Setelah sukses dengan game strategi Men of War, 1C Company sebagai developer game ini pun telah menebarkan beberapa ekspansion pack untuk game strategi mereka, diantaranya Red Tide, Assault Squad, dan hingga saat ini ekspansion terbaru yang berjudul Men of War Vietnam. Yup peperangan kali ini akan berseting pada perang Vietnam ditahun 1968.


Gameplay
Men of War Vietnam menghadirkan 2 campaign dari 2 sisi yang berbeda, yakni dari pasukan amerika dan pejuang Viet Cong dengan tiap campaign terbagi menjadi 5 misi yang dimana tiap misi terdapat beberapa objektif yang harus diselesaikan. Walau hanya 5 misi saja, tapi untuk menyelesaikan sebuah misi bisa saja membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 4 jam atau bahkan bisa lebih dari itu. Boleh dikatakan game strategi ini cukup sulit dan bikin frustasi, sangat tidak cocok untuk pemain pemula dan pemain yang tidak sabaran. Pada mode Campaign juga memiliki fitur kooperatif hingga 4 pemain lain sehingga lebih seru saat berkoordinasi taktik bersama pemain lain dalam menyelesaikan misi. Berbicara tentang misi-misi dalam game ini berkisar pada penyelamatan pilot, mengevakuasi reporter, melindungi konvoi, hingga menyelinap ke dalam markas musuh. Sayangnya misi-misi yang ada dalam game Men of War Vietnam tidak berbeda jauh dengan game Men of War sebelumnya.


Gameplay dari game ini juga tidak berbeda jauh dengan game sebelumnya, dimana game ini bukanlah seperti game Real Time Strategy lain yang harus merekrut sumber daya untuk membangun markas kemudian membuat pasukan sebanyak mungkin untuk menyerbu musuh. Pada game strategi ini, kita diberikan sekelompok infantri terkadang juga disertakan beberapa kendaraan perang. Saat salahsatu dari unit tersebut mati maka kita harus tetap menyelesaikan misi dengan kekuatan unit seadanya saja. Namun pada misi berikutnya, infantri yang mati akan kembali muncul lagi.


Dengan tampilan kamera dari atas ke bawah atau disebut tampilan Bird Eye, kita dapat dengan mudah melihat lingkungan sekitar untuk menerapkan taktik dan strategi dalam menyelesaikan berbagai objektif yang diberikan. Tidak hanya mengatur strategi dan taktik berperang saja, Digame ini juga terdapat elemen RPG, dimana kita bisa saja mengontrol salahsatu unit infantri saja dari beberapa unit yang ada serta membidik langsung target yang ingin ditentukan. Fitur yang cukup inovatif ini dinamakan mode Direct-Control. Kemudian kita juga dapat mengatur persenjataan yang akan digunakan dan inventori yang akan dibawa oleh tiap infantri.


Kita juga dapat mempersiapkan cara mereka bertempur, menyeting mereka untuk tiarap, jongkok, hingga berlari. Kita juga dapat mengatur posisi mereka bersembunyi dengan sistem berlindung yang adiktif, hanya dengan menempatkan pointer mouse pada sisi objek akan memunculkan beberapa posisi terbaik untuk bersembunyi dibalik objek tersebut dan tinggal dieksekusi supaya infantri kita bergerak ke posisi tersebut. Kita juga dapat mengintip dan mengambil persenjataan, amunisi, dan medkit milik musuh yang telah tewas hanya dengan mengunakan tombol shortkey atau aksi cepat. Secara keseluruhan pada sekuel ini tidak ada peningkatan yang cukup berarti, hanya terdapat tambahan senjata baru seperti AK-47, M-14, RPG-2, dan lain-lain. Serta beberapa unit perang baru, seperti helikopter. Disamping dari penambahan tersebut, game strategi ini memiliki gameplay yang tetap sama dan hanya dibalut dengan tema peperangan di vietnam saja.

Graphic

Tampilan grafis pada game ini memang tidak ada perubahan dan lebih banyak didominasi warna hijau karena seting lingkungan permainan yang berada dihutan vietnam dan cukup terasa nyata dengan pepohonan yang bergerak kesana-kemari karna tertiup oleh angin. Game ini juga memberikan fasilitas zoom in yang lumayan dekat pada unit infantri kita, namun sayangnya model infantri saat di lihat dalam kondisi dekat terlihat payah, sedangkan untuk model kendaraan perang dan objek di lingkungan permainan terlihat cukup baik.
Disepanjang permainan juga tidak diiringi oleh musik permainan namun diiringi oleh suara latar, seperti suara daun yang bergesekan saat tertiup angin dan suara serangga serta kicauan burung ditengah hutan.


Overall
Sebetulnya sekuel ini lebih memfokuskan pada pertempuran sekelompok infantri yang bergerilya daripada pertempuran berskala besar. Game ini memberikan kebebasan menerapkan taktik dan strategi, cuman sayangnya masih ada bug yang ditemukan disepanjang permainan dan ini cukup menganggu dalam menyelesaikan misi serta gameplay yang berjalan lambat yang mengharuskan kita lebih bersabar saat infantri bergerak ataupun merayap.

Men Of War Vietnam
Developer : 1C Company
Publisher : 1C Publishing EU
Genre : Strategy
Release Date: 9 September 2011

Score
Gameplay. 80
Graphic. 80
Overall. 85

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here