Pastikan pada galeri terdapat ikon yang bergambar 2 orang, seperti pada lingkaran merah

Berjumpa lagi pada sesi review, kali ini tim BeritaTeknologi.com akan melakukan review dari smartphone Coolpad, Coolpad Soar F101. Bagi yang belum pernah mendengar merek ini, Coolpad adalah perusahaan asal Tiongkok yang sudah lama menggeluti bidang telekomunikasi yang telah menjadi pemain utama dalam industri smartphone selama lebih dari 20 tahun yang baru  memasarkan produk mereka ke Indonesia di tahun 2015 ini.

IMG_0984-min

Coolpad Soar F101 ini adalah smartphone dengan kasta tertinggi saat penulisan artikel ini, di jajaran produk smartphone milik Coolpad di mana tipe ini hanya dipasarkan di Indonesia saja.

Spesifikasi Coolpad Soar F101 :

  • Jaringan: GSM 900/1800/1900 MHz, WCDMA 900/2100 MHz, LTE 1800/2100/2600 MHz
  • Dimensi: 146.6 x 73.6 x 6.5 mm
  • Layar: Super AMOLED 5.2 inci Full HD 1920×1080 pixel
  • Prosesor: Mediatek MT6595 CPU Octa-core dual cluster 2.0GHz (Big Core) dan 1.7GHz (Little Core)
  • GPU: PowerVR G6200
  • RAM: 2GB
  • Kamera belakang: 13 megapiksel AF dengan aperture F/1.8, sensor Sony Exmor RS, dual tone LED Flash, autofocus, geo-tagging, HDR, face detection, burst mode
  • Kamera depan: 8 megapiksel FixedFocus
  • Konektivitas: WiFi 802.11 b/g/n/ac dual band, Bluetooh 4.0, GPS, A-GPS
  • Memori Internal: 16GB dapat ditambah dengan micro SD
  • Baterai: Non-removable Li-Po 2.700mAh
  • OS: Android KitKat 4.4.2 + CoolUI

Berikut ini tampilan screenshot spesifikasi ponsel dari Coolpad SOAR:

Screenshot_2015-09-15-07-02-39

Untuk kemasannya, pertama kali kami memegangnya, Coolpad Soar F101 ini dibungkus dengan box warna putih yang ukurannya bisa dibilang besar dan mewah., tata letaknya pun dikemas sangat rapi.

Dalam paket penjualan, kita akan menjumpai:

  • Handset Coolpad Soar F101
  • Headset
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • Kartu manual dan kartu garansi
  • SIM Ejector

IMG_0988-min

Desain dan Body

Dengan berbalutkan Alluminium Alloy dan Corning Gorilla Glass 3, membuat Coolpad Soar ini nampak kokoh nan elegan, terlebih menggunakan warna emas membuatnya benar-benar menunjukan jati diri Coolpad Soar sebagai smartphone premium. Desain tata letak yang presisi membuat tombol-tombol yang ada di Coolpad Soar ini mudah dijangkau dengan satu tangan. Di sisi kiri, terdapat tombol volume, sedangkan pada bagian sisi kanan, terdapat tombol power dan 2 slot micro SIM yang aktif keduanya. Slot micro SIM ke 2 dapat juga digantikan menjadi sebuah slot kartu memori micro SD.

IMG_0982-min

Untuk bagian belakang kita akan menjumpai sebuah kamera berkekuatan 13 megapiksel, dengan 2 LED flash di bawahnya. Letak kamera belakang ini sedikit menonjol dibandingkan dengan body bagian belakang Coolpad Soar ini, namun tetap terjaga karena kamera belakang ini dilindungi oleh balutan plastik di bagian sisinya. Sedangkan di bagian depan, terdapat 1 buah kamera depan 8 megapiksel dengan ear piece di sebelahnya. Di bagian atas, terdapat konektor jack audio 3.5mm, dan pada sisi bawah, terdapat speaker dan mikrofon. Peletakan speaker di sisi bawah ini bertujuan agar menghasilkan suara yang keras tanpa harus tertutup telapak tangan. Namun saat tim kami mencoba, speaker ini terkadang masih tetap tertutup oleh ibu jari saat sedang menggunakannya untuk menonton sebuah video, atau bermain game.

