Review Moto G5S Plus Indonesia Si Ponsel dengan Fitur Lengkap & Kamera...

Review Moto G5S Plus Indonesia Si Ponsel dengan Fitur Lengkap & Kamera Ganda

Motorola yang sempat menghilang dari Indonesia kembali hadir dengan Lenovo di balik layar, menghadirkan produk-produk baru di negara kita dengan mempertahankan konsep ponsel Moto. Walau sebenarnya banyak varian ponsel Moto yang ada, tapi hanya sebagian yang diboyong ke sini. Bagusnya , salah satu tipe ponsel yang memiliki harga terjangkau namun dengan spesifikasi dan fitur menarik serta lengkap hadir juga di Indonesia, yaitu Moto G5S plus. Dan kali ini kami akan mereview ponsel Moto G5S plus ini dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Sebelum membuka dan membahas perangkat Moto G5S Plus, pertama-tama kita lihat penampakan kotak kemasan penjualan perangkat ini:

Lalu kita lihat yuk apa saja isi paket penjualan ponsel Moto G5S Plus di Indonesia:

  • 1 Unit Ponsel Moto G5s Plus
  • 1 Kepala Charger
  • 1 Kabel MicroUSB
  • Buku Panduan/Readme
  • Buku Safety, Regulatory & Legal ( Buku garansi tidak disertakan dan informasi garansi disertakan melalui OS yang bisa diakses melalui menu Setting > Legal Information > Warranty )
  • 1 Earphone

Berikut ini foto isi paket penjualannya:

Lalu kita lihat yuk pertama-tama seperti apa spesifikasi Moto G5S Plus:

  • Layar 5.5 inci FULL HD (1080p)
  • CPU Snapdragon 625 kecepatan 2.0 Ghz
  • GPU Adreno GPU 506
  • Kamera belakang 13MP aperture f/2.0 (Dual camera) dengan Dual LED Flash
  • Kamera depan 8Mp aperture f/2.0 dengan LED Flash
  • RAM 4GB
  • ROM/Internal Storage 32GB
  • Baterai: 3000 mAh
  • Berat: 168 gram
  • Fingerprint sensor
  • Dual Sim (Slot hibrid, salah satu bisa difungsikan untuk Nano Sim card/Micro SD dan tidak bisa bersamaan)
  • NFC
  • Sistem operasi: Android 7.1.1
  • Konetivitas 4G yang juga mendukung VOLTE

Harga Moto G5S Plus: Rp 3.3 juta rupiah

DESAIN & BODI

Kami mulai dengan desain yah, karena memang apa yang kita lihat sangatlah penting … maklum banyak yang ngejudge the book from the cover .. wajar kan yah. Dari desain secara keseluruhan memang tergolong biasa saja bentukan dari Moto G5S Plus yang menampilkan lengkungan yang kuat di ujung-ujungnya. Walau terkesan biasa, namun desain perangkat ini bukan jelek juga, hanya saja tidak bisa dibilang keren… nah bingung ga? 😀

Namun apabila melihat bodi belakang,  saat mengamati permukaannya terlihat kesan metal yang berkualitas disematkan pada ponsel ini. Dan terlebih kalau hape ini dipegang terasa MANTAP brosis, di mana kesan kokohnya langsung bisa dirasakan. Terlebih ada keunikan tersendiri di bagian belakang yaitu di bagian kameranya karena bentuknya tidak seperti biasanya, ada bentuk seperti robot imut dengan lingkaran hitam yang memiliki 2 mata yang sebenarnya sensor kamera dan bagian seperti mulut yang merupakan  DUAL LED Flash, supaya jelas, bisa perhatikan foto berikut:

Bisa dibilang kalau Anda mencari ponsel dengan kualitas bangun bodi yang bagus dan kokoh, jangan bingung lagi karena hape ini tergolong salah satu yang memenuhi kriteria tersebut.

