Smartphone yang memiliki ukuran besar, atau yang sering disebut phablet memang masih memiliki banyak peminat untuk sekarang ini. Dengan hal itulah, banyak produsen smartphone yang meluncurkan handset mereka dengan layar lebar. Salah satunya adalah Leagoo dengan jajaran produk murahnya.

Leagoo Alfa 1

Mungkin Anda masih asing dengan brand smartphone satu ini, karena Leagoo sendiri belum resmi di Indonesia. Kemungkinan besar mereka akan segera mengekspansi pasar smartphone Indonesia, mengingat Leagoo sendiri sudah memasuki pasar Malaysia.

Kali ini kami berkesempatan melakukan review salah satu smartphone dari Leagoo, yakni Alfa 1. Smartphone ini merupakan smartphone low-budget namun masih dibekali dengan spesifikasi yang layak. Jika nantinya Leagoo jadi masuk Indonesia, pastinya smartphone ini akan bersaing ketat dengan brand lokal yang sudah lama malang melintang. Simak review selengkapnya.

Spesifikasi Leagoo Alfa 1:

  • Layar : 5,5 inci dengan resolusi HD 720p
  • Dimensi : 156.2*76.6*7.9mm
  • Chipset : MediaTek MT6580
  • CPU : Quad core 1,3GHz
  • GPU Mali-400 MP
  • RAM : 2GB
  • ROM : 16GB, micro SD
  • Kamera Utama : 13MP, LED flash auto focus
  • Kamera Depan : 5MP
  • OS : Android 5.1 Lollipop
  • Baterai : 3000mAh
  • Konektivitas : 3G HSDPA, WiFi, Bluetooth, GPS/AGPS, FM radio

Kelengkapan dalam box :

  • Sebuah perangkat smartphone Leagoo Alfa 1
  • Buku garansi dan buku petunjuk penggunaan
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • Earphone
  • OTG

Body dan Desain

Untuk sektor body-built, smartphone ini memiliki body yang terbuat dari plastik dengan frame sisi kanan dan kiri terbuat dari logam. Tentu dengan adanya aksen logam pada frame samping menambah kesan elegan dari smartphone ini, meski masih menggunakan  body berbahan plastik. Selain itu, desain yang menyudut membuat smartphone ini terlihat tegas.

Body 1

Untuk peletakan tombol cukup beragam, di mana tombol home terletak di sebelah kanan dan tombol volume di sebelah kiri. Sementara di bagian atas terdapat port micro USB dan audio jack 3.5mm dan di bagian bawah hanya terdapat micro phone. Selain itu, smartphone ini tidak mengusung konsep unibody, sehingga case belakang dapat dibuka. Smartphone ini juga sudah memiliki tiga tombol kapasitif yang terdiri dari opsi, home dan back. Ketiganya juga sudah dilengkapi dengan LED backlit, sehingga tetap terlihat meski di tempat yang gelap.

Body 2

Display dan Antarmuka

Smartphone ini mengusung layar berjenis IPS seluas 5,5 inci dengan resolusi 720×1280 piksel. Meski resolusinya tidak begitu besar, namun performa dari layarnya tidak mengecewakan. Saat berada di bawah sinar Matahari pun, layar smartphone ini masih dapat menyajikan gambar yang cerah dan cukup tajam. Namun layarnya hanya dapat mengenali 5 sentuhan jari saja.

Antarmuka Leagoo Alfa 1

Leagoo Alfa 1 ini sudah menggunakan tampilan antarmuka milik mereka sendiri, yang mirip dengan tampilan antarmuka kebanyakan smartphone asal Tiongkok. Tidak adanya app drawer, mengharuskan semua aplikasi dan widget terpajang di home screen. Untungnya, tampilan antarmuka dari Leagoo Alfa 1 sudah mendukung tema yang sangat beragam, sehingga Anda tidak akan bosan dengan tampilan yang itu-itu saja.

Fitur

Meski dibanderol dengan harga yang murah, namun smartphone ini memiliki fitur yang cukup beragam seperti kebanyakan smartphone lain. Pertama, smartphone ini memiliki fitur Gesture and mMotion yang memungkinkan Anda mengaktifkan layar dengan double tap dan menggambar beberapa bentuk pola untuk mengakses aplikasi tertentu.

Gesture

Selain itu ada fitur gesture motion, di mana Anda dapat menggunakan 2 gerakan. Pertama menggunakan dua jari dengan menariknya dari atas ke bawah, fitur ini memungkinkan Anda untuk mengganti tema. Kedua, Anda dapat menggunakan tiga jari dengan cara yang sama, untuk mengambil screenshot.

Ada juga fitur Mobile Anti-theft, yang mana smartphone dapat mengamankan data Anda di ponsel dengan mengunci atau menghapusnya ketika perangkat hilang atau dicuri. Selain itu masih banyak fitur bawaan dari smartphone ini seperti Smart Stay, Smart Window View, Breathing light, dan lain-lain.

Hardware dan Performa

Karena merupakan smartphone mainstream, jadi tidak ditemui hardware yang istimewa pada smartphone ini, mengingat harga dari smartphone ini juga tidak begitu tinggi. Di sektor dapur pacu ditenagai oleh chipset MediaTek MT6580 yang sudah memiliki prosesor quad core 1,3 GHz dengan GPU Mali-400 MP2. Selain itu, ada juga RAM sebesar 2GB dan penyimpanan internal sebesar 16GB yang masih dapat diperluas menggunakan micro SD.

