Terinspirasi dari film animasi terbaru besutan Pixar dan Disney serta berbekal lisensi dan mengunakan judul yang sama untuk mendapat nilai jual lebih, Avalanche Software bekerjasama dengan Disney Interactive merilis Cars 2 The Video Games dengan jenis permainan yang tentu saja Racing. Setelah membaca info tentang Cars 2 The Video Games dari beberapa media yang terkesan cukup menarik, membuat tinggi rasa penasaran untuk mencoba game ini dan berikut ini hasil review gamenya.


Story
Plot cerita game ini diambil berdasarkan film animasi komputer Pixar dan Disney, Cars 2 menampilkan kembali Lightning McQueen dan kawan-kawannya yang dilatih dalam sebuah fasilitas rahasia yang dikenal sebagai CHROME singkatan dari Command Headquarters for Recon Operations and Motorized Espionage. Mereka berusaha bergabung dengan McMissile Finn dan Shiftwell Holley untuk dapat menjadi mobil mata-mata kelas dunia dalam misi membawa Profesor Z yang jahat untuk diadili. Game ini sebenarnya tidak mengikuti sepenuhnya jalan cerita pada versi film. Namun beberapa inti penting pada cerita versi filmnya bisa kita temukan di game ini juga.

Gameplay
Berbeda dengan game Cars pertama yang memiliki gameplay yang kaku dan lebih cocok untuk dimainkan oleh anak kecil yang hanya mengidolakan karakter McQueen dan kawan-kawan dalam dunia Cars. Kini game Cars 2 semakin berkembang dalam menyajikan pengalaman bermain yang lebih menarik dibandingkan sebelumnya. Dalam game ini pemain dapat memilih salahsatu dari total sebanyak 35 karakter Cars untuk dilatih menjadi mobil mata-mata kelas dunia. Sebagian besar karakter Cars akan terkunci dan kita harus mengikuti misi untuk dapat membukanya. Tiap karakter Cars memiliki karakteristik berbeda yang terbagi menjadi 3 kelas, yakni Light, Medium, dan Heavy. Contohnya Lightning McQueen memiliki karakteristik yang seimbang baik pada segi kecepatan dan kekuatan.


Permainan game ini tidak berbeda jauh dengan game-game balap lainnya. Dengan mengikuti mode permainan CHROME, kita harus menyelesaikan level yang terbagi dalam beberapa misi dengan tipe balapan yang berbeda-beda, seperti Battle Races, Attack, Hunter, Survival, hingga balapan biasa. Untuk Battle Races menawarkan tipe permainan yang cukup seru dari beberapa tipe balapan lainnya. Dalam tipe balapan tersebut memiliki gameplay yang mirip dengan game Mario Kart, jadi kita dapat mempergunakan berbagai jenis senjata untuk menyingkirkan saingan, seperti menembakan roket untuk meledakan mobil lawan. Jika kita berhasil menyelesaikan sebuah event, maka kita akan menerima sejumlah point Spy yang berguna untuk membuka dan melanjutkan ke level selanjutnya.

Dalam game ini, kita juga dapat memacu mobil kita sekencang mungkin dengan mengunakan tenaga turbo, melakukan drift, hingga melakukan beberapa trik seperti melompat, berputar di udara, berputar dan mengemudi dalam kondisi mundur, meluncur dengan dua roda saja, dan sebagainya. Skema kontrol pada game ini juga sangat responsif, baik pada saat berbelok ataupun mempercepat laju mobil. Sedangkan untuk AI mobil lawan, saat kita berhasil melewati beberapa level pada awal permainan, AI lawan akan semakin agresif dalam mengemudikan mobil.


Kemudian pada lintasan yang terdapat dalam game ini bakal kamu kenali jika kamu telah menonton filmnya. Total keseluruhan lintasan pada game ini sebanyak 15 yang mencakup lokasi London hingga Jepang, dan juga tentu saja Radiator Springs. Lintasan balap juga memiliki jalan rahasia yang dapat dijelajahi untuk mendapatkan akses cepat menuju garis finish serta adanya berbagai rintangan yang terdapat disepanjang lintasan, seperti ada beberapa crane container yang akan mengangkat container dan menaruhnya di tengah lintasan dan kita harus sigap untuk menghindarinya.

Graphic
Game ini memiliki grafis yang tidak boleh dianggap remeh. Kualitasnya tidak berbeda jauh dengan versi film. Lightning McQueen dan kawan-kawannya memiliki tingkat kedetilan yang tinggi, hal ini terlihat pada sticker sponsor dan warna yang solid menempel pada bodi mobil. Sedangkan untuk lintasannya didesain sangat luas dan dipenuhi warna-warni yang cerah, kemudian menu permainannya hadir cukup stylish, seperti pada menu pemilihan mobil. Bahkan game ini juga telah mendukung fitur 3D jika kita memiliki hardware yang telah mendukung 3D juga, maka kita dapat menikmati kecanggihan fitur tersebut


Overall
konsep permainan yang ditawarkan mirip dengan game Mario Cart sehingga gameplaynya cukup menyenangkan dan seru untuk dimainkan oleh siapa saja, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Serta poin lebih dari game ini dikarenakan mengunakan karakter Cars dari Pixar dan keasikan tersendiri dalam membuka berbagai fitur seperti membuka semua karakter Cars dan tempat rahasia yang membuat game ini wajar untuk dimainkan berulang-ulang.

Cars 2 The Video Games
Developer : Avalanche Software
Publisher : Disney Interactive Studios
Release Date : 22 Juli 2011
Platform : PC, Xbox360, Playstation 3

Score
Gameplay  70
Graphic  80
Overall  75


1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here