Dari sisi ketebalan, ponsel ini tergolong cukup slim namun ada sedikit tonjolan di bagian belakang di bagian kamera yang kalau dilihat dari samping tampak terlihat lebih tebal dari bodi sekelilingnya. Coba perhatikan foto berikut:

PERANGKAT LUNAK/SOFTWARE

Dari sisi perangkat lunak, Moto G5S Plus ini dilengkapi OS Android 7.1.1 Nougat dan Stock ROM yang memiliki kelebihan lebih ‘enteng’ dari sisi performa maupun penggunaan kapasitas data karena tidak menambahkan layer Kustom UI tambahan.  Kami juga senang mendapati ponsel ini tidak disisipi banyak bloatware, ada beberapa aplikasi bawaan yang kami rasa tidak mengganggu dan justru bisa berguna seperti LinkedIn, Outlook, Catfiz (aplikasi pesan buatan Indonesia) serta Babe yang tentunya sudah tidak asing bagi yang hobi membaca berita, dan apabila Anda tidak menyukainya maka bisa mencopot pemasangan aplikasi tersebut.

Namun apabila Anda mencari aplikasi Galeri, tidak akan Anda dapati di ponsel ini, karena ponsel ini hanya menyediakan aplikasi Google Photos untuk melihat dan mengorganisasi foto. Jadi bila Anda kurang menyukai aplikasi Photos ini, Anda perlu mencari aplikasi ‘galeri foto’ alternatif dan menginstall sendiri dari Play Store.

Anda bisa melihat tampilan aplikasi apa saja yang terinstall dari awal (klik utk perbesar):

Moto G5S Plus menyediakan fitur khusus “Moto” yang disediakan dalam aplikasi dengan ikon ‘Moto’ yang menawarkan Moto Actions serta Moto Display.

  • Moto Actions menyediakan pengaturan navigasi satu jari, serta fungsi lain hanya dengan menggunakan gerakan tangan/aksi yang sesuai.
  • Moto Display menyediakan pengaturan layar untuk blue light saat malam hari serta notifikasi saat layar mati.

Kedua fitur tersebut dapat Anda lihat pada screenshot berikut:

 

KELENGKAPAN SENSOR

Kelengkapan sensor Moto G5S Plus tidak begitu lengkap di mana sensor orientasi dan magnet yang cukup berguna tidak disertakan pada perangkat ini.  Anda bisa melihat tampilan hasil deteksi Sensor Box berikut:

 

PERFORMA

Untuk soal performa, Moto G5S Plus tidak perlu dipertanyakan karena dibekali dengan Snapragon 625 berkecepatan 2.0Ghz yang handal untuk berbagai kebutuhan baik soal multimedia, pekerjaan maupun gaming plus ketahanan baterai yang baik. Saat kami menguji perangkat ini, tidak terasa lag saat menggunakan berbagai aplikasi, navigasi layar juga terasa lancar serta mulus..

Berikut ini hasil benchmark Antutu serta Geekbench 4 dari Moto G5S Plus (klik utk perbesar):

Hasil benchmark Antutu Moto G5S Plus menorehkan skor: 63728

Lalu hasil benchmark Geekbench 4 CPU dari Moto G5S Plus menghasilkan skor 854 untuk single core dan 4278 untuk multi core, sedangkan untuk GPU , skornya adalah 2578.

Hasil skor Antutu ini sediit lebih rendah dari skor milik Lenovo P2, namun skor Geekbench 4 malah sedikit lebih tinggi dari Lenovo P2.  Jadi bisa dikatakan kurang lebih seimbang dibanding Lenovo P2 yang sama-sama menggunakan Snapdragon 625.

Hasil pengujian game:

  • Galaxy Fire 2 HD: Saat kami memainkan Galaxy Fire 2 HD, grafis yang dihasilkan tampak bagus dan lancar.
  • Asphalt 8: Pengujian game Asphalt 8 tidak menemui masalah dan gaming berjalan mulus dan lancar jaya.
  • Implosion: Pengujian game Implosion terasa lancar, tidak terasa lag

Berikut ini beberapa screenshot dari game saat kami melakukan pengujian (klik utk perbesar):

KAMERA

Kamera pada Moto G5S Plus memiliki UI yang khas di mana ada tombol di layar untuk fokus menampilkan lingkaran kuning yang bisa kita geser untuk mengatur exposure atau klik pada tengah-tengah lingkaran untuk penentuan  otomatis.