Berbekal hardware yang sudah cukup tangguh dan menjalankan OS Android 5.1 Lollipop, smartphone sanggup diajak bermulti-tasking. Bermain game juga tidak begitu terkendala, namun tentu untuk game yang membutuhkan grafis berat, smartphone ini cukup ngos-ngosan.

Benchmark

Nenamark 2 leagoo alfa 1

Sementara untuk sensor yang diusung tidak begitu lengkap, yang berhasil terdeteksi hanya sensor accelerometer, dan proximity saja. Jadi dengan absennya sensor magnetik dan gyroscope, smartphone tidak dapat digunakan untuk kompas digital dan virtual reality. Namun hal ini cukup dimaklumi mengingat harga dari smartphone ini yang terjangkau.

LEGO star wars

Kamera

Untuk urusan fotografi, smartphone ini sudah berbekal setup kamera yang apik, di mana kamera utama sudah beresolusi 13MP dengan dukungan LED flash. Terdapat tiga mode pengambilan gambar, yakni normal Face beauty mode, dan pelacak gambar. Menariknya, smartphone ini sudah mendukung gesture untuk pengambilan gambar dengan cara membentuk huruf “V” dengan dua jari. Sementara untuk merekam video dapat mencapai resolusi FHD 1080p.

Bagi Anda yang suka berfoto selfie, smartphone ini telah menyediakan kamera depan beresolusi 5MP dengan fitur mode face beauty dan normal. Kamera depan juga sudah bisa mengenali gesture “V” untuk menangkap gambar.

Berikut beberapa hasil dari kamera Leagoo Alfa 1:

kursi

Mode autofokus outdoor
Mode autofokus outdoor
Indor mode auto
Indor mode auto
Indoor HDR
Indoor mode HDR

Baterai

Karena berbekal layar yang cukup luas, smartphone ini telah dibekali dengan baterai yang cukup besar untuk saat ini, yakni berkapasitas 3.000mAh. Untuk waktu lamanya pengisian hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit, terbilang cukup cepat untuk smartphone mainstream.

Sedangkan untuk penggunaan standar seperti berkirim pesan singkat, bertelefon, menyusuri dunia maya, dan bermain game, Leagoo Alfa 1 mampu bertahan kurang lebih salama 7 jam. Itu juga masih digunakan untuk memutar musik sejenak, berkirim pesan melalui aplikasi pesan instan dan mengakses media sosial.

Kesimpulan

Sebagai smartphone mainstream dengan harga yang cukup terjangkau, Leagoo Alfa 1 nampaknya bisa menjadi penantang smartphone yang memiliki harga lebih tinggi. Namun sayangnya belum ada kejelasan kapan smartphone ini akan resmi masuk ke pasar smartphone Tanah Air. Namun ketika Leagoo resmi masuk Indonesia, para brand smartphone lain patut khawatir dengan kehadiran smartphone ini.

 

Dengan menggunakan ukuran layar dan resolusi yang lebih besar, membuat Leagoo Alfa 1 nampak lebih nyaman dilihat. Dengan mengandalkan layar yang lebih besar, tentu ini akan menarik minat pagi para pecinta game mobile, karena bermain pada perangkat layar lebar akan terasa lebih nyaman.

Dengan harga yang terbilang terjangkau, yakni sekitar Rp1 jutaan, smartphone ini cocok bagi Anda yang mendambakan smartphone besar namun tersendat dengan budget yang terbatas. Selain itu, hadirnya beragam fitur dan spesifikasi yang terbilang lumayan handal, menjadi nilai lebih smartphone ini. Bagi Anda yang sudah tidak sabar dan ingin segera membeli Leagoo Alfa 1 bisa mengikuti link berikut.

Kelebihan

  • Memiliki aksen metal di bagian samping
  • Adanya fitur Fast Charging
  • Layar lebar
  • Memiliki antarmuka sendiri dengan beragam tema
  • Loud speaker keras

Kekurangan

  • Performa baterai standar
  • Belum mendukung jaringan 4G
  • Fitur pada kamera terkesan biasa saja

Daftar pertanyaan yang sering dilontarkan beserta jawabannya:

Q: Sistem operasi yang digunakan Android versi berapa?
A: Android 5.1.1 Lollipop dengan antarmuka milik Leagoo seduru

Q: Adakah telah menggunakan pelindung layar seperti Corning Gorilla Glass atau sejenisnya?
A: Tidak ada

Q: Sudah mendukung jaringan 4G LTE?
A: Belum, masih 3G

Q: Berapa sisa RAM dari Leagoo Alfa 1 ini?
A: Sisa RAM sekitar 1,2 GB

Q: Berapa sisa ROM setelah penggunaan sistem?
A: Memori internal yang dapat digunakan kurang dari 11GB.

Q: Apakah ada LED notifikasi pada smartphone ini?
A: Ada

Q: Bisa main game virtual reality (VR)?
A: Tidak bisa, karena tidak dilengkapi dengan sensor Gyroscope

Q: Apakah panas saat bermain game?
A: Tidak begitu panas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here