Layar

Bicara soal layar pada Coolpad Soar ini, telah ditanami layar seluas 5.2 inci yang mana juga sudah menggunakan jenis Super AMOLED. Sehingga gambar yang ditampilkan pun sangat bening dan jelas, terlebih karena Coolpad Soar ini memang menyasar ke pasar high end alias kelas atas, maka wajib penggunaan layar dengan tingkat kecerahan dan detail yang tinggi ikut ditanamkan. Untuk resolusinya sendiri layar dari Coolpad Soar sudah dibekali layar Full HD alias 1080 piksel. Dengan resoulusi Full HD, tentunya akan membuat aktifitas kita dalam menggunakan smartphone ini menjadi lebih nyaman dilihat saat bermain game ataupun sedang menyaksikan film atau video.

IMG_0980111-min

Layar pada Coolpad Soar ini sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3, sehingga tidak perlu khawatir lagi bila tergores oleh kunci ataupun uang koin. Tetapi tidak hanya bagian layar saja yang dibalut Corning Gorilla Glass 3, pada bagian body belakang juga ikut dibalut. Mungkin sangat jarang sekali terdapat smartphone yang dilindungi anti gores di bagian belakang.

Antarmuka 

Seperti dengan smartphone lainnya, Coolpad Soar ini hadir dengan desain antarmuka yang mereka desain sendiri, sehingga terlihat berbeda dengan smartphone lainnya, dengan nama CoolUI. Bila dilihat sekilas mirip dengan desain antarmuka dari MIUI, dengan tidak adanya App Drawer pada bagian tengah serta background dari tampilan Quick Settings yang nge-blur. Namun Coolpad menyajikan dengan beberapa fitur seperti CoolShow yang digunakan untuk mengatur tampilan dari antarmuka Coolpad Soar ini.

Screenshot_2015-09-15-07-01-48

Pada aplikasi CoolShow ini kita disajikan berbagai menu pengaturan untuk mengatur seperti apa desain yang kita inginkan, seperti background pada saat layar terkunci, tampilan background menu awal, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, bila Anda merasa terlalu ribet untuk mengatur satu-persatu pada tampilan Coolpad Soar ini, terdapat aplikasi yang bernama Rock Wallpaper. Aplikasi ini berfungsi sebagai pengganti tampilan background secara menyeluruh denga satu ketukan jari Anda. Jadi, misal bosan dengan tampilan yang itu-itu saja, cukup dengan satu ketuk maka background lain akan menggantikan background lama pada Coolpad Soar ini. Di aplikasi Rock Wallpaper ini disediakan beberapa pilihan background yang variatif sehingga tidak hanya satu, dua atau tiga tema saja.

Screenshot_2015-09-15-07-02-07

Screenshot_2015-09-15-07-02-14

 

Screenshot_2015-09-15-07-02-28

Pada awalnya, tim kami mengira bahwa Coolpad Soar ini sudah menggunakan Android Lollipop 5.1, namun ternyata masih menggunakan Android KitKat 4.4. Hal ini karena tampilan dari CoolUI sangat mirip sekali dengan tampilan Android 5.1 yang sudah dimodifikasi.

Fitur

Fitur menarik yang disajikan Coolpad Soar ini adalah optimalisasi pada sensor proximity dengan fitur yang bernama Misstouch Prevention, yang berfungsi sebagai pencegah apabila Coolpad Soar ini masuk ke dalam saku celana atau baju yang dapat berakibat salah tekan. Selain itu, Coolpad Soar ini juga mendukung penggunaan sarung tangan, jadi tidak perlu  melepas sarung tangan yang digunakan saat sedang berkendara. Namun kami tetap menganjurkan agar berhenti saat sedang berkomunikasi. Smartphone 5.2 inci ini juga mendukung penggunaan flip cover yang memiliki bulatan bening di depannya, sehingga nantinya akan tampak sebuah jam digital ataupun notifikasi.

