Siapa yang tidak mengenal game Counter Strike ? Game buatan Valve sejak tahun 1999 Sudah dikenal gamer karena konsep gameplaynya yang simpel dan menuntut kerjasama pemain dalam sebuah tim, menjadikan game tembak menembak dengan sudut pandang orang pertama ini cukup digemari dari berbagai kalangan usia. Nexon Corporation, perusahaan yang bermarkas besar di Korea Selatan, yang terkenal dengan game online buatan mereka seperti Nexus : The Kingdoms of the Wind ataupun Maplestory, mengembangkan kembali game Counter Strike menjadi Counter Strike Online dengan dibawah pengawasan dari pemegang lisensi resmi yakni Valve Corporation. Nah, Megaxus sebagai penyedia game online di Indonesia, mendatangkan game Counter Strike Online untuk mengadu  kekompakan tim dan ketangkasan menembak antar pemain dari seluruh pelosok Indonesia. Game online ini telah memasuki tahap Open Beta pada tanggal 22 Juli 2011 yang lalu dan kami telah mencobanya untuk memberikan review kepada para pembaca setia Berita Teknologi.


Gameplay
Sebelum memasuki permainan, kita diharuskan login dan kemudian kita akan dibawa ke Lobby permainan. Dari layar Lobby lah kita akan dapat mengakses info ID kita, baik itu level yang telah dicapai, jumlah experience dan point yang telah terkumpul, kemudian mengakses Shop, Clan, misi, hingga memilih room dan terjun ke dalam permainan.

Mode permainan yang ditawarkan dalam game ini cukup bervariasi, dimana mencakup mode permainan dari Counter Strike original, seperti Bomb Mission, Hostage Rescue, Annihilation, dan Assassination. Kemudian terdapat juga mode permainan baru seperti Deadmatch, Team Deadmatch, serta adanya fitur Bot untuk mengasah kemampuan bermain kita sebelum terjun langsung bertempur bersama teman – temanmu. Kemungkinan juga bakal menyusul mode permainan Zombie.

Dalam membuat Room di game FPS online ini juga cukup simpel, hanya dengan beberapa langkah saja maka room kita sudah dapat terbentuk. Pengaturan room mencakup mulai dari pemberian judul Room, menyeting batas jumlah pemain dalam room kita, hingga pemilihan mode permainan dan peta permainan, kemudian kita dapat menentukan waktu permainan dan batas point kemenangan. Disamping itu juga, kita dapat mengatur Room kita agar digunakan untuk pertempuran antar Clan saja.


Untuk gameplaynya tidak banyak berkembang, masih serupa dengan game Counter Strike biasa atau original. Kita dapat memilih salah satu model karakter dari beberapa model karakter yang tersedia. Model karakter dalam Counter Strike Online juga semakin bertambah. Untuk dari sisi Counter Terrorist, diantaranya terdapat Seal Team 6 dari Amerika, GSG-9 dari Jerman, SAS dari Inggris, GIGN dan 707 dari Perancis, Spetsnaz dari Rusia, SAT dari Jepang, SOZO dari China. Begitu juga dengan sisi terorist, diantaranya terdapat model Midwest Militia dan Guerrilla Warfare.

Kemudian sebelum permainan dimulai, kita dapat membeli senjata dari berbagai jenis senjata dan pelengkapan pendukung yang tersedia. Ada banyak jenis senjata yang dihadirkan dalam game ini, mulai dari senjata yang terdapat di game Counter Strike original hingga senjata baru yang tidak terdapat di versi originalnya, diantaranya ada Krieg 550 Commando, Magnum Sniper Rifle, pistol 40 Dual Elite, dan sebagainya. Perlu diingat, pembelian senjata dalam Counter Strike Online memiliki menu pemilihan senjata yang sedikit berbeda dengan versi originalnya, hal ini dikarenakan lebih banyak model senjata yang dihadirkan. Versi online game ini juga memperbolehkan kita mengunakan fitur tombol akses cepat, seperti hanya dengan menekan tombol R untuk membeli persenjataan yang telah kita beli sebelumnya atau tombol A untuk membeli persenjataan secara otomatis yang disesuaikan dengan kondisi uang yang dimiliki. Sedangkan untuk pembelian senjata di Shop, kita harus menyiapkan point yang cukup untuk dapat membelinya dan tiap senjata akan memiliki waktu pengunaan yang dapat ditentukan lama pemakaianya, yakni 3 hari, 10 hari, hingga 30 hari disesuaikan dengan kondisi point kita.

Oh iya… di game ini juga memungkinkan kita dapat membuat senjata sendiri untuk menghasilkan sebuah senjata yang mematikan, baik itu dari tingkat damage dan akurasi yang lebih tinggi, dan nantinya akan diarahkan oleh karakter President Henry Stoner. Namun untuk dapat membuatnya, kita harus membutuhkan design dan material.


Walau misi dalam game Counter Strike Online terlihat seperti achievements atau tantangan yang sering ditemukan dalam game-game FPS offline, namun misinya cukup bervariasi dan banyak, seperti mengharuskan kita melakukan 5 kali headshot melawan pemain lain, melakukan 15 kill dalam original mode, memasang atau menjinakan bom sebanyak 4 kali, menyelamatkan 5 tawanan, mendapatkan kill dengan mengunakan granat, dan sebagainya. Jika kita berhasil menyelesaikannya, maka kita akan mendapatkan hadiah yang bersifat random atau hadiah sejumlah point.

Graphic
Tidak ada perkembangan yang berarti dalam hal grafis pada game Counter Strike Online ini. Pada opsi video hanya dapat diseting untuk mengunakan Open GL dan D3D saja. Namun dengan memilih mengunakan D3D akan menghasilkan tingkat ketajaman yang lebih bagus dan tingkat kedetilan serta warna yang lebih solid dibandingkan dengan Open GL yang tampak kabur dan berbayang. Sedangkan untuk desain menu Lobby tampak modern dan gampang diakses.
Untuk suara, game ini juga mendukung fitur voice pemain dan nilai tambahnya, kita akan mendengar suara keren ala permainan DotA, saat berhasil melakukan Kill ataupun Level UP.


Overall
Gameplay Counter Strike online ini memang tidak banyak berubah dan masih original, namun dengan adanya penambahan beberapa fitur baru menjadikan permainan yang sudah bagus ini terasa lebih menyenangkan lagi. Sampai sejauh ini juga, permainan ditemukan berjalan dengan smooth tanpa ditemukan adanya Lag. Akhirnya kini kita sudah dapat mengadu kekompakan tim dan ketangkasan bersama dengan teman atau pemain lain dari seluruh pelosok Indonesia.
Tertarik ? Kunjungi situs resminya http://cso.megaxus.com

Counter Strike Online
Publisher : Megaxus ( Indonesia )
Developer : Nexon dan Valve
Genre : MMO FPS
Release date ( Open Beta ) : 22 Juli 2011
Platform : PC

SCORE
Gameplay  90
Graphic  75
Overall  95

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here