Menyasar kalangan entry level, Lenovo sebelumnya telah menghadirkan smartphone berkemampuan 4G, yakni Lenovo A6000. Demi dapat bersaing dengan kompetitor lainnya, Lenovo meluncurkan kembali smartphone tersebut namun dalam kemasan ‘upgrade’, yakni Lenovo A6000 Plus. Tren penamaan plus sendiri saat ini merupakan peluncuran kembali smartphone yang sudah ada di pasaran, namun dengan membawa beberapa peningkatan.

Cover

Nah, untuk Lenovo A6000 Plus sendiri memang tak mengalami banyak perubahan. Terlebih pada desain, smartphone ini bahkan sama persis dengan seri Leovo A6000, karena perubahan pada Lenovo A6000 Plus hanya pada sektor jeroannya saja. Hal ini dilakukan Lenovo untuk bersaing dengan kompetitor dari negara yang sama, yakni Xiaomi yang menghadirkan Xiaomi Redmi 2 Prime di rentang harga yang sama. Untuk lebih jelasnya, kita langsung saja ulas Lenovo A6000 Plus.

Spesifikasi Lenovo A6000 Plus:

  • Dimensi : 141 x 70 x 8.2 mm, 123 gram
  • Layar : IPS 5 inci, HD 720p, 294ppi
  • Chipset : Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410
  • CPU & GPU : Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53; Adreno 306
  • Memori : RAM 2GB; ROM 16GB; Micro SD hingga 32GB.
  • OS : Android KitKat 4.4.4; Lenovo Vibe UI 2.0
  • Kamera : Belakang 8MP AF LED flash; Depan 2MP
  • Konektivitas : WiFi, Bluetooth, GPS, FM radio
  • Jaringan : Dual Micro SIM; EDGE, 3G HSPA, LTE
  • Baterai : 2.300mAh

Kelengkapan Dalam Kotak :

  • Smartphone Lenovo A6000 Plus
  • Kepala Charger
  • Kabel USB
  • Earphone
  • Anti Gores
  • Buku Panduan Manual & Garansi

Desain dan Body

Dari segi fisik maupun desain, Lenovo A6000 Plus tak mengalami perubahan dari seri sebelumnya. Desain smartphone ini masih kotak yang memberi kesan tegas, namun sudut-sudutnya masih tetap melengkung. Case belakang smartphone ini bertekstur doff sehingga cocok bagi Anda yang memiliki tangan mudah berkeringat, karena tidak licin saat berada di genggaman.

Front

Desain tegasnya juga sangat berkelas, mirip seperti jajaran smartphone Xperia dari Sony. Pada sisi depan terdapat tiga tombol kapasitif, yakni menu, home, dan back. Sayangnya, tombol kapasitf smartphone tidak dilengkapi dengan LED backlit, selain itu terdapat logo Lenovo, earpiece, dan kamera depan. Port micro USB dan audio jack 3,5mm terdapat di bagian atas smartphone, sedangkan tombol power/lock dan volume terdapat di sisi kanan.

Dimensi

Layar & Antarmuka

Sama seperti pendahulunya, di bagian display Lenovo A6000 Plus juga tak mengalami perubahan, masih mengusung layar seluas 5 inci berjenis IPS dengan resolusi HD 720×1280 piksel dan memiliki kerapatan 294ppi. Kualitas layar smartphone ini tebilang memuaskan, karena mampu menampilkan gambar dengan detail yang tajam serta kematangan warna yang pas. Dukungan multitouch hingga 5 sentuhan jari juga sebagai nilai lebih. Namun sayangnya, layar Lenovo A6000 Plus tidak dilapisi dengan lapisan pelindung apapun. Oleh karena itu, pada paket penjualan juga disertakan anti gores secara gratis.

Homescreen

Lenovo A6000 Plus mengusung tampilan antarmuka milik Lenovo sendiri, yakni Vibe UI 2.0. Sama seperti kebanyakan antarmuka milik brand lain, di tampilan antarmuka Vibe 2.0 juga tidak ditemui app drawer, sehingga semua aplikasi akan tumpah ruah di home screen. Sebenarnya tampilan antarmuka dari Vibe 2.0 mendukung theme, namun sayangnya pilihan yang disediakan hanya dua saja. Kemungkinan jika Lenovo A6000 Plus mendapatkan update software terbaru, fitur tersebut akan diperbaiki dengan menghadirkan pilihan theme yang beragam. Namun ada yang sedikit menarik dari tampilan antarmuka smartphone ini, Anda dapat menggeser dari kiri ke kanan atau sebaliknya pada bagian atas untuk mengganti wallpaper.

Multitouch
Layar Lenovo A6000 Plus dapat mengenali 5 sentuhan jari sekaligus

Hardware dan Performa

Di sisi jeroan, smartphone ini mengalami beberapa peningkatan dari seri sebelumnya. Jika Lenovo A6000 masih mengusung memori RAM sebesar 1GB dan penyimpanan internal sebesar 8GB, pada Lenovo A6000 Plus meningkat menjadi 2GB RAM dan 16GB untuk penyimpanan internal dan tentunya masih dapat diperluas menggunakan micro SD hingga kapasitas 32GB.

Antutu Bencmark & Quadrant
Hasil Benchmark menggunakan AnTuTu Benchmark & Quadrant Standart

Sedangkan untuk Soc yang diusung masih sama dengan seri sebelumnya, yakni menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 410 dengan prosesor 64 bit quad core 1.2GHz serta pengolah grafis Adreno 306. Menyasar kelas entry-level, smartphone ini terbilang membawa bekal dari sisi jeroan yang lengkap. Bahkan ketika diuji bermain game berat, seperti Dead Trigger, Need For Speed: No Limit,  Subway Surfer, dan lainnya dapat berjalan dengan lancar dan tidak terjadi lag, bahkan untuk kualitas grafisnya tidak mengecewakan.

