Semakin hari, teknologi yang diusung pada smartphone semakin canggih. Seiring dengan meningkatnya kemampuan di segala aspek, membuat para vendor smartphone mau tidak mau harus bersaing dari segi harga jual. Langkah ini yang diambil oleh Meizu dalam menghadirkan smartphone berkemampuan canggih namun memiliki banderol harga yang terjangkau.

Meizu M2 Note - Front

Bagi Anda yang memiliki jiwa muda, pastinya mendambakan smartphone yang dapat memenuhi segala kebutuhan mobilitas serta kebutuhan hiburan. Dengan harga yang cukup terjangkau, Meizu M2 Note ini menghadirkan semua kebutuhan Anda.

Desain dan Bodi

Meizu M2 Note mengusung desain unibody, yang berati baterai smartphone ini tidak dapat dilepas. Sedangkan untuk memasukan SIM card dan micro SD, Anda dapat menggunakan SIM ejector yang telah disertakan dalam paket penjualan, untuk membuka SIM tray yang ada pada sisi kanan. Smartphone ini menggunakan SIM berukuran NANO dan dapat membaca dual SIM. Namun jika Anda ingin menggunakan micro SD, maka Anda harus merelakan salah satu dari SIM card.

Meizu M2 Note - Side

Bahan casing yang digunakan Meizu M2 Note ini adalah polycarbonate glossy yang menawarkan berbagai warna-warna cerah sehingga mirip iPhone 5c. Meski berukuran besar, smartphone ini tergolong nyaman di genggaman, ini karena desain membulat pada sisi belakang smartphone yang membuatnya tetap nyaman digenggam. Namun karena bertekstur glossy, bagi tangan Anda yang mudah berkeringat, bodi smartphone ini terasa licin.

Meizu M2 Note - Back

Smartphone ini memiliki ketebalan 8.7mm yang bisa dibilang pas untuk smartphone yang mengusung embel-embel “Note”. Terlebih desain dari sisi depan smartphone ini terlihat berkelas, ditambah tombol mBack yang dimiliki smartphone ini memiliki sisi aluminium yang menambah kesan berkelas. Anda akan mendapati tombol volume dan power pada sisi kiri serta port audio jack di sisi atas. Sedangkan pada sisi bawah terdapat port micro USB, speaker, serta micro phone.

Layar dan Antarmuka

Meizu M2 Note mengusung panel layar yang terbilang diatas rata-rata smartphone seharga 2 jutaan. Smartphone ini mengusung layar seluas 5,5 inci dengan resolusi Full HD 1080×1920 piksel dan kerapatan piksel 403ppi. Jenis panel yang digunakan smartphone ini adalah IGZO dari Sharp, yang diklaim mampu menampilkan gambar lebih tajam, tingkat sensifitas meningkat 5x lipat, dan 2x lebih hemat energi dari panel layar biasa. Layarnya tetap nyaman meski digunakan dibawah matahari langsung, terlebih kerapatan layar ini membuat Anda semakin dimanjakan.

Homescreen Meizu M2 Note

Untuk tampilan antarmukanya, Meizu M2 Note mengusung antarmuka milik Meizu sendiri, yakni Flyme OS 4.5 yang telah menggunakan sistem operasi Android Lollipop 5.1 sebagai basis sistem operasinya. Tampilan yang disuguhkan terbilang interaktif, terlebih dikombinasikan dengan mBack, smartphone ini cukup nyaman saat digunakan bernavigasi. Tombol mBack sendiri memiliki 2 fungsi yang berbeda, jika Anda menyentuhnya tombol ini berfungsi sebagai tombol back, jika menekannya maka akan berfungsi sebagai tombol home.

Status Bar

Smartphone ini tidak menghadirkan tombol recent apps karena tombol yang dimiliki hanya satu buah saja. Sebagai gantinya, Anda dapat menarik layar dari bawah ke atas untuk menampilkan multitask bar. Tampilan Flyme OS 4.5 ini tidak memiliki app drawer, sehingga semua aplikasi akan tampil di halaman utama.

Flyme OS

Hardware

Dari sektor dapur pacu, Meizu M2 Note tergolong handal, dengan mengusung chipset dari MediaTek, yakni MT6753 yang memiliki prosesor octa-core 1.3GHz 64 bit, dapat mengakomodir semua aktivitas sehari-hari. Didukung dengan pengolah grafis Mali-T720, smartphone ini dapat menjalankan game 3D berat sekalipun.

Selain itu, dukungan RAM sebesar 2GB juga menambah kelancaran smartphone ini saat digunakan untuk multitasking. Terlebih dengan dukungan Android Lollipop pada Flyme OS 4.5 yang tergolong optimal dalam mengalokasikan semua sumber daya yang ada, termasuk penggunaan memori dan penggunaan sumber daya. Untuk penyimpanan internalnya, Meizu M2 Note memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 16GB yang masih dapat diperluas menggunakan micro SD, namun harus mengorbankan salah satu dari nano SIM.

AnTuTu Benchmark
AnTuTu Benchmark

Dengan kombinasi dari semua itu, Meizu M2 Note menghadirkan performa yang tak mengecewakan, terlebih dengan harga yang relatif terjangkau, smartphone ini dapat memainkan game bergrafis berat serta ber-multitasking tanpa terjadi lag. Saat diuji performanya menggunakan AnTuTu Benchmark, smartphone ini menorehkan skor 31592 yang menempatkannya di bawah LG G3.

