Beberapa waktu yang lalu, saat asik jalan-jalan ditoko game online, saya tertarik dengan salahsatu dari beberapa judul game yang terpajang di halaman depan situs toko game online tersebut, yang berjudul Battle vs Chess. Dari judulnya memang terlihat biasa saja dan kurang menarik, tapi saat saya mengamati cover depan box game tersebut terlihat cukup keren dan ini membuat saya penasaran untuk membaca fitur yang ditawarkan dalam game tersebut. Akhirnya, keputusan pun diambil untuk membeli game Battle vs Chess dan saya telah mencobanya. Mari kita simak review game ini dibawah.

Story
Tidak hanya sekedar pertandingan catur biasa saja, game ini juga menawarkan mode campaign yang dapat kita telusuri kisahnya. Cerita game ini cukup simpel yang hanya mengisahkan tentang kerajaan manusia melawan invansi kerajaan kegelapan atau iblis. Disamping dari mode campaign dan tutorial, kita juga dapat mengikuti beberapa mode permainan lain, seperti mini games, skirmish, dan battleground.


Gameplay
Dalam permainan catur biasa, dimana 2 pemain saling berhadapan dan memilih salahsatu set dari 2 set bidak catur yang berwarna Putih atau Hitam dengan masing-masing set bidak berjumlah 16 buah bidak catur. Kemudian pemain akan saling bergantian mengadu taktik dan strategi dalam mengalahkan satu sama lain diatas papan catur. Dalam game ini, sistem permainannya hampir sama dengan permainan catur, namun permainannya dibalut dengan ide dan inovasi baru, seperti bidak catur yang digantikan dengan model karakter 3D, kemudian adanya animasi karakter tersebut, baik itu saat melangkah ataupun menyerang, ditambah lagi adanya mode Duel yang akan kita bahas juga dibawah ini.

Nah…bidak catur warna putih dalam game ini, digambarkan dengan prajurit kerajaan manusia dengan model prajurit abad pertengahan yang dilengkapi dengan armor, perisai, dan pedang. Mereka terdiri dari knight, paladin, dan sebagainya. Sedangkan bidak catur warna hitam digambarkan dengan pasukan kegelapan atau iblis, yang terdiri dari penyihir jahat, mahluk iblis, golem, dan sebagainya.
Tiap kubu bergantian untuk menjalankan bidak karakter dan hanya boleh memilih salahsatu bidak karakter saja yang bergerak. Saat giliran kita menjalankan bidak karakter, kita tinggal mengeser pointer mouse dan mengarahkan pada bidak karakter yang ingin dijalankan. Selanjutnya disaat mengklik bidak karakter tersebut, kita akan sangat terbantu karena pada petak papan catur akan muncul cahaya yang menandakan area petak yang diperbolehkan untuk melangkahkan bidak tersebut. Masing-masing bidak karakter memiliki jumlah langkah yang telah ditentukan yang mengikuti aturan permainan catur. Dengan adanya bantuan tersebut, hal ini akan sangat membantu saya atau pemain lain yang awam dengan aturan langkah permainan catur.


Nah dalam mode duel, saat bidak karakter kita akan memakan bidak lawan, maka kita akan masuk ke dalam layar duel. Pada layar tersebut akan mengclose up pada dua bidak tersebut saling berhadapan dan kita harus menekan tombol-tombol yang muncul dan bergerak agar tepat pada area yang telah ditentukan, seperti yang terdapat pada game Audition Online atau Guitar Hero. Jika kita berhasil mengeksekusi tombol dengan tepat pada area yang ditentukan, hal ini akan menyebabkan bidak karakter kita menyerang bidak lawan. Kecepatan dan ketepatan tangan merupakan kunci kemenangan dalam duel mode ini. Tampilan pada layar duel terlihat seperti tampilan pada game fighting yang dimana juga terdapat Health bar bidak karakter kita serta adanya combo bar yang akan memberikan serangan yang lebih dahsyat kepada bidak lawan. Dengan adanya duel mode ini, game ini semakin menantang dan tidak menjadi sebuah game catur biasa yang hanya dibalut dengan model karakter 3D saja.

Selama mengikuti campaign game ini, terdapat beragam level permainan dengan tantangan yang berbeda-beda, seperti pada salahsatu level, dimana kita hanya diberi 4 prajurit dan seorang raja dengan jumlah musuh yang lebih banyak. Nah, kita harus mengatur taktik dan strategi untuk dapat melindungi raja kita dari serangan musuh dan melenyapkan semua musuh yang ada. Ini merupakan tantangan yang menarik bagi saya. kemudian pada level berikutnya, kita ditantang untuk dapat menyelesaikan level tersebut dengan jumlah langkah yang telah ditentukan dan ini benar-benar memeras otak kita dalam menyelesaikannya. Setiap level permainan telah disesuaikan dengan plot cerita yang dapat kita simak sebelum memulai pertarungan diatas papan catur.


Graphic
Game ini merender bidak karakter dalam model 3D dengan cukup detil serta gerakan animasi yang halus. Disamping itu, game ini tidak hanya sebatas memfokuskan pada model bidak karakter saja. Tapi juga pada lingkungan permainan yang menyatu dengan papan catur tampak mewah dengan tekstur warna yang lebih banyak. Begitu juga dengan musik yang mengiringi disepanjang permainan terdengar cukup nyaman di telinga, serta suara langkah kaki saat bidak karakter berjalan hingga pedang beradu terdengar cukup keren. Secara keseluruhan untuk visual dan audio game ini tidak dibuat dengan asal dan ini menambah poin lebih untuk game ini.

Overall
Saya sendiri kurang begitu menyukai permainan catur, tapi dengan ide dan inovasi yang dilakukan oleh pengembang game dalam mengemas permainan catur menjadi sebuah permainan yang lebih menarik dan menantang, membuat game catur Battle Vs Chess pantas diperhitungkan. Game yang cocok untuk usia remaja hingga orang tua, sangat asik untuk dimainkan bersama teman ataupun keluarga dalam mengisi waktu luang maupun disaat santai.

Battle vs Chess
Publisher : Topware Interactive
Developer : Topware Interactive & Gaijin Entertainment
Release Date : 10 May 2011
Platform : PC, Xbox360, Playstation 3, Wii, PSP, NDS.

SCORE
Story  70
Gameplay  75
Graphic  80
Overall  80

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here