FIFA 12 dan PES 2012 kini sama-sama mendominasi game sepak bola terbaik. Namun kali ini kita akan membahas dan membedah game FIFA 12. Game sepak bola dari EA Sport kini tidak boleh diremehkan lagi bahkan dari segi gameplay dan visual sudah terlihat semakin berbobot. Dengan menyediakan 500 lebih club resmi yang berlisensi dan 15.000 pemain sepakbola dari seluruh dunia bakal kita temukan didalam game ini. Langsung saja kita lihat lebih dalam pada ulasan dibawah ini.


Gameplay
Pada awal permainan, kita akan disajikan menu permainan yang meliputi mode permainan karir, hingga mode arena latihan yang dapat menghabiskan waktu kita untuk melatih menjadi seorang bintang sepakbola terkenal, seperti belajar trik mengecoh lawan, belajar melindungi bola yang dibawa, hingga belajar menembakan bola ke gawang. Untuk mode permainan karir di FIFA 12 juga mengalami peningkatan dengan menawarkan pengalaman sebagai pemain sepakbola, pelatih, hingga manajer klub sepakbola, yang menjual pemain dari satu klub ke klub lain hingga berkompetisi dalam liga.

Pada FIFA 12, EA memperkenalkan fitur baru yang dinamakan Impact Engine dimana merupakan engine yang menyajikan interaksi fisik seperti di dunia nyata. Disaat dua pemain saling bertabrakan dalam merebut bola akan menyebabkan pemain tersebut terpental dan jatuh dengan seharusnya seperti yang terjadi didunia nyata. Fitur tersebut memang berhasil membuat kita berdecak kagum, namun terkadang juga fitur tersebut gagal dan tidak berhasil menyajikan gaya jatuh yang seharusnya. Dengan adanya engine tersebut juga akan membantu memonitor pemain sepakbola secara realtime untuk menganalisa dampak benturan dan mendeteksi cidera yang dialami saat pertandingan. Hal ini sangat berpengaruh pada saat kita memainkan mode permainan karir yang mengharuskan kita untuk memanajemen pemain sepakbola yang akan ikut bertanding karena akan sangat menentukan kemenangan jika kita tetap memasukan pemain sepakbola yang mengalami cidera daripada pemain yang memiliki stamina bagus.


AI komputer pada FIFA 12 kini juga telah ditambah tingkat kepintaran yang memungkinkan mereka untuk membuat keputusan sendiri dengan bedasarkan karakterisitik mereka dan rekan tim nya dilapangan hijau, seperti kekuatan, kecepatan, dan sebagainya. Pada saat kita melawan AI komputer dengan seting kesulitan yang paling tinggi, kamu akan merasakan betapa susahnya untuk dapat menembus pertahanan mereka. Hal tersebut juga didukung adanya fitur Tactical Defending pada game ini. Untuk fitur inovatif ini akan memberikan penekanan pada strategi bertahan dan mematahkan serangan lawan, seperti melakukan tackle dengan posisi berdiri ataupun dengan posisi meluncur, kemudian ada jockeying yang menghadang pemain lawan dengan saling berhadapan dan mengikuti kemanapun dia bergerak, serta juga push pull, yang berusaha menarik baju pemain lawan supaya kecepatan larinya merambat, dan sebagainya.


Disamping itu juga terdapat fitur Precision Dribbling yang akan menampilkan berbagai macam trik dalam menggiring bola dan melindungi bola yang sedang dibawa. Kita hanya perlu mengkombinasikan tombol arah untuk dapat mengontrol bola yang kita bawa. Pemain sepakbola yang memiliki kemampuan dribbling yang tinggi akan sulit untuk merebut bola yang dibawanya serta memiliki berbagai macam teknik dalam mengontrol bola.

Digame ini juga terdapat 2 pasangan komentator yang diperdengarkan kepada kita saat pertandingan berlangsung, yakni suara komentator Alan Smith dan Martin Tyler serta Clive Tyldesley dan Andy Townsend. Suara komentator juga mengimbangi alur permainan sehingga kita dapat merasakan seperti sedang menonton pertandingan sepak bola di televisi. FIFA 12 juga menghadirkan puluhan gaya kemenangan saat berhasil mencetak gol hanya dengan mengkombinasikan dua tombol saja, maka kita dapat menunjukan gaya bersalto kebelakang, dan sebagainya seperti gaya para bintang sepakbola di dunia nyata.


Graphic dan Sound
Peningkatan visual pada FIFA 12 juga semakin baik dan keren. Animasi gerakan pemain tampak hidup dan tidak kaku lagi, kemudian tampilan stadium sepakbola yang tambah nyata dengan efek pencahayaan dan bayangan yang tampak realistik. Begitu juga dengan muka para pemain sepakbola yang hampir mirip dengan pemain sepakbola didunia nyata serta adanya mimik muka. Seperti tegang dan bola mata yang bergerak.Sedangkan dari segi suara didalam pertandingan tersaji dengan baik dan terdengar jernih saat peluit berbunyi dan bola ditendang juga terdengar sangat pas sekali.

Overall
Game FIFA 12 telah banyak mengalami peningkatan dari game FIFA sebelumnya.
Menu permainan dipresentasikan dengan bagus dan gampang untuk diakses hingga gameplay dengan segudang fitur yang menambah kesan realistis serta soundtrack yang terdengar bagus ditelinga. Jika kamu salahsatu pengemar sepakbola, maka game ini sangat wajib untuk dimainkan.

FIFA 12
Developer : Electronic Arts
Publisher : EA Canada
Genre : Sport
Release Date : 27 September 2011
Platform : PC, Xbox360, Playstation 3

Score
Gameplay. 90
Graphic. 90
Overall.  95

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here