Screenshot_2015-09-15-07-03-02

Coolpad Soar ini juga mendukung sensor gesture yang dapat digunakan sebagai jalan pintas untuk membuka aplikasi. Misal kita mengusap layar dengan bentuk huruf M, maka akan muncul aplikasi Music. Fitur gesture ini dapat digunakan ketika layar dalam posisi terkunci dan mati. Sayangnya, aplikasi pada gesture ini tidak dapat diganti. Selain itu juga terdapat double tap to wake up gesture yang mana cukup dengan mengetuk layar dua kali secara cepat pada saat layar kondisi terkunci dan mati, maka kemudian layar tersebut akan terbuka.

Screenshot_2015-09-15-07-03-06

Screenshot_2015-09-15-07-03-12

Tidak ketinggalan terdapat fitur split screen, dimana kita dapat menjalankan dua aplikasi atau lebih dalam waktu yang bersamaan. Sehingga kita tidak perlu membuka satu-persatu aplikasi yang ingin kita jalankan. Misal kita ingin browsing sembari menyaksikan video, tentunya bisa dengan fitur split screen ini, atau bermain game dan berkirim pesan instan? Tentu bisa. Namun fitur split screen ini hanya bisa maksimal 2 aplikasi yang dapat dijalankan secara bersamaan.

Screenshot_2015-09-17-09-39-09

 

Screenshot_2015-09-14-20-10-36

Bagi yang ingin berkirim file, Coolpad Soar sudah menyediakan sebuah aplikasi File Manager yang tidak biasa seperti aplikasi File Manager bawaan pada umumnya. Pada aplikasi File Manager bawaan Coolpad Soar ini, kita bisa berkirim file dari WiFi, terlebih jika kita ingin berkirim file berukuran besar, tentunya tidak perlu menunggu lama dengan koneksi WiFi.

Tim kami mendapati salah satu fitur yang sangat unik, dan mungkin sangat jarang ditemukan di smartphone lainnya, yaitu Private Mode. Fitur ini dapat digunakan untuk mengganti nama dan nomor telepon kontak yang ada pada Coolpad Soar ini saat sedang berkomunikasi. Jadi misalkan Budi ingin menghubungi Amir, namun Amir tidak ingin percakapannya dengan Budi diketahui oleh orang lain, maka Amir dapat mengganti nama dan nomor telepon Budi melalui Private Mode ini dengan nama lain. Saat Budi menghubungi Amir, maka nama yang nampak bukanlah nama Budi yang sebenarnya, tapi nama lain yang telah diganti oleh Amir. Tidak hanya nama dan nomor telepon, notifikasi pesan yang diterima Amir dari Budi bahkan bisa diganti dengan notifikasi lainnya misal dengan notifikasi pembaharuan cuaca.

Private mode Coolpad
Private mode Coolpad

Kamera

Dengan berbekal kamera 13 megapiksel dengan aperture F/1.8, sensor Sony Exmor RS dan dual tone flash LED membuatnya dapat menghasilkan hasil foto yang memuaskan. Pada tampilan menu aplikasi kamera, kita disuguhkan dengan bermacam-macam mode yang sesuai dengan keinginan, seperti, Refocus, Beauty, HDR, Night Mode, dan lainnya. Bila kurang puas dengan mode-mode yang telah disediakan, kita dapat merubah kamera ini ke pengaturan manual, dan berkreasi dengan pengaturan shutter speed, white balance, exposure, dan fokus. Untuk videonya, Coolpad Soar dapat merekam hingga resolusi Full HD alias 1920×1080 piksel.

