Menyambung ending di game Saint Row 2 yang dimana geng Saint Row telah bergabung dengan perusahan besar yang bernama Ultor Corp dan menjadi semakin sukses dan terkenal, namun mereka masih tetap melakukan perampokan pada bank, yang ternyata merupakan bank milik kelompok geng internasional. Alhasil tugas mereka gagal total dikarenakan para staff bank telah dipersenjatai, sehingga membuat mereka sedikit kerepotan, ditambah lagi pasukan polisi yang segera tiba di lokasi berhasil meringkus mereka. Tapi pada akhirnya mereka dibebaskan juga dari penjara oleh geng internasional tersebut yang dinamakan The Syndicate, dan menawarkan sebuah kerjasama yang tidak menguntungan bagi geng Saint Row. Akhirnya mereka menolak dan berupaya melarikan diri dengan terjun payung dari pesawat terbang. Namun Johnny, salahsatu anggota Saint Row mencoba menghalangi para musuh dan tertembak. Inti cerita dalam game ini berkisah tentang perang antar geng. Anda akan berperan sebagai Boss geng Saint Row yang mencoba membalas dendam, membangun kembali, dan mengambil alih kekuasaan kota dengan menghancurkan geng pesaing, yang terdiri dari Morning Star, Dekker, dan Luchadares. Ketiga geng tersebut masih dibawah kekuasaan geng intenasional, The Syndicate.

Dari cerita diatas, mungkin terlihat serius namun saat awal memulai permainan sudah terasa unik dan lucu, mulai dari intro permainan yang mengunakan ala Star Wars hingga disepanjang permainannya, misalnya saat misi terjun dari pesawat, anda akan menemukan sangat banyak cargo dan mobil yang terjatuh dari pesawat, padahal saat kita berada diruang cargo pesawat, hanya tampak sedikit saja dan sewaktu berada diudara anda harus menghindari benda-benda tersebut agar tidak menabraknya. Tidak disangka lagi, dari atas udara saja kamu bakal saling tembak menembak dengan para musuh yang ikut terjun dari atas pesawat. Pokoknya jalan cerita dalam game ini cukup gila dan rusuh.


Gameplay
Saint Row merupakan sebuah game Open World seperti halnya pada game Grand Theft Auto, Driver, dan sebagainya. Kita dapat bebas menjelajahi kota SteelPort yang sangat luas, apakah hanya sekedar berkeliling saja sambil membuat kekacauan ditiap sudut kota, menyelesaikan berbagai misi sampingan, ataupun menyelesaikan misi utama dengan alur cerita yang unik dan penuh parodi lucu, seperti ada gameplay ala Modern Warfare yang dimana keinginan Boss merampok gudang senjata militer dan mengunakan senjata muktahir predator drone untuk menyerang para militer yang mengepung mulai dari Tank, Helikopter tempur, dan mobil Humvee. Ada juga gameplay balap mobil ala Need for Speed, WWE, Dead Rising, World of Warcraft, dan sebagainya. Sedangkan misi sampingan game ini bersifat mini game saja, misalnya mengunakan Tank untuk menghancurkan mobil Limo, melindungi rekan kita dari musuh-musuh yang mengejarnya, dan sebagainya.

Game ini termasuk game yang sangat komplit dengan menghadirkan beragam jenis persenjataan serta kendaran yang unik sebagai transportasinya, mulai dari pesawat jet, UAV Drone, tank, motor hover, hingga truk zaman dahulu. Sedangkan dari persenjataannya meliputi Pistol, SMG, Assault rifle, Granat, Chainsaw, Satchel Charge, pedang samurai, senjata mainan yang dapat menyetrum, air strike dengan sinar laser untuk menandai target, senjata otomatis mobil RC, dll. Selain mengunakan senjata, karakter anda juga dapat memukul dan membanting musuh dengan gaya-gaya  yang keren.


Seperti game GTA, anda dapat bebas membajak mobil warga sipil yang melintas dan membunuh warga sipil, namun konsekuensinya anda bakal dikejar-kejar oleh pasukan kepolisian yang memiliki Wanted meter hingga paling tinggi mencapai bintang 5. Sementara itu, juga ada Wanted meter dari geng musuh yang mengejarmu. Dengan membunuh warga sipil dan geng musuh serta menyelesaikan misi yang ada, kita bisa mendapatkan poin repect yang setara dengan poin EXP serta uang yang dapat digunakan untuk mengupgrade. Dengan terus melakukan upgrade akan membuat karakter anda semakin berkembang. Fitur upgrade yang mengunakan respect poin dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan karakter yang mencakup peningkatan jumlah health, mempercepat regenerasi health, hingga meningkatkan jumlah pengikut geng atau bawahanmu.

Sedangkan upgrade yang mengunakan uang, meliputi berbelanja pakaian, membeli berbagai properti untuk mendatangkan income secara terus menerus, hingga membeli senjata baru dan mengupgradenya dengan beragam aksesoris pendukung seperti teropong, peredam suara. Kemudian uang juga dapat digunakan untuk mengupgrade mobil yang kita miliki juga. Kostumisasi memiliki porsi besar dalam game ini, anda dapat menciptakan karakter anda sesuai dengan kreasimu, mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki, kemudian dapat mengonta-ganti pakaian hingga mengunakan kostum boneka, bahkan bisa juga diseting tidak berpakaian sama sekali. Selanjutnya anda juga dapat mendandani kendaraanmu dan fiturnya sama lengkapnya dengan fitur kustomisasi pada karakter, mulai dari pelek ban, sayap belakang, bemper mobil, hingga menganti warna kendaraan dan menambahkan tabung nitro.


Selain memainkan mode solo campaign, masih ada permainan Whored Mode yang dapat kita mainkan, mode tersebut mendukung beberapa pemain secara online dalam menghadapi gelombang demi gelombang musuh yang mencoba membunuh kita. Pada pertengahan gelombang, anda juga dapat mengunakan tank dan berbagai jenis persenjataan, serta musuh yang dihadapi sangat beragam, mulai dari geng pesaing, zombie, dan sebagainya.

Graphic
Secara tampilan, sekuel ketiga ini memiliki visual yang sangat indah dibandingkan dengan sekuel keduanya. Dengan visual yang kekartunan sangat cocok dengan konsep gameplay game ini yang unik. Walaupun kekartunan, visualnya masih terlihat mendekati realistik, tidak seperti Saint Row 2 yang benar-benar sangat kartun banget dan jelek visualnya. Animasi gerakan karakter di Saint Row 3 sangat mulus dan luwes, ditambah lagi adanya efek fisik yang membuat musuh tertembak dan jatuh dengan sebagaimana mestinya. Dari segi audio, game ini memiliki beberapa saluran radio yang menyediakan berbagai jenis musik, mulai dari musik hip-hop hingga musik klasik. Juga adanya perpaduan soundtrack game yang menyatukan dengan misi membuat game ini terlihat keren. Kemudian dari suara akting karakter terdengar cukup bagus dan lucu saat berkomentar.

Overall
Saint Row 3 merupakan sebuah game free roaming yang bagus dan sangat unik, game ini benar-benar tidak membuat bosan dengan jalan cerita yang rusuh dan unik. Konsep respect dan uang untuk upgrade diterapkan dengan sangat jenius dalam gameplay game ini. Bagi Gamers yang menyukai permainan Grand Theft Auto wajib mencoba game ini juga, dan bakal membuatmu ketagihan.

Saint Row The Third
Publisher : THQ
Developer : Volition
Genre : Action Adventure
Platform : PC, Xbox360, Playstation 3

SCORE
Gameplay. 80
Graphic. 80
Overall. 85

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here