Smartphone dengan ukuran layar 5,5 inci memang menarik, dan saat ini menjadi trend yang sedang populer. Namun bagi sebagian orang, ukuran yang lebih compact merupakan kelebihan tersendiri jika dibandingkan dengan phablet berbodi bongsor. Hal inilah yang dihadirkan Meizu pada smartphone Meizu M2. Smartphone ini hadir dengan dimensi yang nyaman digenggam namun spesifikasi masih tetap gahar di kelasnya.

Meizu M2

Smartphone ini menyasar segmen entry level, dimana kebanyakan konsumen di level ini merupakan kaum muda. Dengan spesifikasi yang bisa dibilang menggoda, rasanya Meizu M2 ini cocok bagi Anda yang mendambakan smartphone berspesifikasi lengkap serta memiliki desain manis khas anak muda.

Spesifikasi:
Dimensi : 140,1 x 68,9 x 8,7 mm, 131 gram
Prosesor : Mediatek MT6735 quad-core 1,3 GHz
GPU : Mali-T720MP2
RAM : 2 GB
ROM : 16 GB, micro SD
Layar : IPS 5 inci (1.280 x 720 piksel)
Kamera : 13 MP & 5MP (1.080p @30fps)
Baterai : 2.500 mAh
Sistem Operasi : Flyme OS 4.5 (Android 5.1)
Jaringan : 4G, 3G, EDGE
Sensor : Accelerometer, proximity, compass

Kelengkapan dalam kotak :

  • Smartphone Meizu M2
  • Kabel USB
  • Adaptor
  • SIM Ejector
  • Buku panduan manual & garansi

Desain dan Body

Sekilas desain smartphone ini sangat mirip dengan Meizu M2 Note yang telah hadir terlebih dahulu di Indonesia, dan yang membedakan smartphone ini dengan smartphone sebelumnya hanya ukurannya yang lebih kecil dan lebih compact. Desain Meizu M2 terlihat sangat trendi dengan bezel yang tipis serta sudut-sudutnya yang membulat sehingga membuatnya terasa nyaman digenggam. Terlebih pilihan warna-warna yang beragam juga semakin memaniskan tampilan smartphone ini. Meizu M2 memiliki pilihan warna abu-abu, putih, biru, dan pink, namun saat ini di Indonesia hanya tersedia warna putih saja.

Front

Meizu M2 mengusung desain unibody dan dibalut dengan casing yang terbuat dari bahan polycarbonate, bahan jenis ini membuat tampilan smartphone tidak terkesan murahan meski berdesain glossy. Namun bagi Anda yang memiliki telapak tangan basah atau mudah berkeringat, saat digenggam smartphone ini akan terasa licin. Namun secara keseluruhan, bahan yang digunakan Meizu untuk membalut smartphone ini terbilang lebih baik ketimbang bahan plastik biasa yang terkesan murah.

Back

 

Pada sisi bagian depan, smartphone ini hanya terlihat memiliki satu tombol yang disebut mBack, selain itu dibagian atas juga terdapat earpiece yang berdampingan dengan kamera depan. Pada sisi kanan terdapat tombol power/lock dan volume, sedangkan pada sisi kiri hanya terdapat slot SIM tray. Pada sisi bawah terdapat speaker, microphone dan port micro USB, dan port jack audio terdapat di sisi atas smartphone.

Side

Port

 

Antarmuka Flyme OS 4.5 & Sistem Operasi

Meizu M2 mengusung layar seluas 5 inci berjenis IPS dengan resolusi HD 720p. Layar smartphone ini juga telah menerapkan fully laminated yang dapat meminimalisir refleksi serta memiliki kerapatan 296 ppi yang dapat menampilkan gambar tajam.

Flyme OS 4.5

Smartphone ini menjalankan sistem operasi milik Meizu sendiri, yaitu Flyme OS 4.5 yang mana berbasis OS Android Lollipop 5.1. Sistem operasi Android Lollipop sendiri dikenal sangat handal menjalankan tugas multitasking serta efisien dalam penggunaan daya.

Setting

Tombol mBack pada smartphone ini memilii dua fungsi, yakni jika hanya disentuh maka akan befungsi sebagai tombol back, sedangkan jika ditekan akan berfungsi sebagai tombol home. Meski hanya memiliki satu tombol saja, Anda masih bisa mengakses recent apps dengan cara mengusap layar dari bawah ke atas.

Layar Meizu M2 mampu mengenali 10 sentuhan jari
Layar Meizu M2 mampu mengenali 10 sentuhan jari

Seperti tampilan antarmuka lain, Flyme OS juga mendukung theme. Hanya saja, bahasa yang tersedia masih berupa bahasa mandarin. Banyak pilihan theme pada Flyme OS 4.5, ada yang berbayar dan ada juga yang gratis. Absennya app drawer juga mengingatkan kita pada MIUI milik Xiaomi yang mengadopsi tampilan ala iPhone.

