Coolpad, perusahaan asal Tiongkok yang menekuni bisnis bidang telekomunikasi ini memang belum lama bergelut bisnis smartphone di Indonesia. Kali ini Coolpad meramaikan persaingan smartphone di pasar Indonesia dengan menghadirkan Coolpad Sky Mini E560. Smartphone ini merupakan versi kecil dari smartphone sebelumnya, yakni Coolpad Sky E501 yang memiliki layar 5,5 inci.

Coolpad Sky Mini -3

Coolpad Sky Mini E560 merupakan smartphone termurah dari Coolpad, smartpone ini dijual dengan harga pasaran Rp1.999.000. Hadir dengan embel-embel ‘Mini’ tak membuat smartphone ini tertinggal jauh dari seri sebelumnya. Simak ulasan mengenai spesifikasi dan fitur lengkap yang ada di Coolpad Sky Mini E560.

 

Desain dan Bodi

Dari sisi desain, smartphone ini jika dilihat sekilas tak nampak jauh berbeda dari pendahulunya, hanya ukurannya saja yang menjadi lebih kecil. Smartphone ini memiliki dimensi 139×67.8×7.9mm dengan desain body belakangnya membulat layaknya smartphone besutan Asus. Hadir dengan layar IPS 4,7 inci beresolusi membuat smartphone ini terlihat minimalis, namun sayangnya resolusi layar dari smartphone ini hanya sebatas 960×540 piksel yang terbilang ketinggalan dengan produk kompetitor lain.

Coolpad Sky Mini -1

Meskipun belum mengusung resolusi HD, namun Anda masih dapat menikmati tampilan dari smartphone ini dengan nyaman, karena smartphone ini telah menerapkan layar IPS membuat warna yang dihasilkan lebih tajam. Dibalut dengan body belakang bermaterial plastik baby skin, membuat smartphone ini tidak licin saat digenggam. Pada bagian depan, Coolpad Sky Mini nampak elegan seperti memiliki bezzel samping yang tipis, namun sebenarnya bezzel dari smartphone ini tidak setipis itu.

Coolpad Sky Mini -2

Tiga tombol sensitif juga hadir pada smartphone ini, dengan mengusung desain tombol ala navbar Android Lollipop. Selain itu, di sisi depan juga tedapat earpiece, sensor, dan kamera. Pada sisi kanan smartphone, terdapat tombol power/lock dan volume up & down. Untuk sisi sebelah kiri hanya terdapat SIM tray dan micro SD. Port audio jack dan sensor inframerah terdapat pada sisi atas, sedangkan port micro USB dan mic terdapat pada sisi bawah smartphone. Dan pada sisi belakang, terdapat sebuah kamera yang berdampingan dengan LED serta speaker di bagian bawah.

Antarmuka

Tampilan antarmuka Coolpad Sky Mini ini terlihat simple dan elegan. Menggunakan antarmuka milik Coolpad sendiri yaitu Cool UI 6.0, membuat smartphone lebih menarik. Tidak hadirnya app drawer pada Coolpad Sky Mini ini mengingatkan kita pada smartphone besutan Tiongkok lainnya, yang mengadopsi tampilan antar muka seperti iPhone. Namun sayangnya, Cool UI yang diusung oleh smartphone ini tidak mendukung pilihan tema lain, berbeda dengan MIUI yang menghadirkan ribuan tema yang dapat diunduh secara gratis.

Menu Utama Sky Mini

Coolpad Sky Mini mengusung status bar standar Android Lollipop yang mana Ada dapat menggeser satu kali dari atas ke bawah untuk menampilkan notifikasi dan menggeser dua kali untuk menampilkan menu toggle. Menu Toggle yang ada pada status bar smartphone ini seperti kebanyakan smartphone Android Lollipop lain, yakni meliputi WiFi, Bluetooth, Koneksi data, dan yang lain-lain.

Status Bar

Hardware dan Performa

Coolpad Sky Mini telah mengusung chipset low-end dari Qualcomm yakni Snapdragon 410 yang memiliki prosesor quad core 1.2 GHz dengan komputasi 64 bit serta pengolah grafis GPU Adreno 306 yang dapat menampilkan gambar 3D dengan baik. Dari segi dapur pacu memang terbilang biasa saja, namun performa smartphone ini terbilang  baik karena dukungan sistem operasi Android Lollipop 5.1 yang terkenal smooth untuk multitasking.

Sedangkan untuk kapasitas memorinya, Coolpad Sky Mini telah dibekali dengan RAM sebesar 1GB serta memori internal sebesar 8GB. Untuk kapasitas memorinya sendiri terbilang ketinggalan dengan produk dari kompetitor yang menyuguhkan kapasitas memori yang lebih luas di rentang harga yang sama. Dengan hadirnya slot micro SD, kapasitas penyimpanan smartphone ini dapat diperluas.