Saat diuji menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark, smartphone ini mampu menorehkan skor hingga 20149. Sedangkan saat diuji menggunakan Quadrant Standart, Lenovo A6000 Plus mendapatkan skor sebesar 11630. Skor yang dihasilkan smartphone ini memang belum bisa dibilang tinggi, karena smartphone lain dapat menorehkan skor yang lebih tinggi di kelas yang sama. Namun hasil skor yang tinggi bukan jaminan smartphone dapat memberikan performa yang baik.

Nenamark2
Hasil menggunakan NenaMark2

 

Kamera & Multimedia

Masih sama dengan pendahulunya, sektor fotografi dari Lenovo A6000 Plus masih sama mengusung kamera utama berkekuatan 8MP dilengkapi dengan LED flash. Kamera belakangan smartphone ini mendukung pengaturan manual yang cukup lengkap, namun sangat minim fitur pengambilan gambar. Pada pilihan pengambilan gambar hanya tersedia mode auto, video, dan panorama saja. Kamera belakang smartphone ini mampu merekam video hingga resolusi maksimal HD 720p.

Mode Kamera

Sedangkan untuk berfoto selfie atau melakukan video call, smartphone ini dibekali dengan kamera depan berkekuatan 2 megapiksel. Gambar yang dihasilkan kamera smartphone ini terbilang baik saat di konsidi cukup cahaya, namun akan ditemui banyak noise ketika berada di tempat yang kurang cahaya. Menariknya, kamera depan smartphone ini juga dapat merekam video hingga resolusi HD 720p. Namun dari segi fitur, kamera Lenovo A6000 Plus bisa dibilang tertinggal jika dibandingkan dengan smartphone lain yang memiliki beberapa fitur seperti beauty, smile shoot, dan yang lain-lain.

indoor1
Foto Indoor mode auto cukup cahaya
indoor2
Foto Indoor mode auto kurang cahaya
Outdoor1
Foto outdoor kondisi cuaca mendung berawan

 

 

Outdoor2
Foto outdoor mode auto kondisi cerah

Di sektor audio, Lenovo A6000 Plus tidak mengecewakan, untuk kualitas audio yang lebih optimal, smartphone ini telah di dukung oleh equalizer Dolby. Terlebih adanya dua speaker di bagian belakang juga semakin memanjakan pecinta musik. Selain itu, Lenovo A6000 Plus juga masih memiliki fitur FM radio.

Dolby

Konektivitas & Baterai

Di bagian konektivitas, Lenovo A6000 Plus sudah terbilang cukup, tak hanya fitur-fitur umum seperti WiFi, Bluetooth, GPS, dan lain-lain, smartphone ini juga telah mendukung jaringan internet super cepat 4G LTE. Smartphone ini memiliki dua slot SIM card berukuran micro SIM. Namun yang disayangkan, hanya slot SIM satu saja yang mendukung jaringan 4G LTE. Sedangkan untuk slot SIM kedua hanya mendukung jaringan 2G saja, tentunya hal ini merepotkan jika ingin beralih menggunakan SIM 2 untuk berinternetan.

Lenovo A6000 Plus memiliki baterai removable sebesar 2.300mAh, ukuran baterainya terbilang standar. Untuk penggunaan satu SIM card, smartphone ini rata-rata mampu bertahan hingga 13 jam penggunaan normal. Tentunya jika menggunakan dual SIM akan semakin menguras daya baterai. Baterai akan semakin terkuras dengan cepat ketika Anda memainkan game-game dengan grafis yang berat.

Kesimpulan

Dengan mulai beralihnya penggunaan jaringan 4G LTE, kini banyak vendor smartphone Android yang berlomba-lomba menghadirkan smartphone berkemampuan 4G LTE dengan harga yang bersaing. Lenovo dengan smartphone Lenovo A6000 Plus siap bersaing dengan vendor lain dengan rentang harga di atas 1,5 jutaan. Lenovo A6000 Plus selain sudah mendukung jaringan 4G, smartphone ini juga terbilang sudah lengkap dengan berbagai fitur yang diusungnya, terutama pada sektor multimedia.

Versi upgrade dari seri sebelumnya ini juga sudah nyaman digunakan, pasalnya kapasitas RAM-nya naik 2X lipat menjadi 2GB dan memori internal juga meningkat menjadi 16GB. Tentu hal inilah yang menjadi dambaan, karena saat ini masih jarang smartphone yang mempuanyai RAM 2GB dengan kemampuan 4G. Terlebih di bidang multimedia dan hiburan, smartphone ini cukup mumpuni. Untuk bermain game kelas berat pun, smartphone ini masih sanggup dipacu dengan performa yang tak mengecewakan. Selain itu, nilai lebih pada smartphone ini berada pada kualitas audionya yang telah mendukung Dolby dan dual speaker.

Kelebihan Lenovo A6000 Plus:

  • RAM 2GB
  • ROM 16GM
  • Mendukung 4G LTE
  • Dolby Digital Sound
  • DUAL SIM
  • Terdapat mode manual pada kamera

Kekurangan Lenovo A6000 Plus :

  • OS masih KitKat 4.4.4
  • Layar tidak dilapisi lapisan pelindung semacam Gorilla Glass
  • Hanya satu slot SIM yang mendukung 4G LTE

Video Unboxing dan Review Lenovo A6000 Plus :

(rez)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here