Screenshot_2015-09-17-09-44-42
Beberapa mode yang disajikan pada kamera Coolpad Soar F101

 

Screenshot_2015-09-17-09-45-35
Pengaturan mode manual pada kamera Coolpad Soar F101
Screenshot_2015-09-17-09-46-06
Tampilan antarmuka saat merekam di Coolpad Soar F101

Terdapat salah satu yang menarik pada mode kamera Coolpad Soar ini, yaitu Refocus. Di sini kita bisa mengatur fokus mana yang kita inginkan dengan sekali sentuh saja, bagian tengah, kiri, atau kanan. Untuk penggunaannya cukup mudah, pilih mode Refocus, kemudia ambil salah satu foto yang diinginkan, kemudian ketuk pada bagian mana saja sesuai dengan fokus yang diinginkan. Untuk lebih jelasnya bisa melihat video berikut.

Pastikan pada galeri terdapat ikon yang bergambar 2 orang, seperti pada lingkaran merah
Pastikan pada galeri terdapat ikon yang bergambar 2 orang, seperti pada lingkaran merah

Kamera depan pada smartphone ini cocok untuk selfie, di dalam ruangan yang cukup cahaya, kamera depan Coolpad Soar ini mampu menghasilkan foto yang memuaskan, meski nampak sedikit noise. Mode yang disajikan pada kamera depan ini tidak selengkap pada kamera belakang. Pengaturan manual pun juga terdapat pada kamera depan ini, namun hanya dapat mengatur iso, white balance, dan eksposure. Kemampuan merekam video pun juga tidak ketinggalan pada kamera depan Coolpad Soar ini.

Screenshot_2015-09-17-09-46-48

Screenshot_2015-09-17-09-58-54

 

Hasil kamera dari Coolpad Soar

Pengaturan standar, tanpa sentuhan apapun
Pengaturan standar, tanpa sentuhan apapun
IMG_20150914_195944-min
Hasil dari penggunaan fitur HDR
IMG_20150914_195832-min
Penggunaan Night Mode
IMG_20150914_200018-min
Hasil dari pengaturan standar dengan menggunakan flash
IMG_20150914_200413-min
Pengaturan manual, ISO 800, EV +2, f/4 speed 1/2,
IMG_20150917_112336-min
Penggunaan mode Picture Focus
IMG_20150917_112050-min
Penggunaan mode Picture Zoom
IMG_20150917_112436-min
Hasil dari menggunakan mode All in Focus
IMG_20150917_112950-min
Foto outdoor diambil dalam mode Normal

Multimedia dan Performa

Coolpad Soar ini dibekali dengan aplikasi multimedia yang menunjang, yang sesuai dengan desain antarmuka Cool UI, seperti pemutar musik, pemutar video, dan galeri. Fitur screenshot dan screen recorder pun juga dibenamkan pada Coolpad Soar ini. Bicara soal screenshot, kita dapat menyunting gambar screenshot yang kita ambil secara langsung setelah screenshot tersebut diambil, misalnya menyeleksi bagian mana yang akan digunakan. Untuk fitur screen recording, Coolpad Soar ini cukup membantu, misalnya untuk merekam ketika sedang bermain game.

Untuk pemutar video pada Coolpad Soar ini sudah menyediakan built-in player yang mendukung berbagai format, termasuk format MKV. Aplikasi pemutar bawaan ini terdapat berbagai opsi seperti, menyuntingnya, mengambl screenshot dari video, dan DLNA yang dapat memutar video dari perangkat Smart TV melalui jaringan WiFi. Kami mencoba memutar video dengan resolusi Ultra HD alias 4K, dan Coolpad Soar ini dapat memutarnya dengan lancar, tanpa gangguan lagging sama sekali. Tentunya ini semua berkat SoC octa core dari MediaTek MT6595 yang disandingkan dengan GPU PowerVR G6200. Suara yang dihasilkan Coolpad Soar ini terbilang sangat lantang karena letaknya yang berada di sisi bawah. Hal ini dimaksudkan agar saat diletakan di tembok atau meja, suara dari Coolpad Soar ini masih dapat dinikmati. Namun, meskipun letaknya berada di bawah, saat bermain game terkadang speaker ini masih terhalang oleh jari, jadi perlu posisi yang pas agar speaker ini tidak terhalang

Soal performa, tentunya smartphone ini dapat memainkan dengan mulus berbagai game HD yang notabene memakan banyak RAM. Kami mencoba memainkan game HD seperti Asphalt 8: Airborne dan Modern Combat 5: Blackout. Dengan berbekal RAM sebesar 2GB, tentunya bukan hambatan bagi Coolpad Soar dalam menjalankan beragam aplikasi, terlebih game-game berat yang haus akan RAM.