AnTuTu
Skor benchmark menggunakan AnTunTu Bencmark v5.7.1

Saat diuji menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark versi 5.7.1, Coolpad Sky Mini berhasil meraih skor 17895 yang menempatkannya di bawah Xiaomi Mi 2. Sedangkan saat diuji menggunakan aplikasi benchmark Quadrant Standart, Coolpad Sky Mini memperoleh skor 2026 yang menempatkannya di atas HTC Desire HD. Bukan merupakan skor yang memuaskan mengingat smartphone pada peringkat tersebut merupakan smartphone lawas.

Quadrant
Hasil benchmark menggunakan Quadrant Standart

Sedangkan pengujian render 3D menggunakan aplikasi Nenamark II, Coolpad Sky Mini menorehkan angka 59.5 fps untuk render 3D. Ternyata Adreno 306 cukup baik menampilkan kualitas yang baik untuk game 3D berat. Saat kami menguji Coolpad Sky Mini dengan memainkan game Asphalt 8 Airbone, grafis yang ditampilkan cukup apik pada pengaturan grafis very high. Namun sayangnya, saat proses loading, Coolpad Sky Mini membutuhkan waktu yang cukup lama.

Asphalt 8 - 1

Asphalt 8 - 2

Asphalt 8 - 3

 

Sedangakan untuk pengujian multi touch, layar Coolpad Sky Mini hanya mampu mengenali 5 sentuhan jari saja. Dengan dapat mengenali 5 sentuhan jari sekaligus, layar smartphone ini terbilang standar.

Multitouch

Kamera

Coolpad Sky Mini telah dibekali dengan kamera utama berkekuatan 8 megapiksel autofocus yang telah didukung dengan LED flash. Sedangkan untuk kamera depan, Cool Pad Sky Mini memiliki kamera berekekuatan 5 megapiksel. Fitur-fitur pada kamera ini terbilang standar, hanya ada beberapa mode seperti Night, HDR, Beauty, dan Smile. Anda juga dapat menggunakan mode ‘Pro’ jika Anda ingin mengatur kamera Coolpad Sky Mini secara manual.

Hasil kamera dari Coolpad Sky Mini terbilang bisa saja namun juga tidak buruk. Hasil foto di dalam ruangan terlihat cukup halus meski ada sedikit noise yang mengganggu. Sedangkan untuk mode outdoor, hasil foto dari Coolpad Sky Mini ini agak terlihat menguning. Namun tetap menghasilkan detail yang tajam. Coolpad Sky Mini juga dapat merekam video dengan resolusi hinggan 1080p.

Kondisi dalam ruangan cukup cahaya (Mode Auto)
Kondisi dalam ruangan cukup cahaya (Mode Auto)
Kondisi dalam ruangan cukup cahaya (Mode HDR)
Kondisi dalam ruangan cukup cahaya (Mode HDR)
Outdoor 1 auto
Kondisi di luar ruangan (Mode auto)
Kondisi di luar ruangan (Mode HDR)
Kondisi di luar ruangan (Mode HDR)

Fitur

Coolpad Sky Mini dilengkapi dengan fitur double tap the wake serta smart gesture untuk mengakses aplikasi tertentu. Dengan fitur double tap to wake, kita hanya perlu menekan dua kali layar saat keadaan layar mati atau terkunci, sehingga tidak butuh menekan tombol power/lock untuk mengaktifkannya. Anda juga dapat menggunakan fitur slide to unlock dengan cara menggeser dari atas ke bawah atau sebaliknya dengan cepat untuk mengaktifkan layar.

Smart Gesture

Sedangkan fitur smart gesture membantu kita untuk mengakses beberapa aplikasi dengan cepat saat dalam keadaan layar mati. Ada beberapa gerakan untu smart gesture ini, salah satu contoh bila Anda ingin mengakses dialler saat keadaan layar terkunci, Anda hanya perlu menggambar huruf “C”, nantinya smartphone Anda akan otomatis membuka dialler.

Home Button

Selain itu Anda juga dapat menggunakan tombol home sebagai akses ke beberapa fitur pintas aplikasi. Ada dua pilihan untuk mengaktifkan fitur ini, yang pertama menekan tombol home agak lama dan double tap tombol home untuk mengkases aplikasi yang sebelumnya dapat diatur terlebih dahulu. Tombol home juga dapat digunakan untuk menjawab panggilan masuk bila Anda mengaktifkan fitur ini.

Menariknya, karena smartphone ini memiliki sensor infra merah, Coolpad Sky Mini dapat digunakan sebagai remote control untuk beberapa perangkat elektronik yang ada di sekitar. Anda dapat menyalakan AC, TV, DVD, atau perangkat elektronik lainnya melalui fitur Coolpad Remote yang terdapat pada smartphone ini.

Coolpad Remote 1

Cara menggunakannya juga mudah, Anda hanya perlu memilih perangkat apa yang ingin Anda kendalikan, kemudian pilih merek peralatan elektronik tersebut. Setelah itu Anda dapat mengetes apakan remote berfungsi atau tidak dengan cara menekan tombol on/off pada Coolpad Remote. Jika remote dapat berfungsi dengan baik, Anda dapat menyimpan konfigurasi remote tersebut untuk diakses kemudian hari.