Nenamark
NenaMark

Untuk mendukung performa dari smartphone ini, Meizu M2 Note berbekal baterai sebesar 3100mAh yang meupakan buatan dari Sony/ATL. Karena mengusung desain unibody, baterai pada smartphone ini tak bisa dilepas. Beruntung kapasitas yang diberikan pada smartphone ini tergolong besar sehingga dapat bertahan seharian dengan penggunaan yang lumayan berat.

Test

Konektivitas

Untuk saat ini, banyak pengguna yang menuntut smartphone harus serba bisa meskipun smartphone tersebut dibanderol dengan harga yang murah. Tidak berlebihan jika mengatakan bahwa Meizu M2 Note ini serba bisa. Terlebih dengan harga yang cukup terjangkau, Meizu M2 Note menghadirkan fitur dual SIM dual standby yang mana telah mendukung jaringan 4G LTE ( TD-LTE dan FDD-LTE).

Karena telah mendukung 4G LTE ( TD-LTE dan FDD-LTE), smartphone ini dapat mendukung semua jaringan 4G LTE yang ada di Indonesia. Selain itu, fitur konektivitas umum seperti Wi-Fi, Bluetooth, GPS, dan lainnya juga pastinya turut hadir dalam smartphone ini.

Kamera dan Multimedia

Untuk bagian hiburan seperti kamera, Meizu M2 Note dirasa cukup memenuhi, terlebih smartphone ini mengusung kamera Samsung CMOS 13MP. Dengan dukungan dual tone LED flash, gambar yang dihasilkan saat minim cahaya nampak lebih baik. Mode kamera yang disajikan pun cukup beragam, mulai dari auto, manual, beauty, panorama, scan barcode, light field, dan slow motion. Kamera belakangnya juga tegolong cepat untuk menangkap gambar, karena telah didukun oleh zero shutter speed.

Kamera mode

Tentunya kalangan remaja sangat mendambakan kamera depan yang mumpuni untuk berfoto selfie, dan Meizu M2 Note ini cocok untuk memenuhi kebutuhan itu. Kamera depan smartphone ini beresolusi 5MP yang memiliki sudut pandang yang cukup luas. Kualitas dari kamera depan smartphone ini terbilang handal jika hanya untuk sekedar berfoto selfie. Terlebih, hadirnya fitur beauty dapat meningkatkan kualitas foto selfie Anda.

Kamera manual
Mode Manual

 

Indoor auto
Indoor auto
Indoor auto
Indoor auto
Outdoor auto
Outdoor auto
Outdoor auto
Outdoor auto

Kesimpulan

Bersaing di rentang harga 2 jutaan memang tidak mudah, telebih banyak pesaing yang berasal dari Tiongkok dengan harga yang tak kalah menggiurkan serta spesifikasi yang mumpuni, salah satunya Xiaomi Redmi Note 2. Namun Meizu M2 Note ini tetap dapat menjadi incaran Anda, terlebih bagi Anda yang gemar menggunakan fitur-fitur multimedia seperti kamera dan lain-lain. Dukungan hardware dan sistem operasi Android terkini juga menambah daya tarik smartphone ini, karena performanya yang terbilang handal untuk multitasking atau bermain game bergrafis 3D yang berat.

Layar yang luas, serta nyaman saat digunakan di bawah sinar matahari juga semakin menempatkan smartphone ini ke jajaran smartphone dengan spesifikasi yang mumpuni. Selain itu, desain yang diusung Meizu M2 Note ini juga terlihat premium yang membuatnya seperti smartphone flagship.

Kelebihan (+)

  • Layar 5,5 inci FHD yang jernih dan tajam
  • Kapasitas memori RAM & ROM yang luas
  • Dual SIM 4G LTE
  • Desain berkelas
  • Flyme OS 4.5 & Android Lollipop 5.1
  • Pengisian baterai cepat

Kekurangan (-)

  • Bodi terasa licin jika berkeringat
  • Tidak ada radio FM
  • Suara yang dihasilkan terasa garing
  • App Store hanya berbahasa Mandarin

Warna : White, Gray, Blue, Pink

Harga : Rp1.999.000

Spesifikasi :

Layar : IGZO capacitive touchscreen, 5.5 inches 1080 x 1920 pixels (~403 ppi pixel density)
Dimensi/Berat : 150.9 x 75.2 x 8.7 mm / 149 g
Processor : Chipset Mediatek MT6753, Clock Speed Octa-core 1.3 GHz Cortex-A53
GPU : Mali-T720MP3
RAM : 2 GB RAM
Memori : Internal 16/32 GB , Eksternal microSD, up to 128 GB (uses SIM 2 slot)
OS : Flyme OS 4.5, Android 5.1 Lollipop
Jaringan : HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps
Konektivitas : WWi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, Wi-Fi Direct, microUSB v2.0, USB Host, Bluetooth V4.0
Kamera Belakang : 13 MP, autofocus, dual-LED (dual tone) flash, Video 2160p, 1080p@30fps
Kamera Depan : 5 MP
SIM : Dual SIM (Nano)
Baterai : Non-removable 3100 mAh

Kelengkapan :

  1. Meizu M2 Note
  2. Adaptor
  3. Kabel USB
  4. SIM Ejector

Simak juga video review dari Meizu M2 Note.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here