Performa & Hardware

Meizu M2 mengusung chipset MT6735 dari MediaTek yang memiliki prosesor quad core 64 bit Cortex-A53 dengan clock speed 1.3GHz dan pengolah grafis Mali-T720MP2. Dengan fitur MediaTek’s CorePilot™, prosesor dan CPU dapat bekerja bersama-sama denan efisien, sehingga dapat menghasilkan performa yang maksimal. Didukung dengan kapasitas RAM sebesar 2GB, membuat kinerja smartphone ini terasa lebih optimal terutama dalam hal multitasking.

Skor AnTuTu Benchmark
Benchmark menggunakan AnTuTu Benchmark

Bagi pecinta game dengan budget terbatas, smartphone ini cocok bagi Anda yang gemar memainkan game mobile. Bermain game kelas berat menggunakan smartphone ini tak menuai kendala yang berarti. Bermain game dengan resolusi HD 720 juga akan meringankan beban GPU dalam merender grafis. Dengan begitu, bermain game berat menggunakan smartphone ini akan terasa lebih menyenangkan.

Benchmark menggunakan Quadrant Standart
Benchmark menggunakan Quadrant Standart

Untuk media penyimpanan internalnya, Meizu M2 menyediakan kapasitas penyimpanan sebesar 16 GB. Kapasitas penyimpana smartphone ini juga masih bisa diperluas menggunakan micro SD hingga kapasitas 128GB. Slot micro SD pada smartphone ini menjadi satu dengan SIM card, jadi jika Anda ingin menggunakan micro SD Anda harus merelakan salah satu SIM milik Anda. Untuk masalah tenaga, smartphone sudah dibekali baterai sebesar 2.500mAh.

Benchmark menggunakan NenaMark 2
Benchmark menggunakan NenaMark 2

Kamera & Mutimedia

Menyasar kalangan kaum muda, kelebihan pada sektor kamera merupakan suatu daya tarik tersendiri, karena kini anak-anak muda cenderung kreatif menggunakan kamera. Meizu M2 tak ingin ketinggalan dengan brand lain pada sektor kamera, smartphone ini telah menggunakan kamera utama sebesar 13MP dengan sensor CMOS dari Samsung yang menggunakan lima elemen lensa serta memiliki aperture F/2.2.

Outdoor mode auto
Outdoor mode auto (Kondisi minim cahaya / pagi hari)
Outdoor HDR
Outdoor mode autoHDR

Sedangkan bagi Anda yang suka narsis atau foto selfie, smartphone ini menyedakan kamera depan sebesar 5MP dengan dukungan fitur FotoNation 2.0. Ada beberapa mode pada kamera smartphone ini, yakni auto, manual, beauty, panorama, light field, scan, dan slowmotion. Bagi anda yang gemar fotografi, smartphone ini cocok untuk Anda.

Outdoor
Outdoor mode auto (Kondisi cahaya terang)

Menariknya, kedua kamera ini sama-sama dapat merekam video hingga resolusi Full HD atau 1080p. Musik player dan video player smartphone ini juga sudah bisa dibilang bagus. Namun yang disayangkan, FM radio absen pada smartphone ini.

Indoor manual
Indoor mode manual
Indoor mode auto
Indoor mode auto

Konektivitas & Fitur

Meski memiliki harga yang di bawah 2 juta Rupiah, namun sektor konektivitas smartphone ini terbilang lengkap, sebut saja WiFi, Bluetooth, GPS, GLONASS, serta yang tak kalah penting dari smartphone lain adalah kemampuannya yang telah mendukung jaringan internet super cepat 4G LTE. Smartphone ini mendukung dual SIM berukuran nano yang keduanya juga dapat menangkap sinyal 4G LTE.

Smartphone ini juga telah dilengkapi dengan fitur gesture wakeup, dimana tersedia 12 pilihan untuk menghidupkan layar atau mengakses aplikasi dengan cara menggambar polanya ketika layar dalam keadaan mati. Smartphone ini juga memiliki fitur smart touch berupa tombol analog virtual yang funsinya bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Kesimpulan

Dengan banderol harga di bawah 2 juta Rupiah, Meizu M2 termasuk smartphone dengan spesifikasi yang menggoda. Bahkan harga Meizu M2 di negara asalnya dibanderol dengan harga yang lebih tinggi ketimbang di Indoneisa. Meizu M2 di Tiongkok dibanderol sekitar 1,8 juta Rupiah, sedangkan di Indonesia berada di kisaran harga 1,6 juta Rupiah.

Selain harga yang terjangkau dan spesifikasi yang terbilang handal di kelasnya, Meizu M2 juga memiliki desain yang tidak pasaran. Bentuk smartphone ini sangat mirip dengan Meizu M2 Note yang memiliki bentuk khas smartphone besutan Meizu lainnya.

Kelebihan :

  • Dual SIM 4G LTE
  • Kamera utama 13MP, depan 5MP (Resolusi kamera tergolong besar di rentang harga yang sama)
  • RAM 2GB
  • Performa memuaskan
  • Flyme OS 4.5 berbasis Android 5.1 (Antarmuka terbilang atraktif serta navigasi yang mudah digunakan)

Kekurangan:

  • Tidak ada fitur FM radio
  • Tidak dilengkapi dengan earphone
  • Output loud speaker kurang maksimal
Video unboxing dan review dari Meizu M2 :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here