Review Axioo Picophone M4P, Desain Apik Performa Sedang

Review Axioo Picophone M4P, Desain Apik Performa Sedang

Semakin gencarnya vendor asal Tiongkok yang memasarkan produk smartphone-nya ke Indonesia, membuat para pemain lokal menjadi kewalahan menghadapinya. Terlebih banyak vendor asal Tiongkok yang menawarkan spesifikasi tinggi dengan harga yang bersaing. Hal ini yang menyebabkan vendor lokal kalah saing dengan vendor asal Tiongkok. Meski demikian, salah satu vendor lokal masih tetap eksis meluncurkan produk smartphone-nya, salah satunya Axioo dengan smartphone Axioo Picophone M4P.

Axioo Picophone M4P 1

Smartphone besutan Axioo ini memiliki spesifikasi yang tergolong lengkap dan bisa dibilang mencukupi. Terlebih dengan harga 1,4 jutaan, smartphone ini dapat memenuhi kebutuhan Anda. Sebagai smartphone di kelas entry-level, Axioo Picophone M4P pilihan tepat bagi Anda yang mendambakan smartphone yang memiliki desain apik, spesifikasi baik, serta harga yang bersahabat.

Desain dan Bodi 

Axioo Picophone M4P memiliki dimensi 146 x 74 x 8.7 mm dengan bobot 156 gram, smartphone ini tergolong nyaman digenggam. Terlebih desain membulat pada sudut dan sisi bagian belakang smartphone ini semakin membuatnya nyaman digenggam. Berbahan plastik namun memiliki tekstur bintik-bintik kecil, membuat bodinya tidak licin saat digenggam. Dibalut dengan warna emas, semakin menambah kesan premium smartphone ini. Desain bodi Axioo Picophone M4P ini sekilas  mirip dengan iPhone 6.

Axioo Picophone M4P 6

 

Karena tidak mengusung desain unibody, maka casing belakang smartphone ini dapat dibuka untuk memasukan baterai, kartu SIM, dan micro SD. Terdapat dua slot kartu SIM, slot pertama berukuran mini SIM dan slot kedua berukuran micro SIM. Anda dapat menemukan tombol power/lock pada sisi kanan dan tombol volume di sisi kiri. Sedangkan pada sisi atas terdapat port micro USB dan port audio jack 3.5mm.

Axioo Picophone M4P 2

 

Pada sisi depan, terdapat tiga tombol kapasitif, yakni back, home, dan yang satunya tombol untuk mengedit home screen. Sayangnya Axioo tidak menyertakan tombol recent apps atau multitask bar. Selain itu pada bagian atas terdapat kamera depan beresolusi 5MP, ear piece, dan sensor proximity. Sedangkan pada sisi belakang, terdapat sebuah speaker di bagian bawah dan kamera 8MP yang berdampingan dengan LED flash, serta logo Axioo yang bertengger di bawah kamera.

Axioo Picophone M4P 5

Layar dan Antarmuka

Axioo Picophone M4P mengusung layar sentuh kapasitif berjenis IPS dengan luas layar 5 inci. Resolusi pada layar ini sudah mencapai resolusi HD 720×1280 piksel dengan kerapatan 294ppi yang dapat menampilkan gambar yang tajam dan detail. Namun sayangnya, layar Axioo Picophone M4P ini hanya dapat mengenali dua sentuhan jari saja. Selain itu, layar smartphone ini juga tidak dilapisi dengan lapisan tambahan untuk melindungi dari tekanan maupun goresan benda tajam.

Home Screen

Axioo tidak meng-custom tampilan antarmuka pada Axioo Picophone M4P, berbeda dengan kebanyakan smartphone asal Tiongkok yang telah menerapkan antarmuka milik mereka masing-masing, sperti Xiaomi dengan MIUI dan Meizu dengan Flyme OS. Dengan begitu, tampilan smartphone ini ala kadarnya seperti perangkat Android One atau Nexus yang menggunakan tampilan bawaan Android Lollipop 5.1.

