Kebanyakan game pada perangkat Android dan iOS saat ini selalu mengusung fitur online. Baik secara langsung maupun tidak, fitur online ini bertujuan agar kita dapat membandingkan skor atau poin nilai yang telah kita capai dengan kawan-kawan kita. Namun ada juga game yang murni game online, yang mana membutuhkan koneksi internet yang stabil.

IMG_3794

Seperti salah satunya adalah game Afterpulse besutan dari Gamevil. Siapa yang tak tahu Gamevil? Ya, salah satu pengembang dan penerbit ternama di platform Android dan iOS, yang menyuguhkan game online. Beberapa judul game dari Gamevil yang ternama seperti, Zenonia, Kritika, atau Million Arthur, sempat ramai dimainkan oleh pengguna Android dan iOS.

Kini Gamevil mencoba menyuguhkan sesuatu yang berbeda, yaitu dengan merilis sebuah game online bertemakan action, Afterpulse. Namun tidak seperti game-game sebelumnya, Afterpulse ini berupa game tembak-tembakan yang bernuansa online. Bagi penggemar game seperti Counter Strike pasti senang memainkan game ini.

IMG_3795
Tampilan menu utama

Karena berbasiskan online, game ini memiliki beberapa pilihan menu pada tampilan awalnya, seperti menu inventori, shop, pilihan mode permainan, dan beberapa menu pengaturan. Di menu inventori, kita dapat memilih perlengkapan apa saja yang akan digunakan saat berperang melawan musuh nanti, jadi gunakan perlengkapan yang maksimal.

Inventori yang berisi koleksi dari perlengkapan perang
Inventori yang berisi koleksi dari perlengkapan perang
Tampilan menu shop, di sini kita bisa membeli senjata dan perlengkapan lainnya
Tampilan menu shop, di sini kita bisa membeli senjata dan perlengkapan lainnya

Untuk menu shop sendiri sudah bisa ditebak, bahwa di sini kita akan disuguhkan dengan beberapa pilihan senjata yang sesuai dengan gaya bermain masing-masing. Namun jika ingin membeli perlengkapan, baik senjata ataupun perlengkapan lainnya yang menggunakan mata uang biasa pada game ini, bisa dibilang kemampuannya standar. Kita bisa menggunakan Gold untuk membeli perlengkapan atau senjata bintang empat ke atas, namun sifatnya acak karena hanya dijual dalam bentuk box kotak, jadi ya harap-harap cemas deh kalo dapet yang tidak diinginkan.

Dengan berbasiskan Third Person Shooter, kesan pertama saat memainkan game ini adalah, keren ! Grafis yang disuguhkan benar-benar epik untuk sekelas game di smartphone. Apalagi dengan efek-efek pancaran sinar matahari yang sangat mengesankan, seperti kembali bermain game PlayStation 2. Untungnya, bagi Anda yang takut akan melihat darah, pada game ini tidak nampak, hanya sebatas efek visual ledakan dan tembakan saja.

IMG_3811

IMG_3801

Ada dua mode pilihan permainan yang dapat kita mainkan, yaitu single player mode dan multiplayer mode. Di mode single player, kita akan berhadapan dengan komputer yang menurut penulis sedikit bodoh namun cukup pintar juga. Di sini kita akan saling bermusuhan satu sama lain, tidak ada tim ataupun kawan. Mode ini cocok bagi pemula dan sebagai ajang latihan karena bagi beberapa gamer, bermain game action seperti tembak-tembakan di perangkat smartphone sangatlah susah.

Untuk mode multiplayer, kita diwajibkan memiliki koneksi internet yang stabil, pasalnya karena game ini harus bergerak cepat, jika terkendala dalam masalah koneksi kita pasti bakal terkena tembakan lawan terlebih dahulu, atau bisa saja dikeluarkan dari game secara paksa oleh sistem. Kemampuan dari masing-masing pemain pada mode multiplaer ini sangat berbeda dari mode single player, karena yang memainkan adalah orang dari berbagai negara, jadi jangan kaget jika menemui lawan yang sudah pro. Beruntung jika kita satu tim sama dengan pemain pro tersebut. Oh ya dalam mode multiplayer ini terdapat 2 macam mode lagi, yaitu Team Deathmatch yang terbagi menjadi 2 tim, dan Deathmatch yang saling membunuh satu sama lain.

IMG_3805

Room yang disediakan dari sistem game ini, kita hanya butuh menunggu, tidak bisa mengganti tempat ataupun memilih tim
Room yang disediakan dari sistem game ini, kita hanya butuh menunggu, tidak bisa mengganti tempat ataupun memilih tim

Sayangnya pada mode multiplayer ini sistem room permainannya acak, jadi kita tidak bisa bermain dengan kawan kita atau orang terdekat kita. Bahkan tidak bisa memilih tim mana yang akan kita bela, terlebih tempat yang ditentukan oleh sistem juga terkadang membuat jengkel. Dan yang terakhir, absennya fitur chat pada Afterpulse ini sangat-sangat disayangkan karena game online identik dengan chatting.

Sudut pandang orang ketiga atau third person ini bisa menjadi nilai plus dan minus. Plus-nya kita bisa tahu posisi musuh tanpa harus memperlihatkan badan kita, atau dalam posisi sembunyi pun kita bisa mengeksplorasi sekitar kita untuk mewaspadai kehadiran lawan. Minus-nya, dengan mode third person ini terkesan mudah untuk mengetahui posisi lawan kita, dan sebaliknya juga, lawan dapat mengetahui posisi kita, jadi penulis rasa kurang seru.

Cukup putar kamera dan kamu bisa tahu lokasi musuh tanpa harus menampakan badanmu
Cukup putar kamera dan kamu bisa tahu lokasi musuh tanpa harus menampakan badanmu
Ngumpet dulu ah
Ngumpet dulu ah

Overall, dari segi gameplay dan grafis Afterpulse berhasil menyajikan ramuan yang luar biasa. Apalagi dengan grafis dan efek visual yang mengagumkan, sangat jarang game online di perangkat smartphone memiliki kualitas grafis seperti ini. Namun kelebihan semua itu seakan sedikit sirna dengan absennya beberapa fitur online seperti chatting dan manajemen room yang kaku.

Untuk sementara ini, Afterpulse hanya tersedia di perangkat Apple dengan sistem operasi iOS. Belum tahu kapan Gamevil akan membawa game ini ke platform Android, namun bisa dipastikan jika platform Android juga kebagian game ini, pastinya lebih seru karena semakin ramai.

Kelebihan:

  • Kualitas grafis memukau dengan efek visual yang menjanjikan
  • Kontrol mudah dengan pengaturan yang dapat disesuaikan
  • Gameplay menarik, fitur multiplayer yang menjanjikan

Kekurangan:

  • Manajemen room yang kaku
  • Tidak ada fitur chatting

(ND)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here