Story
Game fiksi ini berseting pada sebuah pulau wisata yang sangat indah yang bernama pulau Banoi. Sayangnya di game ini kita tidak dapat menikmati keindahan pulau ini sepenuhnya. Pada saat kita terbangun di hotel Palms Resort dan menemukan bahwa seluruh pulau telah dipenuhi oleh zombie. Kita harus mencari jalan keluar dari pulau menakutkan ini dan seiring perlarian, kita akan bertemu dengan beberapa orang yang selamat dan juga seseorang misterius yang berkomunikasi dengan kita melalui radio akan menuntun kita masuk ke hutan untuk mencari sumber infeksi yang menebar teror di pulau indah tersebut.
Game ini menghadirkan 4 tokoh karakter yang dapat dipilih, yakni Xian Mei, Sam B, Logan, dan Purna. Tiap tokoh karakter memiliki latar belakang sendiri, seperti Xian Mei merupakan salahsatu karyawan hotel Royal Palm Resort yang berhasil selamat, Logan merupakan salahsatu bintang Football yang karirnya berakhir akibat egonya, Sam B merupakan seorang bintang rap terkenal, sedangkan Purna merupakan seorang polisi sydney yang karirnya berakhir karna kesalahan yang tidak disengaja.

Gameplay
Tidak seperti game Left For Dead dan Resident Evil, game ini menawarkan gameplay ala Grand Theft Auto, dengan menyajikan sebuah level permainan Open World yang penuh dengan zombie pada  seting tempat di pulau wisata Banoi. kita dapat bebas menjelajahi pulau tersebut yang meliputi daerah Pantai, Hotel, Perkotaan, Hutan, lorong bawah tanah, hingga penjara. Di game ini kita juga dapat mengunakan kendaraan untuk mempersingkat waktu perjalanan dari satu tempat ke tempat lain dikarenakan level permainan yang luas dan kita dapat mengunakan kendaraan untuk menabrak para zombie yang menghadang didepan kita.


Kemudian kita juga akan bertemu dengan beberapa NPC yang selamat dari teror zombie untuk menerima quest utama dan quest sampingan. Pada salahsatu quest utama akan mengikuti film Black Hawk Down dan dengan mengunakan judul quest yang sama dengan judul film tersebut, dimana kita harus menemukan lokasi jatuhnya helikopter untuk mencari penumpang yang masih hidup dan menyelamatkannya dari santapan para zombie serta mengamankannya ke dalam bunker. Secara keseluruhan quest utama yang disajikan dalam game ini sangat menarik untuk diikuti walau cerita disepanjang permainan kelihatan datar dan tidak ada intrik. Sedangkan untuk quest sampingan juga sangat bervariasi, seperti menemukan orang yang hilang, menyelamatkan orang yang terjebak didalam mobil yang rusak, hingga mencari boneka teddy bear dan mengembalikan kepada seorang anak kecil.

Yang lebih hebatnya lagi fitur kooperatif memungkinkan kita bermain bersama teman-teman hingga 4 orang dan memungkinkan kita untuk memilih karakter yang sama juga dengan pemain lain. Tiap karakter dalam game ini memiliki skill yang berbeda dan kemahiran pada jenis senjata tertentu. Seperti Xian Mei memiliki skill bertarung jarak dekat dengan kungfunya dan ahli mengunakan senjata tajam, seperti pedang. Sedangkan Logan memiliki kemampuan untuk melempar dengan jitu dan ahli mengunakan senjata dalam melempar.


Game ini juga memiliki sentuhan elemen RPG walau sebenarnya tidak begitu mendalam. dimana dengan membunuh zombie dan menyelesaikan quest maka kita akan mendapatkan sejumlah poin exp yang jika telah terkumpul penuh maka level karakter akan dapat meningkat. Serta kita juga akan mendapatkan beberapa skill point untuk mempelajari skill-skill yang terdapat pada pohon skill yang dikategorikan menjadi 3 dalam game ini, yakni Fury yang menghadirkan skill-skill yang dapat membuat karakter memiliki kekuatan lebih dan mengeluarkan serangan yang cukup mematikan, Combat yang menghadirkan skill-skill yang akan membantu meningkatkan kekuatan serangan, dan sebagainya pada karakter, dan Survival yang memiliki skill-skill yang bersifat mendukung seperti menambah stamina hingga menambah tempat penyimpanan barang yang dibawa.

Kita juga dapat mempunyai berbagai jenis senjata, namun setiap senjata didalam game ini memiliki level dan statistik seperti pada game RPG umumnya, jadi kita hanya dapat mengunakan senjata yang memiliki level dibawah atau setara dengan level karakter kita. Selain mengunakan senjata, kita juga dapat melakukan lompatan dan menendang. Jika kita kombinasikan kedua gerakan tersebut akan menghasilkan serangan kuat yang dapat menjatuhkan zombie. Disamping itu, kita juga dapat merakit dan memodifikasi senjata yang kita miliki, untuk dapat melakukannya kita mesti mencari Workbenches yang tersebar pada peta permainan dan untuk merakit sebuah senjata kita memerlukan beberapa persyaratan item, seperti weapon mod blueprints, senjata yang ingin di modifikasi, dan tentu saja uang. seperti contoh kita dapat merakit stik baseball dipasangkan dengan paku menjadi senjata yang cukup mematikan saat kita mengibaskannya ke zombie akan membuat kepala zombie terpental dari tubuhnya. Karakter kita juga memiliki stamina yang dapat terkuras habis saat melakukan serangan dan berlari, jadi kita mesti memperhatikan stamina karakter juga selain health karakter.


Zombie yang kita hadapi juga bermacam jenis, ada yang berjalan dengan lambat, ada yang berlari cepat, ada yang dapat meledakan diri saat mendekati kita, hingga ada yang memiliki gerakan gesit hingga sukar untuk dihabisi. Tidak ada yang begitu spesial dengan AI zombie di game ini. Dalam pikiran mereka hanya berusaha mendekati untuk memakan kita. Hanya saja jumlah mereka yang banyak membuat kita sibuk untuk menyelamatkan diri saat terkepung oleh mereka.

Graphic
Keindahan pulau Banoi berhasil disajikan dengan cukup bagus dan detil dalam game ini. Ditambah lagi dengan efek pencahayaan yang cukup baik serta efek kabut dan animasi air yang tampak seperti sebenarnya. Zombie dalam game ini juga berhasil ditampilkan dengan sangat menakutkan dan mengerikan namun pada saat dilihat dari dekat tekstur zombie terlihat payah dan tidak detil. O yah, game ini juga menampilkan banyak cipratan darah di layar monitor jadi sangat tidak baik buat anak kecil.


Overall
Techland berhasil menghadirkan sesuatu yang berbeda dari game horor lain yang juga bertemakan zombie. Hasilnya kombinasi antara FPS dan RPG dengan seting permainan Open World membuat game bertemakan survival horor ini menjadi cukup menarik untuk dimainkan.
Ditambah lagi dukungan mode kooperatif yang memang menjadi fokus utama dalam game ini membuat pemain gampang untuk terjun langsung kedalam permainan yang sedang berlangsung. Dan sangat menyenangkan saat kita bekerja sama dengan teman dalam menyelesaikan berbagai quest dan menghabisi setiap zombie yang muncul didepan kita.

Dead Island
Publisher : Deep Silver
Developer : Techland
Genre : FPS Survival Horror
Release Date : 09 September 2011

Score
Story. 70
Gameplay. 80
Graphic. 85
Overall. 90

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here