Setelah lama menanti, akhirnya Microsoft dan Lionhead Studio merilis Fable sekuel ketiga untuk PC juga. Dimana sebelumnya Fable 2 tidak dirilis untuk PC dan pada tahun sebelumnya sempat beredar kabar bahwa Fable 3 hanya dirilis untuk konsol Xbox360 saja. Inilah akhir penantian para gamer PC untuk sebuah game RPG yang cukup sukses pada sekuel-sekuel sebelumnya. Namun, apakah sekuel ketiga ini masih bisa menyambung kesuksesan sekuel pendahulunya. Mari kita simak review nya dibawah.


Story
Dalam game ini kita akan memerankan tokoh Hero ( karakter pemain ) dengan dua episode permainan. Untuk cerita pada episode pertama, bersetting pada 50 tahun setelah kejadian di game Fable 2, dimana Benua Albion berada di bawah kekuasaan seorang raja tiran yang bernama raja Logan dan merupakan saudara tertua dari Hero.
Rakyat Albion yang depresi akan tirani raja Logan memaksa Hero untuk memimpin revolusi dalam menjatuhkan raja Logan dari tampuk kekuasaan. Dan setelah Hero berhasil menjadi raja penguasa Albion, cerita game ini masih berlanjut ke episode kedua permainan, dimana munculah sebuah kekuatan misterius dari Aurora, yang disebut The Darkness dan mengancam benua Albion. Dalam episode kali ini, Hero sebagai raja harus memutuskan bagaimana untuk melindungi kerajaannya dari invansi The Darkness dan mengatur kemakmuran rakyatnya. Kisah permainan pada Fable ketiga semakin menarik dan banyak intrik yang cukup menantang.

Gameplay
Dalam episode pertama permainan untuk menjatuhkan raja Logan, kita akan menjadi pahlawan baru dengan membantu rakyat untuk mendapatkan dukungan mereka dan mengumpulkan sekutu untuk memulai sebuah revolusi. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menyelesaikan berbagai macam quest yang ada, menghabisi musuh, hingga berinteraksi dengan orang disekitar kita, dalam mengumpulkan poin Hero dan mendapatkan Guild Seals yang berguna untuk meningkatkan kemampuan dan skill karakter hingga membuka ekspresi baru dalam berhubungan dengan orang, seperti saat ini kita sudah bisa menyalami tangan, berpelukan, mengandeng tangan, dan lain-lain.


Leveling atau meningkatkan skill karakter kini di implementasikan ke dalam tampilan 3 dimensi dengan disepanjang jalan terdapat beberapa peti skill yang dapat dibuka jika kita berhasil mengumpulkan jumlah poin yang telah ditentukan. Sistem leveling ini dinamakan Road to Rule yang dapat diakses di dalam Sanctuary.

Untuk Sanctuary merupakan sebuah tempat yang terdiri dari beberapa ruang, seperti ruang untuk melihat status karakter, statistik permainan, leveling, peta, hingga terdapat ruang untuk menampung dan menganti kostum atau armor perang, ruang untuk menampung berbagai jenis senjata yang kita miliki, serta ruang untuk menyimpan data permainan kita. Untuk mengunjungi Sanctuary hanya dengan menekan satu tombol saja dan kita akan diteleportasi ke tempat tersebut. Begitu juga saat akan kembali ke lokasi sebelumnya hanya dengan menekan tombol Esc saja.


Pertarungan dalam game RPG ini cukup simpel. Kita dapat mengunakan senjata jarak dekat seperti pedang atau palu, senjata jarak jauh seperti pistol atau rifle, dan ilmu magis. Dalam melakukan serangan magis, secara otomatis akan membidik musuh yang ada. Jadi kita tidak perlu repot lagi untuk membidik target dan untuk mengunakan senjata jarak jauh, seperti pistol, kita diharuskan untuk membidik musuh seperti halnya pada game FPS.

Kemudian disepanjang permainan, kita juga masih ditemani anjing setia yang mengikuti kita kemana pun berada. Anjing tersebut juga akan memberitahukan kita lokasi tempat peti harta karun dan harta yang terkubur ditanah. Kita juga dapat berinteraksi dengan anjing tersebut, baik itu memberikan perhatian dengan membelai-belainya hingga memberi dia makan.


Fable 3 memberikan kebebasan kepada pemain untuk bertindak, apakah ingin menjadi Baik atau Jahat dan akan ditunjukan pada tampilan fisik karakter Hero dengan bertumbuhnya sepasang sayap jika kita sering bersikap baik dan tumbuh tanduk iblis jika kita sering bersikap jahat. Tidak hanya menjelajahi dungeon dan menyelesaikan quest, ada simulasi kehidupan yang dapat kita cicipi di dalam game ini, kita dapat membeli dan menyewakan rumah kemudian dapat berkembang menjadi memiliki sebuah toko dan keuntungan yang didapat dari usaha tersebut akan dapat dipergunakan untuk membeli keperluan lain, seperti baju armor, senjata, atau item pendukung. Jika kita meluangkan waktu untuk mengunjungi penyewa rumah dan berinteraksi dengannya, kita bisa mendapatkan beberapa poin Hero. Selain itu juga, kita dapat memilih salahsatu wanita untuk dijadikan sebagai pacar dan melangsungkan pernikahan. Game ini juga menghadirkan total ada 50 senjata legendary yang dapat dikumpulkan. Beberapa diantaranya bisa didapatkan dari quest, toko, dan peti harta karun. Ini menjadi keasikan tersendiri bagi pemain dalam menghabiskan waktu berjam-jam untuk menemukan seluruh senjata legendary tersebut.


Graphic
Walau dengan engine game  yang sama, visual pada Fable 3 mengalami peningkatan yang lebih baik, seperti tekstur dengan kualitas tinggi, refleksi air yang lebih nyata, pencahayaan dan bayangan yang semakin solid, serta animasi yang kian halus dan hidup. Tingkat kedetilan juga semakin meningkat, hal ini terlihat pada armor karakter yang lebih berbobot. Sayangnya, tampilan warna dalam game ini terlihat kurang tajam dan sedikit keabu-abuan.

Overall
Akhir kata, Fable 3 merupakan game RPG fantasi yang menyenangkan dan cukup mengasikan. Penantian lama para gamer PC terbayarkan oleh fitur yang ditawarkan mulai dari cerita permainan yang lebih berbobot, peningkatan gameplay yang lebih mendalam dari dua sekuel sebelumnya, serta visual yang lebih baik.

Fable 3
Developer : LionHead Studios
Publisher : Microsoft Games Studio
Genre : RPG
Release date : 20 Mei 2011
Platform : PC, Xbox360

Score
Story  80
Gameplay  90
Graphic  90
Overall  95


3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here