Baterai & Konektivitas

Coolpad Sky Mini telah dibekali dengan baterai tanam sebesar 1800mAh. Mengingat Coolpad Sky Mini mengusung desain unibody, baterai sebesar itu dirasa kurang untuk memenuhi aktifitas sehari-hari. Terlebih pada produk smartphone kompetitor lain telah membekali smartphone mereka dengan baterai yang besar.

Dengan desain unibody ini pula, memasukan kartu SIM juga harus melalui SIM tray. Untuk membuka SIM tray ini Anda dapat menggunakan SIM ejector yang telah disertakan dalam box Coolpad Sky Mini. Jaringan yang didukung Coolpad Sky Mini juga lengkap, yakni GSM 900/1800/1900 MHz, UMTS 900/2100 MHZ, dan LTE 900/1800 MHZ. Untuk Konektivitas lain juga cukup lengkap, yakni Wifi (802.11 a/b/g/n), Wifi-Hotspot, Bluetooth 4.0, GPS/A-GPS.

Kesimpulan

Berada di kisaran harga Rp1.999.000, Coolpad Sky Mini terbilang cukup mahal dengan spesifikasi yang diberikan. Namun semua itu tertutupi dengan desain Coolpad Sky Mini yang stylish serta menarik. Untuk urusan dapur pacunya juga terbilang biasa saja, yakni hanya mengusung Snapdragon 410 yang memiliki  prosesor quad core dan RAM 1GB. Sementara produk-produk lain banyak yang telah mengusung prosesor octa core di rentang harga yang sama.

Dari segi tampilan, Coolpad Sky Mini terbilang menarik, karena telah menggunakan antar muka milik sendiri, yakni Cool UI yang memberi warna tersendiri. Namun yang disayangkan, resolusi layar yang diusung smatphone ini belum HD, yakni sebatas qHD 960×540 piksel. Kebanyakan smartphone kompetitor telah mengusung resolusi HD bahkan beberapa ada yang telah mengusung resolusi Full HD. Namun Coolpad Sky Mini cukup memberikan kualitas display yang tak kalah jernih, mengingat jenis layar yang digunakan sudah meggunakan layar IPS.

Untuk penggunaan sehari-hari smartphone ini sangat pas, terlebih bagi Anda yang mendambakan desain smartphone yang stylish, karena Coolpad Sky Mini ini memilki desain yang menarik. Smartphone ini juga cocok bagi Anda yang gemar bermain game karena smartphone ini memiliki tampilan 3D yang baik. Namun untuk game 3D kelas berat, smartphone ini masih dirasa kurang optimal, mengingat prosesor yang diusung masih quad core. Terlebih lagi baterai yang diusung juga termasuk kecil jika digunakan untuk menjalankan aplikasi atau game berat.

Namun yang disayangkan dari Coolpad Sky Mini ini, banyak aplikasi bawaan yang absen pada smartphone ini. Aplikasi yang tidak hadir tersebut meliputi galeri bawaan, file manager, pemutar musik, dan lain-lain. Tentu ini cukup disayangkan, namun Anda masih dapat menggunakan aplikasi dari pihak ketiga dan Coolpad juga telah menyediakan beberapa aplikasi Google untuk keperluan multimedia, seperti Play Music untuk memainkan musik pada smartphone ini.

Kelebihan

  • Tampilan antarmuka milik Coolpad sendiri
  • Warna yang dihasilkan layar jernih
  • Android Lollipop 5.1
  • Sensor IR sebagai remote control
  • Body “Baby Skin” yang tidak licin
  • Smart Gesture
  • Sudah mendukung 4G LTE

Kekuranagan

  • RAM masih 1GB
  • Kapasitas baterai kecil
  • Resolusi layar belum HD
  • Masih menggunakan prosesor quad core
  • Hasil kamera agak kekuningan pada saat di luar ruangan

Spesifikasi Coolpad Sky Mini E560:
Dimensi: 139 x 67.8 x 7.9 mm
CPU: Snapdragon 410 MSM8916 – 64bit Quadcore 1.2 GHz – Adreno 306
Memori: 1 GB RAM + 8GB ROM + Support SDcard up to 32GB
Layar: IPS 4.7 inch qHD 960×540 pixel
Kamera: 8MP AF F/2.2 + 5MP F/2.0, Recording Full HD 1080p
Jaringan: GSM 900/1800/1900 MHz, UMTS 900/2100 MHz, LTE 900/1800 MHz
Konektivitas: WiFi (802.11 a/b/g/n), WiFi-Hotspot Bluetooth 4.0, GPS/A-GPS
Baterai: 1.800mAh
OS: Android 5.1.1 Lollipop, CoolUI 6.0

Berikut video Unboxing dan Review dari Coolpad Sky Mini E560

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here