Kamera Belakang

Kamera belakang Moto G5S Plus memiliki dua sensor kamera belakang (dual camera) dengan resolusi 13MP yang memiliki fitur menarik yaitu mode ‘Depth Enabled’ untuk mendapatkan efek bokeh/kedalaman yang memanfaatkan kedua sensor kamera bersamaan. Anda dapat melakukan edit efek kedalaman setelah melakukan pengambilan foto dengan mengklik foto yang kita ingin ubah pada aplikasi Photos yang menampilkan ikon ‘Depth Enabled’.

Ada tiga fitur editing efek kedalaman yang disediakan yaitu :

  • Selective Focus
  • Selective B&W
  • Replace Background (mengganti latar)

Anda bisa melihat tampilan menu editing dari Depth Editor berikut ini:

Selain mode Depth Enabled, Moto G5S Plus juga memiliki Mode Manual serta Panorama, selain mode ‘Photo’ sebagai default yang memberikan fitur pengaturan auto. Untuk mode manual Anda bisa mengatur shutter speed, exposure, white balance, ISO, serta focus sesuai yang diinginkan.

Saat LED flash diaktifkan dalam pengambilan foto, kami mendapati gambar yang dihasilkan agak kekuningan yang kami rasa merupakan efek flash sehingga warna yang dihasilkan menjadi kurang natural.

UI Kamera Belakang

 

 

Berikut ini contoh hasil kamera belakang:

Lalu Anda bisa melihat dua foto berikut di mana salah satu menggunakan efek bokeh dan satunya tidak:

Dan hasil dari Replace Background foto botol sebelumnya bisa dilihat pada foto berikut:

Lalu untuk hasil dari Selective B&W (mengubah latar menjadi hitam putih) dapat dilihat pada foto berikut:

Berikut ini dua foto dengan efek bokeh di siang hari dalam kondisi outdoor:

Kamera Depan

Kamera depan pada Moto G5S Plus memiliki sensor 8MP dan dilengkapi LED Flash, namun tidak dibekali kamera ganda. Saat kami mengujinya kualitas gambar yang dihasilkan kurang memuaskan, terutama saat pada kondisi indoor dengan cahaya tidak maksimal, terlebih lagi pada kondisi kurang cahaya, kualitas foto yang dihasilkan tergolong kurang dan noise terlihat cukup jelas.

UI Kamera Depan

Pada saat kamera depan diaktifkan, Moto G5S Plus menampilkan tombol pengaturan HDR, flash,  beautification filter, serta timer.  Anda juga dapat memilih mode Panorama, maupun Manual seperti di gambar berikut:

Berikut ini contoh hasil foto selfie:

Baterai 

Baterai Moto G5S Plus ini tergolong memuaskan bagi kami, untuk penggunaan secara wajar, ponsel ini dapat bertahan satu hari tanpa charge ulang dan pengisian daya dari 40% sampai 100% hanya memerlukan waktu 1 jam saja, dan untuk dari kosong sampai penuh kurang lebih 1 jam 40 menitan saja karena ada fitur Turbo Power yang merupakan fitur fast charging dari Moto G5S Plus yang memungkinkan pengisian daya yang cepat.

Kelebihan dan Keunggulan Moto G5S Plus ini: 

  • Dual Camera di bagian belakang memungkinkan efek bokeh yang bisa disesuaikan
  • Kualitas Build/Bodi yang baik
  • Spesifikasi dan Fitur tergolong lengkap
  • Baterai Tahan Lama dengan waktu charge cepat
  • Jaringan mendukung VOLTE

Kekurangan Moto G5S Plus:

  • Kamera belakang kurang memuaskan saat low light
  • Kualitas kamera depan kurang bagus
  • Slot Hibrid
  • Kadangkala efek bokeh yang dihasilkan kurang natural

2 COMMENTS

Leave a Reply