Mario Kart telah terbit hingga mencapai sekuel ke 7 yang dimulai sejak zaman SNES, Nintendo64, GBA, NDS, Nintendo Wii, dan yang terakhir 3DS. Judul game ini merupakan salahsatu judul game 3DS yang turut mendongkrak nilai penjualan mesin game tersebut. Dengan hadirnya Mario Kart pada mesin game handheld yang memiliki kemampuan 3D, akankah game tersebut semakin memuaskan para pecinta Mario Kart ? Mari kita simak dibawah ini.

Gameplay
Game ini menyajikan beberapa mode permainan yang mencakup mode GrandPrix, sebuah perlombaan yang mengikutkan 8 peserta dalam 8 kejuaraan Cups yang berbeda-beda. Dalam mode Grandprix ini tersedia 3 kelas balapan, mulai dari 50cc, 100cc, dan 150cc. Saat balapan di kelas 50cc dan 100cc terasa sangat mudah, namun saat berpacu di kelas 150cc anda akan merasakan tantangan, yang dimana para lawanmu akan lebih jago. Mereka akan sering mengincarmu dengan berbagai power ups yang dapat melumpuhkan mobil kart mu dan mobil kart mereka juga semakin cepat meninggalkanmu dibelakang. Kemudian terdapat mode Time Trials, yang mengadu kecepatan menyelesaikan lintasan dalam waktu tercepat. Selanjutnya ada mode Balloon Battle, salahsatu mode permainan favorit, seperti halnya mode permainan deathmatch yang mengadu skill para pembalap untuk saling memecahkan balon lawan sebanyak mungkin, kemudian mode Coin Runners, mode permainan ini cukup menarik dengan berusaha mengumpulkan koin sebanyak mungkin dibandingkan lawanmu. Dan yang terakhir adalah mode Multiplayer yang mendukung hingga 8 pemain.


Pilihan karakter dalam sekuel ini juga semakin banyak dengan hadirnya beberapa karakter baru. Awalnya hanya ada beberapa karakter yang dapat dipilih saja, yakni Mario, Luigi, Princess Peach, Yoshi, Bowser, Donkey Kong, dan Toad. Namun setelah berhasil menjuarai setiap balapan, satu per satu karakter akan terbuka, diantaranya terdapat Koopa Troopa, Princess Daisy, Wario, Rosalina, Shy Guy, Metal Mario, Lakitu, Honey Queen, Wiggler, serta karakter Mii. Sementara itu, sekuel ke 7 ini juga menyediakan sangat banyak lintasan dengan total sebanyak 32 lintasan yang terdiri dari 16 lintasan baru dan juga 16 lintasan lama yang tentu saja telah didesain ulang, diantaranya terdapat Rainbow Road dari SNES, Koopa Beach dari N64, Coconut Mall dari Nintendo wii, Bowser Castle dari GBA, Luigi Mansion dari NDS. Disetiap lintasan didesain dengan sangat kreatif karena balapan tidak hanya terjadi didarat saja namun udara dan juga didalam air. Selain itu, terdapat juga jalur rahasia yang dinamakan Shorcuts. Tidak hanya membantu kita mempersingkat jalur lintasan, tapi jalur rahasia juga menyimpan banyak power ups dan juga koin. Berbagai macam rintangan juga turut bermunculan didalam lintasan, menjadikan balapan semakin menantang karena tidak hanya memacu mobil kart secepat mungkin, tapi juga harus sigap menghindari rintangan, misalnya terdapat kepiting yang bergerak kesana kemari, bola pinball raksasa yang mengelinding, balon-balon udara, bunga pemakan, dan sebagainya.


