Game dengan tema balapan rally memang sudah banyak dipasaran. Namun hanya beberapa developer game saja yang berhasil mengimplementasikan dengan baik, salahsatunya adalah Codemasters dengan judul game Dirt. Tidak hanya sekedar menawarkan sensasi balap rally yang sebenarnya saja, tapi juga dukungan visual yang tampak manis dimata pemain dan membuat pemain seakan merasakan rally sesungguhnya dengan efek kotor, seperti cipratan lumpur, debu, dan lainnya. Sekuel ketiga ini hadir dengan beberapa peningkatan dan fitur baru yang dapat kita simak dibawah ini.


Gameplay
Seperti biasa, Dirt selalu menawarkan menu interaktif yang cukup stylish pada setiap sekuelnya dan pada sekuel ketiga ini, menu permainan akan muncul dengan diawali mobil rally yang melintas dilayar permainan. Sungguh terlihat stylish dibandingkan dengan menu pada game balap lainnya. Dalam membuat profil, seperti pendahulunya kita masih bisa memilih negara yang akan dibawa oleh pembalap dan negara Indonesia dapat dipilih didalam game balap ini.

Menu utama pada game ini adalah Dirt Tour yang merupakan jantung permainan yang akan membawa kita berkarir sebagai seorang pembalap pemula hingga menjadi pembalap profesional dengan mengikuti berbagai macam kompetisi rally, seperti Alpinestars Trophy. Dalam sebuah kompetisi kita diharuskan mengikuti beberapa kejuaraan yang akan berlangsung dibeberapa lokasi dan setiap memenangkan kejuaraan, kita akan mendapatkan point yang berguna untuk membuka kejuaraan final dan mengikuti kompetisi berikutnya.


Beberapa kejuaraan yang dapat kita ikuti dalam game ini, diantaranya Rally, Rallycross, Trailblazer, Gymkhana, Landrush, dan Head2Head. Untuk Gymkhana merupakan fitur baru dalam sekuel ketiga ini, dimana pada sebuah arena, kita harus melakukan stun, drift, dan berbagai manuver untuk mengumpulkan point sebanyak-banyaknya untuk dapat menjadi pemenang. Selain itu, masih ada fitur yang lebih menarik dan terkini yang dimasukan ke dalam game ini adalah fitur Youtube. Dimana kita dapat merekam performa kita saat balapan dan menguploadnya ke akun Youtube kita untuk ditonton oleh seluruh dunia. Tapi sayangnya kita hanya diperbolehkan merekam untuk beberapa menit saja.

Dirt bukan hanya sekedar game balap biasa, yang dimana kita dapat memacu mobil sekencang-kencangnya untuk mencapai finish tanpa mempedulikan tabrakan atau benturan baik pada mobil lawan ataupun objek lain yang terdapat pada lintasan, seperti pagar pembatas atau pepohonan. Dalam Dirt, akibat dari menabrak atau benturan akan menimbulkan kerusakan fisik pada mobil dan akan mempengaruhi performa mobil. Misalnya benturan ringan yang terjadi akan membuat kaca mobil hingga bumper pecah. Kemudian benturan paling keras dapat mengakibatkan bumper hingga roda mobil terlepas dari bodi mobil. Kesan realistis tersebut berkat kalkulasi fisika yang dikemas dalam game ini.


Bagi anda yang ingin bermain biasa seperti game balap lain, kita dapat memilih tingkat kesulitan kasual, yang dimana kita akan dipandu saat mengemudikan mobil baik itu dari suara ataupun dari visual dengan menampilkan tanda panah berwarna hijau disepanjang jalur dan tanda panah berwarna merah untuk melakukan pengereman. Serta adanya auto pilot yang dimana pada saat belokan, mobil secara otomatis akan merambat dan mengerem untuk meminimalkan benturan ataupun tabrakan. Disamping itu, mobil lawan juga sangat mudah dikalahkan dan saya yakin dengan tingkat kesulitan kasual kita dapat dengan mudah memenangkan semua balapan. Hal ini sungguh membuat permainan terasa mudah dan menjadi membosankan.

Untungnya, pada tingkat kesulitan intermediate dan advanced, memberikan tantangan lebih dengan kontrol stir yang realistis, tapi sangat responsif. Terkadang juga kita dibikin frustasi dengan kontrol yang telalu responsif sehingga sering menyebabkan tabrakan dan benturan yang menyebabkan kerusakan mobil. Tapi jangan khawatir, Kita bisa mengembalikan waktu ke saat sebelum terjadi benturan atau tabrakan hanya dengan menekan tombol F1 pada keyboard untuk masuk ke layar editing. Namun kesempatan tersebut hanya diberikan beberapa kali saja sesuai dengan tingkat kesulitan yang dipilih.


Codemasters menghadirkan lebih banyak mobil yang berlisensi dari pabrikan mobil terkemuka didunia, mulai dari mobil klasik era tahun 70an hingga mobil modern saat ini, seperti Celica’s Carlos Sainz dan lainnya. Disamping itu, masih terdapat kendaraan Truk dan buggy untuk menambah keasikan pada game balap ini. Ada sekitar 60 lebih lintasan rally yang dapat dijajaki, mulai dari sirkuit hingga lintasan alam dengan pemandangan yang indah, seperti
Finland, hutan tropis yang sangat indah dengan danau dan Kenya dengan hamparan padang gurun. Terdapat juga lintasan dengan medan bersalju dan es yang sangat licin yang memberikan tantangan tersendiri. Disisi lain, kita juga dapat bermain bersama teman dalam fitur splitscreen ataupun via LAN yang menjadi poin plus dalam sekuel ini.

Graphic
Berkat engine game EGO 2.0, engine yang sama yang digunakan pada game Operation Flashpoint : Red River, memberikan tekstur warna yang lebih kaya dan tajam, baik itu pada mobil dan lingkungan. Dengan didukung sejumlah efek pemanis yang membuat game ini kian terlihat semakin realitis, seperti efek pencahayaan, partikel debu, cipratan lumpur, serta efek perubahan cuaca yang semakin dinamis dibandingkan pendahulunya. Secara keseluruhan, visual game Dirt 3 tampak sangat detil dan mendekati kenyataan. Untuk sound pada game ini, pemilihan jenis musik yang mengiringi kita balapan cukup pas ditelinga kita dengan irama musik yang cepat sehingga membangkitkan semangat kita dalam memacu mobil. Suara latar yang juga terdengar baik, seperti penonton bersorak saat mobil kita melintas didepan mereka.

Overall
Dengan peningkatan dan penambahan beberapa fitur baru, game Dirt 3 semakin memantapkan diri menjadi game balap terbaik di kelas Rally, saya merekomendasikan game ini wajib dimainkan bagi pengemar berat game simulasi balap mobil.

Dirt 3
Publisher : Codemasters
Developer : Codemasters
Genre : Racing
Release Date : 24 Mei 2011
Platform : PC, Xbox360, Playstation3

Score
Gamplay  80
Graphic  90
Overall  85


1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here