Apakah Anda masih ingat dengan game Flappy Birds? Ya, game fenomenal itu tekenal mungkin karena tingkat kesusahannya yang bikin siapa saja yang memainkan game itu menjadi emosi. Betapa tidak, untuk melewati satu pipa saja dibutuhkan konsentrasi yang sangat tinggi. Nah, game GoBlock’s Impossible Medley ini mengkombinasikan  game Flappy Birds dengan game lainnya. Tentunya game yang dikombinasikan tersebut termasuk game yang susah untuk dimainkan dan membuat emosi si pemain.

Game GoBlock’s Impossible Medley ini dibuat oleh pengembang game indie bernama Gambreng Games asal Indonesia yang dikenal dengan game kasual untuk smartphone. Gambreng Games sendiri didirikan pada tanggal 23 juni 2013 yang beranggotakan 7 orang pada saat itu. Mereka terdiri dari latar belakang yang berbeda-beda, Riris Marpaung sebagai pustakawan, Dodick Zulaimi Sudirman sebagai dosen TIK, lalu Jason Christian, Albert Van Otto, Thomas Simpson, Kharis Simon dan Dimas Agni yang saat itu masih berstatus mahasiswa.

Nama Gambreng sendiri dipenggal dari kata permanian anak Indonesia yaitu Hompimpa. Game GoBlock’s Impossible Medley bukanlah game pertama yang dikembangkan oleh Gambreng Games, namun pada artikel kali ini kami akan me-review game GoBlock’s Impossible Medley yang merupakan game terbaru dari mereka. Game ini memang memiliki nama yang cukup unik can lucu terutama bila diartikan ke dalam Bahasa Indonesia.

Mungkin game ini adalah game yang paling susah dimainkan dibandingkan game lain yang dirilis oleh Gambreng game. Dari namanya saja sudah diketahui game ini masuk kategori Impossible Game, yaitu game yang susah untuk dimainkan. Meskipun game ini susah dimainkan dan bisa membuat pemainnya emosi, namun game ini cukup adiktif.

Game ini dibagi menjadi tiga segmen yang masing-masing segmen terinspirasi dari Impossible game yang sudah populer. Segmen kotak/blok terinspirasi dari game Impossible Game, segmen segitiga terinspirasi dari game Flappy Birds, dan segmen lingkaran terinspirasi dari game Gravity Guy.

Apa itu GoBlock’s? Yang jelas bukan kata kasar, namun GoBlock itu adalah parodi dari karakter-karakter terkenal yang di visualisasikan menjadi balok atau kotak. Karakter tersebut meliputi Pacman, Super Mario, Superman, Sonic, dan lain-lain. Namun karakter tersebut tidak secara gratis dapat dimainkan, karena game ini menerapkan fitur in-App Purchase sehingga Anda dapat membeli nya seharga 0.9 USD atau Rp12.000.

Bagaimana cara bermainnya? Cara bermainnya cukup mudah, pada segmen pertama Anda akan disuguhkaan sebuah blok yang nantinya Anda harus melewati rintangan-rintangan yang ada dengan cara tap layar smartphone anda, maka blok tersebut akan melompat.

Screenshot_2015-08-08-11-08-18

 

Screenshot_2015-08-08-09-19-09

Setelah Anda melewati rintangan pada segmen pertama, blok yang tadinya berbentuk kotak berubah menjadi segitiga pada segmen kedua. Layaknya pesawat kertas, segitiga itu harus anda mainkan melewati rintangan yang ada di atas dan bawah. Cara bermainnya mirip dengan Flappy Birds, Anda hanya perlu tap layar smartphone Anda.

Screenshot_2015-08-08-11-12-03

 

Screenshot_2015-08-08-11-09-24

Setelah Anda melewati segmen Flappy Birds, maka Anda akan dibawa ke segmen ketiga yang ditandai dengan berubahnya karakter yang sebelumnya segitiga menjadi bulat. Game segmen ketiga ini mengadopsi gameplay dari game Gravity Guy. Pastinya Anda tidak kesulitan jika sebelumnya telah memainkan game itu.

Screenshot_2015-08-08-11-09-42

Screenshot_2015-08-08-11-09-48

Screenshot_2015-08-08-11-10-22

Tertarikkah Anda memainkan game ini? Ketika penulis baru mencoba memainkan game ini, penulis merasakan kekesalan karena susahnya mendapatkan skor. Jangankan sampai ke segmen lingkaran, untuk melewati tantangan di segmen pertama saja sangat sulit. Penulis dapat mencapai segmen ketiga setelah mencoba berkali-kali, itupun juga dibutuhkan konsentrasi yang tinggi. Terkadang setiap setelah game terhenti karena menabrak sesuatu, sesekali akan muncul iklan yang membutuhkan waktu beberapa detik untuk menghilangkan iklan tersebut . Namun kita dapat menghilangkan iklan tersebut secara permanen dengan membayar sebesar 0.9 USD atau Rp12.000, seperti halnya membeli karakter pada game ini.

Menurut penulis game ini cukup menarik, tidak hanya membutuhkan ketangkasan dalam bermain, game ini juga membutuhkan konsentrasi yang sangat tinggi. Karena ingin mengulang dan terus mengulang memainkannya, setidaknya dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk memainkan game ini.

Sekian review game GoBlock’s ImpossibleMedley, sebagai bangsa Indonesia sepatutnya kita ikut menghargai karya anak bangsa Indonesia. Kita tunggu saja untuk game-game menarik lainnya dari Gambreng Games.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here