Kini pada sekuel ke 7, mobil kart anda dapat melayang diudara dengan sayap dan menyelam didasar air dengan mengunakan baling-baling. Dengan melayang diudara ataupun menyelam di air memang sangat bagus untuk menghindari serangan musuh, namun kecepatan mobil kart anda akan menjadi lambat. Adanya fitur kostumisasi mobil kart membuat game ini bertambah menyenangkan. Kostumisasi mobil kart mencakup, bodi mobil kart, roda, dan sayap ataupun baling-baling. Kombinasi sparepart yang benar dapat menghasilkan performa mobil kart yang baik, seperti dengan mengunakan bodi Cloud 9, ditambah roda sponge, dan Flower Glider akan menciptakan mobil kart ini melayang di udara lebih lama dibandingkan dengan kombinasi sparepart yang lain. Sedangkan untuk menciptakan mobil super cepat dapat dengan mengkombinasikan spare part bodi B. Dasher, Slick Tires, dan Super Glider.


Dalam bidang Power Ups, juga mendapatkan tambahan 3 power ups baru, yakni Fire Flower, yang dapat menembakan bola api, kemudian Super Leaf, dapat memunculkan ekor Tanooki pada belakang mobil kart yang bisa dikibaskan pada mobil kart lawan untuk membuatnya terpental ataupun ada serangan yang diluncurkan ke arah kamu dapat dipantulkan kembali dengan mengibaskan ekor Tanooki. Dan yang terakhir adalah Lucky 7, dengan melahap power ups ini, anda akan langsung memiliki 7 power ups dan anda dapat mengunakan secara satu per satu. Disamping dari tiga power ups baru, anda masih menjumpai beberapa power ups lama, seperti kulit pisang, tinta hitam, bom, dan lain-lain.

Koin memiliki peran penting dalam sekuel ini, dengan mengumpulkan koin sebanyak 10 koin akan memberikan sedikit boost pada mobil kart kamu. Dan koin yang berhasil dikumpulkan akan dapat dipergunakan untuk membuka sparepart baru. Fitur terakhir dalam sekuel ini memperbolehkan anda memainkannya dalam sudut pandang orang pertama atau dari sudut pandang kokpit mobil kart dan dapat dikontrol dengan mengunakan fitur Gyro sensor pada mesin 3DS. Jika sudah merasa kelelahan karena mengerakan 3DS, anda masih dapat mengunakan circle pad untuk mengontrolnya.


Graphic
Peningkatan yang cukup menarik perhatian dalam Mario Kart 7 adalah kini tampil dalam format 3D. Memainkannya dalam mode 3D terlihat sangat indah dan efek 3Dnya berasa saat cahaya matahari menembus pepohonan rindang hingga kotak power ups yang terlihat lebih berbobot. Namun akan lebih baik jika fitur 3D dimatikan saat ingin berkonsentrasi penuh dalam memenangkan balapan. Disamping dari efek 3Dnya, visual pada sekuel ke 7 ini tentu saja lebih bagus dibandingkan dengan sekuel Nintendo DS. Visual disepanjang permainan tampak terang dipadu dengan warna-warni yang lembut dan cerah. Beberapa efek juga turut mempermanis visual saat balapan, seperti bunga sakura yang berguguran, gelembung udara yang bermunculan saat kita menyelam di air, bahkan para karakter juga menunjukan ekspresinya saat berhasil melahap koin-koin yang terlihat sangat gembira.

Overall
Jika dibandingkan gameplay pada sekuel sebelumnya, kurang lebih masih sama, namun dengan adanya peningkatan seperti fitur kostumisasi mobil kart, karakter dan lintasan yang lebih beragam, serta hadirnya power ups baru dan mode permainan yang lebih variatif, membuat sekuel ini sangat memuaskan para pecinta game Mario Kart. Dengan tampil dalam format 3D menambah nilai lebih pada game kasual ini. Mario Kart 7 merupakan salahsatu judul yang patut diperhitungkan.

Mario kart 7
Publisher : Nintendo
Developer : Nintendo
Genre : Racing
Platform : Nintendo 3DS

SCORE
Gameplay  80
Graphic  80
Overall  85


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here