Setting

Selain itu, Axioo Picophone M4P juga tidak menghadirkan tombol recent apps atau task bar untuk mengatur aplikasi yang sedang berjalan. Tentu hal ini akan membingungkan pengguna, mengingat smartphone ini memiliki tiga tombol kapasitif, seharusnya salah satu dari ketiganya memberikan akses recent apps. Berbeda dengan Meizu dengan Flyme OS yang tetap menghadirkan recent apps dengan menggeser layar dari bawah ke atas, meski hanya memiliki satu tombol navigasi.

Hardware dan Performa

Ditujukan untuk kelas pemula, spesifikasi jeroan yang diusung Axoo Picophone M4P ini terbilang standar untuk saat ini. Smartphone ini menggunakan chipset Speadtrum SC7731 dengan prosesor quad core 1.2 GHz dan GPU Mali-400 MP yang masih dapat menjalankan game dengan grafis cukup berat. Ditambah pula dengan kapasitas RAM sebesar 2GB membuat semua aktivitas dapat dilakukan smartphone ini dengan lacar, terlebih Axioo Picophone M4P juga telah menjalankan OS Android Lollipop 5.1 yang terkenal handal dalam multitasking.

Screenshot_2015-10-12-13-42-46
Tes benchmark menggunakan AnTuTu Benchmark

Screenshot_2015-10-12-08-42-06

Selain itu, dukungan ruang penyimpanan internal yang luas juga menambah kenyamanan menggunakan smartphone ini. Anda dapat menginstal berbagai aplikasi gratis dari Play Store tanpa perlu takut kehabisan memori internal. Jika dirasa masih kurang, smartphone ini juga mendukung ekspansi menggunakan micro SD. Untuk menjalankan semua tugas-tugasnya, smartphone ini ditenagai oleh baterai sebesar 2.000mAh.

Screenshot_2015-10-12-08-43-30
Tes benchmark menggunakan Quadrant Standart

Saat diuji menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark, smartphone ini mampu menorehkan skor sebesar 20643. Sedangkan saat diuji menggunakan Quadrant Standart, Axioo Picophone M4P mampu menorehkan skor 3903. Hasil skor yang mampu ditorehkan smartphone ini terbilang biasa saja, namun saat diuji memainkan game yang cukup berat seperti Asphalt Airbone 8 dan Dead Trigger 2 dapat berjalan dengan lancar pada setingan grafis normal.

Nenamark
Tes benchmark menggunakan NenaMark 2

Kamera

Axioo Picophone M4P ini menggunakan aplikasi kamera dari Google, berbekal kamera utama 8 megapiksel dan kamera depan 5 mega piksel, smartphone ini di atas kertas dapat diandalkan untuk sektor fotografi. Sayangnya, hasil pengujian foto indoor maupun outdoor masih dirasa sangat kurang maksimal. Saat dalam kondisi kurang cahaya, masih banyak ditemui banyak noise meski telah menggunakan LED flash. Begitupun saat kondisi outdoor, performa kamera ini kurang maksimal saat menangkap fokus, terbukti shutter speednya yang terbilang lambat saat menangkap gambar.

Hasil foto outdoor mode auto
Hasil foto outdoor mode auto
Hasil foto outdoor mode auto
Hasil foto outdoor mode auto

Pengaturan kamera Axioo Picophone M4P juga tergolong sangat minim, hanya ditemui tiga mode, yakni lens blur, foto, dan video. Untuk pengaturan manual juga sedikit sekali pilihannya. Sedangkan untuk kamera depannya juga tidak terlalu istimewa, namun sudah memenuhi jika hanya digunakan untuk video call maupun berfoto selfie.

