Sekuel kali ini masih melanjutkan kisah batman sebelumnya, dimana setelah kejadian di Arkham Asylum, Bruce Wayne diculik saat sedang melakukan jumpa pers didepan publik oleh kelompok Tyler Mercenaries, anak buah dari Dr. Hugo Strange. Bruce yang telah dikenali sebagai Batman oleh Dokter jahat tersebut, dijebloskan kedalam penjara Arkham City, yang merupakan sebuah kota kecil yang dijadikan sebagai tempat untuk mengurung para penjahat di Gotham City. Setelah berhasil meloloskan diri, Bruce meminta Alfred untuk mengirimkan Batman Suitnya ke tempat dimana dia berada. Dan setelah berubah menjadi Batman, Bruce pun bertemu dan berhasil menyelamatkan Cat woman dari Two Face yang ingin membunuhnya, setelah itu sang super hero kembali lagi melanjutkan perjalanan dalam menyelidiki misteri Protocol 10.

Gameplay
Lingkungan permainan kali ini lebih luas dan terdapat banyak area yang dapat dijelajahi dengan mengadaptasi konsep Open World seperti halnya pada game Grand Theft Auto, namun kota Arkham tidaklah seluas kota digame GTA tersebut. Dalam kota Arkham, anda dapat kembali mengoleksi tropi Riddler yang totalnya mencapai 400 tropi, kemudian terdapat lusinan misi sampingan dan tentu saja juga misi utama yang bedasar atas plot cerita game ini. Kemudian disepanjang permainan masih terdapat banyak puzzle yang didesain lebih rumit dibandingkan dengan sekuel sebelumnya.

Begitu juga dengan sistem kombat pada Batman yang semakin diperdalam, yang dimana anda dapat melakukan beberapa gerakan baru, seperti double counter, double takedown, multiple takedown pada beberapa musuh yang menyerang secara bersamaan. Setelah diperbaharui, sistem pertarungan pada sekuel ini terasa lebih seru dan berbobot. Serta kini dapat menciptakan kombo setinggi mungkin dibandingkan dengan sekuel sebelumnya. Dengan mengumpulkan experience disepanjang permainan, anda masih dapat melakukan upgrade terhadap gadget dan juga kemampuan Batman seperti pada sekuel terdahulu.

Selain dapat bertarung, tersedia juga beragam macam gadget canggih yang membantu batman dalam menumpas kejahatan, seperti bom asap dan granat es untuk membuat musuh kerepotan sementara waktu, remot kontrol batarang yang kini memiliki Boost dan Brake. Kemudian ada juga remot Electrical Charge Gun yang dapat menyetrum musuh dari jarak jauh, Bat Claw yang dapat menarik musuh ataupun objek dari jarak jauh. Kemudian batman kini dapat mengunakan senjata pengait sewaktu melayang diatas udara untuk memberikan dorongan melayang yang lebih jauh.


Banyaknya variasi musuh yang dihadapi dalam game ini juga membutuhkan taktik yang berbeda dalam mengalahkannya. Selain menghadapi musuh biasa, juga terdapat Boss musuh yang merupakan musuh bebuyutan Batman, diantaranya ada Joker, Two Face, Penguin, Dr. Hugo Strange, Mr. Freeze, Poison Ivy, dan sebagainya. Boss battle dalam sekuel ini masih berlangsung adiktif, tapi sayangnya mereka telalu mudah untuk dikalahkan sehingga terkesan kurang menantang. Disamping itu, anda dapat mengoleksi biodata para penjahat dalam game ini, seperti melihat nama asli mereka, status, info, dan sebagainya.

Kembalinya detektif mode yang dapat diaktifkan kapan saja dalam melacak jejak musuh masih menjadi fitur yang menarik dan sebagai selingan dalam gameplay game ini. Tidak hanya menganalisa tempat kejadian untuk melacak bukti dan jejak yang ditinggalkan oleh pelaku, tapi mode ini dapat juga berfungsi untuk memantau posisi para musuh beserta lokasi spot yang strategis dalam membunuh musuh secara diam-diam atau melakukan gerakan stealth, misalnya melacak dinding retak yang sangat berguna untuk menyerang musuh yang berdiri dibelakang dinding tersebut.


Graphic
Grafis yang digunakan pada game ini mengunakan kemampuan Unreal Engine 3 yang telah dimodifikasi dan telah berhasil menampilkan lingkungan permainan yang sangat detil, baik itu pada area outdoor maupun area indoor yang terlihat solid. Sementara itu, tokoh batman sendiri tampak sangat detil juga dengan ekspresi muka yang hidup, sedangkan kostum Batman juga dapat terlihat rusak akibat pertarungan, misalnya sayap batman yang koyak-koyak. Kemudian dengan adanya dukungan engine PhyscX membuat para musuh saat dihajar menjadi terpental dan terjatuh dengan seharusnya. Game ini juga menyediakan fitur 3D yang hanya dapat dinikmati dengan hardware yang sudah mendukung teknologi tersebut. Sementara dari segi audio, suara akting dari batman dan para tokoh digame ini sangat baik sekali dan terlihat menjiwai. Selain itu, suara efek juga turut mendukung suasana permainan menjadi lebih hidup.

Overall
Dengan adanya berbagai peningkatan mulai dari lokasi permainan yang sudah open world hingga sistem kombat dan gadget yang memiliki peranan penting disepanjang gameplaynya, menjadikan Batman Arkham City sebagai game super hero terbaik yang pernah ada dan tidak mengecewakan.

Batman Arkham City
Publisher : Warner bros Interactive
Developer : Rocksteady Studios
Genre : Action Adventure
Platform : PC, Xbox360, Playstation3

SCORE
Gameplay  90
Graphic  85
Overall  95


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here