diusung oleh smartphone ini ada sensor akselerometer, sensor cahaya, orientasi, sensor jarak dekat, dan sensor magnetik. Karena sensor gyroscope absen pada smartphone ini, jadi Anda tidak bisa menikmati fitur VR pada smartphone ini. Sektor hardware dengan spesifikasi yang tidak begitu tinggi pada smartphone ini bisa dimaklumi, mengingat smartphone ini ditujukan untuk pengguna kalangan hawa dengan umur kisaran remaja yang masih muda,  yang tidak begitu membutuhkan hardware powerful.

PERFORMA

Gambar (AnTuTu Benchmark, Geekbench)

NenaMark2
NenaMark2

Smartphone ini mampu mencetak skor 27270 di AnTuTu Benchmark, yang sudah terbilang baik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, terutama untuk bersosial media. Gambar di atas adalah hasil benchmark menggunakan beberapa aplikasi. Dari skor tersebut, dapat disimpulkan bahwa smartphone ini tidak ditujukan untuk gaming, namun untuk game dengan grafis standar mampu dijalankan dengan baik.

Saat dites memainkan game Mobile Legend: Bang Bang, smartphone ini mampu menjalankan game dengan baik pada pengaturan grafis tinggi. Hal ini juga berlaku untuk beberapa game standar lainnya, seperti Garden Scape dan Subway Surfer. Namun untuk game yang lebih berat seperti RollerCoaster Tycoon Touch terasa sangat lag, bahkan terkadang hingga freeze.

Mobile Legend
Mobile Legend
Garden Scape
Garden Scape
Subway Surfers
Subway Surfers
RollerCoaster Tycoon Touch
RollerCoaster Tycoon Touch

Konektivitas

Seperti biasa, smartphone ini mengusung fitur dual SIM, di mana kedua slot SIM berjenis nano SIM dan slot SIM 2 dapat digunakan untuk memasukan micro SD karena smartphone ini mengusung slot hybrid. Kedua slot SIM juga sudah mengusung fitur 4G LTE. Untuk sambungan nirkabel, smartphone ini memiliki konektivitas WiFi, Bluetooth, dan GPS sebagai navigasi.

Baterai

Asus Zenfone Live ZB501KL dibekali dengan kapasitas baterai sebesar 2650 mAh yang tertanam di dalam bodinya. Meski kapasitas tersebut terbilang cukup untuk smartphone dengan layar 5 inci, namun ketahanan baterai smartphone ini terbilang baik untuk smartphone di kelasnya, terlebih mengingat chipset Snapdragon 400 merupakan chipset yang tergolong cukup menguras daya.

Jika digunakan secara normal, seperti melakukang panggilan, membuka aplikasi sosial media, mendengarkan musik, dan browsing, baterai smartphone ini sanggup bertahan sekitar 8 jam. Sementara untuk penggunaan secara berat, seperti melakukan live streaming atau bermain game secara terus-menerus, baterai smartphone ini dapat bertahan hingga 4-5 jam. Namun hasil akan berbeda-beda pada setiap pengguna.

Hanya berbekal charger bawaan dari paket penjualan, mengisi daya dari 0% – 100% hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam 15 menit saja. Ini merupakan kecepatan pengisian yang cukup baik, mengingat jenis chipset yang digunakan belum mendukung fitur Quick Charge terbaru milik Qualcomm.

Kesimpulan

Menyasar segmen baru yang tengah marak untuk sekarang ini, Asus sangat jeli menghadirkan Zenfone Live yang dibekali dengan fitur BeautyLive. Tentu fitur inilah yang dicari para pengguna yang aktif di sosial media, terutama untuk keperluan live boadcasting, karena belum ada smartphone lain yang menawarkan fitur semacam ini.

Untuk desain yang diusung smartphone ini juga menjadi nilai lebih. Desain ringan dan kompak akan menjadi kesan pertama saat memegang smartphone ini, hal tersebut untuk memudahkan pengguna saat melakukan live broadcast menggunakan satu tangan.

Meski menarik secara desain, namun secara hardware cukup mengecewakan. Asus mengusung chipset yang terbilang sudah tua untuk smartphone terbarunya. Tentu akan sangat berbeda jika Asus menggunakan chipset Snapdragon 430 atau setidaknya Snapdragon 425 sebagai dapur pacunya. Untuk spesifikasi lainnya, tidak ada lagi yang istimewa dari smartphone seharga Rp1.799.000 ini.

Kelebihan

  • Desain ringan dan ringkas
  • Ada fitur eksklusif BeautyLive
  • Ada LED flash di depan
  • Layar dilapisi kaca 2.5D
  • Layar Cerah
  • Loud speaker tidak pecah

Kekurangan 

  • Chipset yang digunakan model lama
  • Belum ada fingerprint
  • Tombol kapasitif tanpa LED backlit
  • Tidak mendukung Quick Charge
  • Beberapa bloatware

Daftar pertanyaan yang sering dilontarkan beserta jawabannya:

Q: Sistem operasi yang digunakan Android versi berapa?
A: Android 6.0.1 Marshmallow dengan antarmuka ZenUI 3.5

Q: Apakah telah menggunakan pelindung layar seperti Corning Gorilla Glass atau sejenisnya?
A: Tidak

Q: Sudah mendukung jaringan 4G LTE di Indonesia?
A: Sudah, operator yang didukung di Indonesia dengan frekuensi 1800MHz atau 2100MHz seperti Indosat Ooredoo, Telkomsel, dan XL Axiata.

Q: Berapa sisa ROM setelah penggunaan sistem?
A: Memori internal yang dapat digunakan 9.91GB, reserved ROM 6.09GB.

Q: Apakah ada LED notifikasi pada smartphone ini?
A: Ada

Q: Bisa main game virtual reality (VR)?
A: Tidak bisa, karena tidak dilengkapi dengan sensor Gyroscope.

1 COMMENT

Leave a Reply