Hasil foto indoor mode auto
Hasil foto indoor mode auto
Hasil foto indoor mode auto + flash
Hasil foto indoor mode auto + flash

Konektivitas

Untuk sektor konektivitas, Axio Picophone M4P terbilang cukup lengkap dengan adanya dukungan WiFi, Bluetooth, GPS, serta micro USB 2.0 . Namun yang disayangkan, Axioo Picophone M4P belum mendukung jaringan internet super cepat 4G LTE. Jaringan yang didukung smartphone ini hanya GSM 900/1800MHz dan WCDMA 2100MHz dengan kecepatan maksimal 7.2 Mbps, namun hal ini masih wajar, mengingat harga yang dipatok masih tergolong terjangkau.

Kesimpulan

Menyasar segmen kelas pemula, Axioo terbilang membawa bekal yang cukup menarik untuk menggaet para konsumen. Terlebih Axioo Picophone M4P mengandalkan desain apik yang sedikit mencontek smartphone flagship besutan Apple. Namun tentu ini menjadi nilai lebih bagi smartphone ini, karena saat ini desain juga menentukan laku atau tidaknya sebuah smartphone, cocoklah dibuat mejeng atau nongkrong di cafe.

Axioo Picophone M4P 4

Dengan layar seluas 5 inci yang masih populer saat ini, Axioo Picophone M4P juga terbilang tepat sasaran dalam menghadirkan smartphone ini, karena ukuran layar 5 inci tidak telalu besar namun masih nyaman digunakan untuk bermain game atau menonton video. Dengan dukungan sistem Android yang masih segar, yakni Lollipop 5.1, hal ini juga dapat dijadikan sebagai daya tarik karena sistem operasi ini terkenal handal dalam memanajemen sumber daya baterai serta performa yang baik.

Axioo Picophone M4P 3

Sedangan untuk bagian hiburan, Axioo Picophone M4P saat digunakan untuk memainkan game 3D berat masih dapat menjalankan tugas dengan baik, seperti bermain game Dead Trigger 2, Asphalt Airbone 8, Dungeon Hunter 5, dll. Selain itu, karena dukungan memorinya yang terbilang lega, smartphone ini terasa nyaman saat digunakan untuk multitasking banyak aplikasi.

Anda dapat membeli Axioo Picophone M4P di toko online Lazada.co.id maupun Blibli dengan harga 1,4 – 1,5 jutaan rupiah.

Klik Beli Axioo Picophone M4P untuk membelinya

Kelebihan :

  • RAM 2GB & ROM 16GB
  • Layar HD 5 inci
  • Desain Premium
  • Android Lollipop 5.1

Kekurangan :

  • Tidak adanya tombol recent apps
  • Performa kamera kurang maksimal
  • Layar hanya dapat mengenali 2 sentuhan
  • Belum mendukung 4G LTE

Kelengkapan di dalam kotak :

  • Axioo Picopone M4P
  • Adaptor
  • Kabel USB
  • Earphone
  • Antigores
  • Buku panduan manual dan garansi
  • Antigores

Spesifikasi :

Prosesor : Speadtrum SC7731 Quad core 1.2 GHz, Mali 400-MP

OS : Android Lollipop 5.1

SIM : Dual SIM

Jaringan : GSM 900/1800MHz, WCDMA 2100MHz

Dimensi & Berat : 146 x 74 x 8.7 mm, 156 g

Layar : 5.0 inci, HD 1280 x 720 piksel IPS

Audio : Speaker Built-in microphone and loudspeaker, 3.5mm audio jack

Memori : RAM 2GB, Internal 16GB, Slot Micro SD up to 32GB

Konektivitas : 2G EDGE, 3G WCDMA 7.2 Mbps, WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth Ver 2.1, GPS

Kamera Belakang : 8 MP AF, LED Flash, video 1080p

Kamera Depan : 5 MP, video 480p

Baterai : 2000mAh (removable)/3.7V

Video review dari Axioo Picophone M4P :

Anda juga bisa melihat review gadget lainnya di kanal Youtube kami di http://youtube.com/beritateknologi

NO COMMENTS

Leave a Reply