Review Modem MiFi Andromax M2P Huawei 4G LTE E5573 dari Smartfren

Review Modem MiFi Andromax M2P Huawei 4G LTE E5573 dari Smartfren

by -

Juni lalu, Smartfren mengumumkan akan merilis jaringan 4G LTE nya di 6 kota, Semarang, Yogyakarta, Solo, Malang, Surabaya, dan Denpasar.

Nah kali ini, tim BeritaTeknologi.com akan mereview seberapa tangguh sih modem yang dihadirkan oleh Smartfren?

Dalam paket pembelian modem MiFi Huawei E5573 ini, yang akan kita dapatkan nantinya adalah, sebuah perangkat modem Huawei E5773, kepala charger dengan slot USB yang dapat dilepas beserta kabel USB nya, kartu garansi, petunjuk penggunaan dalam bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, baterai Li-on 1500mAh, serta tidak ketinggalan dalam paket pembelian juga disertakan kartu perdana 4G LTE dari Smartfren.

Paket penjualan yang disertakan dalam paket pembelian
Paket penjualan yang disertakan dalam pembelian

Modem MiFi ini sudah mendukung jaringan 4G LTE kategori 4 sehingga dapat mencapai pada kecapatan 150Mbps untuk unduh dan kecepatan unggah sampai dengan 50 Mbps. Jaringan yang digunakan Smartfren kali ini adalah LTE FDD 850 MHz serta LTE TDD 2.300 MHz.

Dalam penggunaannya sangat mudah sekali, kita cukup menekan 3 detik tombol yang berada di tengah hingga lampu indikator baterai dan sinyal menyala dan langsung saat itu juga dapat digunakan. Untuk menyambungkannya ke modem ini sangat mudah, kita tinggal mencari SSID pada modem tersebut serta memasukan password yang tertera pada balik tutup cover belakang Untuk indikator sinyal pun kami mendapati terdapat 3 petunjuk, warna hijau untuk sinyal kuat, warna hujau muda untuk sinyal sedang, dan merah untuk sinyal lemah atau tidak ada sama sekali.

Saat sinyal yang kami dapat kuat
Saat sinyal yang kami dapat kuat
Saat sinyal tidak bagus
Saat sinyal tidak terlalu bagus

Saat tim kami akan melakukan percobaan, kami mendapati sinyal yang berbeda-beda dan kami menggeser-nggeser hingga mendapatkan indikator hijau alias sinyal kuat. Percobaan yan kami lakukan berada di pusat Kota Semarang. Untuk hasil lebih lanjutnya bisa dengan melihat hasil speedtest berikut ini.

sm tang
sm1

SM5

sm4

sm3

sm2

Hasil yang kami dapati tidak stabil, namun kebanyakan stabil di angka sekitar 13-15Mbps, lumayan menjanjikan jika diandingkan dengan sinyal HSPA+ yang sudah ada saat ini.

Selain itu, dalam modem MiFi ini juga terdapat soket pigtail yang berguna jika Anda mempunyai antena eksternal, sehingga memungkinkan untuk mendapatkan sinyal yang lebih baik jika menggunakan antena tersebut. Untuk letaknya sendiri bersebelahan dengan soket micro USB yang digunakan untuk mengisi daya pada baterai modem MiFi besutan Huawei tersebut. Dengan mencongkel dengan kuku, cover plastik penutup socket tersebut akan terlepas. Tak ketinggalan juga terdapat tombol reset jika sewaktu-waktu Anda ingin mengatur ulang modem Anda ke pengaturan awal.

sf1
Baterai yang terpasang pada modem MiFi ini
sf3
Soket micro USB dan pigtail yang berjajar
sf2
Tombol reset yang letaknya di belakang modem

Bonus kuota yang disertakan dalam paket pembelian totalnya sebanyak 4.5GB dan terbagi oleh waktu dalam penggunaannya. Untuk penggunaan selama 24 jam akan mendapatkan 1.5GB, dan 3.5GB berlaku untuk pukul 01.00 hingga pukul 06.59. Bagaimana jika kuota kita sudah habis? Dengan melakukan pengisian pulsa minimal sebesar 100.000 Rupiah, maka akan mendapatkan total kuota 19GB yang dibagi menjadi 3 dalam penggunaannya. 5GB kuota utama dan 2GB kuota bonus yang dapat digunakan selama 24 jam, serta kuota malam sebanyak 12GB dari pukul 01.00 sampai pukul 06.59.

Bagaimana? Apakah kota Anda sudah terdapat sinyal 4G LTE dari Smartfren ini?

NO COMMENTS

Leave a Reply