Screenshot_2015-09-17-08-59-51

 

Screenshot_2015-09-17-09-00-28

Screenshot_2015-09-17-09-08-41

Screenshot_2015-09-17-09-10-17

Untuk skor pengujian benchmark, smartphone ini berada di poin 43.371 dengan aplikasi AnTuTu Benchmark. Skor pengujian yang lain bisa melihat gambar di bawah ini.

bench
Hasil benchmark Coolpad Soar F101

Baterai

Coolpad Soar ini ditanami baterai jenis Li-Po dengan kapasitas 2.700mAh. Soal ketahanan, kami mencoba memutar video selama kurang lebih satu jam dari yang awalnya kondisi baterai 78% menjadi 51%. Semua pengaturan otomatis bawaan, menggunakan koneksi WiFi dan tidak menggunakan kartu SIM. Tentu hasil yang berbeda akan didapati apabila koneksi data selular aktif tanpa menggunakan WiFi, karena menggunakan data seluler lebih cepat menguras penggunaan baterai daripada menggunakan jaringan WiFi. Panas yang dihasilkan juga masih dalam tahap normal. Menurut tim kami, kapasitas baterai 2.700mAh sudah cukup untuk Coolpad Soar ini disandingkan dengan layar 5.2 inci.

Kesimpulan

Dilengkapi dengan berbagai fitur menarik membuat Coolpad Soar ini memang pantas menduduki kasta tertinggi dibanding dengan jajaran smartphone Coolpad lainnya. Dengan berbalutkan Corning Gorilla Glass 3 dibagian layar dan bagian belakang yang dipadukan dengan sentuhan Aluminium Alloy membuatnya nampak sangat elegan dan nampak premium. Terlebih desain yang ditawarkan sangat menawan dengan ketebalan yang bisa dibilang tipis.

Fitur-fitur yang disuguhkan pun banyak dan tergolong jarang ditemui di smartphone high end lainnya, seperti Private Mode. Desain antarmuka Cool UI ini juga sangat user friendly dan nyaman dilihat, terlebih dengan layar 5.2 inci yang sudah menggunakan teknologi Super AMOLED. Tampilan Cool UI yang atraktif dan dinamis dengan adanya Cool Show dan Rock Wallpaper. Hasil kamera yang memuaskan karena penggunaan sensor Sony Exmor RS dan dengan berbagai fitur juga menjadi nilai tambah tersendiri untuk Coolpad Soar

Soal performa, tidak diragukan lagi dengan SoC MediaTek MT6595 octa core yang dibarengi GPU PowerVR 6200 dan RAM sebesar 2GB tidak membuat Coolpad Soar kalah bersaing dengan smartphone high end lainnya. Namun kami menilai untuk harga yang ditawarkan Coolpad Soar ini terbilang cukup mahal yaitu Rp 4.999.000 di mana  ponsel ini memiliki spesifikasi cukup tinggi, bodi premium serta fitur-fitur yang tergolong oke punya.

Kelebihan

  • Tampilan antarmuka Cool UI yang atraktif dan dinamis
  • Bodi Tipis dengan body yang berbalutkan bahan Aluminium Alloy berkesan premium
  • Layar dan body belakang dilapisi Corning Gorilla Glass 3
  • Performa yang sangat memuaskan
  • Kamera belakang berkualitas dengan aperture f/1.8 serta sensor Sony Exmor RS

Kekurangan

  • Masih menggunakan Android KitKat 4.4
  • RAM masih 2GB untuk kisaran rentan harga yang diberikan
  • Harga tergolong cukup mahal

Berikut video unboxing dan review dari Coolpad Soar F101

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here