Tak ada habisnya Samsung dalam merilis jajaran produk smartphone buatannya. Dengan menghadirkan lini terbaru dengan varian 2016, ada perubahan pada smartphone mereka bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yang pastinya mengalami peningkatan. Salah satunya adalah Samsung Galaxy J5 2016 yang bakal kita ulas lebih dalam.

coverfix

Seperti biasa, sebelum kita membahasnya lebih dalam, kita beberkan terlebih dahulu spesifikasi Samsung Galaxy J5 2016 ini. Penasaran? Cekidot mas sis dan mbak bro

Spesifikasi Samsung Galaxy J5 2016:

  • Layar: 5,2 inci Super AMOLED dengan resolusi HD 1280×720
  • Jaringan : EDGE, 3G, HSPA, 4G LTE
  • Chipset : Qualcomm Snapdragon 410 quad core 1,2GHz + GPU Adreno 305
  • Memori: 2GB RAM + 16GB memori internal (support micro SD)
  • Kamera : 13 megapiksel pada bagian belakang, autofocus, touch focus, LED flash + 5 megapiksel pada bagian depan + LED flash
  • Sensor: Accelerometer, proximity dan suara
  • Baterai: 3100mAh removable
  • SIM: Dual micro SIM / dual on
  • OS : Android 6.0.1 Marshmallow
  • Harga: Rp 3.000.000 per September 2016

Ukuran box atau dus pada perangkat ini juga sama dengan perangkat Samsung yang lain, minimalis dan cenderung nge-pas dengan ukuran smartphone. Nah untuk isi dusnya kita cari tahu yuk apa aja yang disediakan Samsung pada paket penjualan Galaxy J5 2016 ini.

unboxing-galaxy-j5-2016

  • Seperangkat Samsung Galaxy J5 2016
  • Buku panduan singkat
  • Baterai berjapasitas 3100mAh
  • Kepala charger dengan output 1,55A
  • Headset
  • Kabel USB
  • NFC tag untuk S Bike mode

Dari gambar bisa dilihat bahwa paket penjualan yang disediakan oleh Samsung pada Galaxy J5 2016 tergolong lengkap. Masih menyertakan headset yang sudah jarang terdapat pada beberapa merek, serta ada NFC tag untuk penggunakan S Bike mode.

Desain dan Bodi

Dibandingkan dengan Galaxy J5 yang telah dirilis pada tahun 2015, sekilas tidak ada yang nampak berbeda pada bagian depan maupun belakangnya. Hanya saja dimensi pada Galaxy J5 2016 lebih besar karena mengusung layar yang lebih luas, 5,2 inci (Galaxy J5 menggunakan layar 5 inci). Tata letak sensor kamera depan dan belakang serta lampu kilatnya hanya ditukar saja bila dibandingkan dengan Galaxy J5. Desain speaker berubah, yang tadinya berbentuk garis-garis menjadi berbentuk elips utuh.

bodi-galaxy-j5-2016-0

Seperti smartphone saat ini yang ada di pasaran, frame atau rangka yang digunakan pada Samsung Galaxy J5 2016 ini sudah berbahan metal, menambah kesan premium bila dibandingkan dengan seri sebelumnya. Pada tepian layar terdapat lis krom yang cukup mengkilap, hanya saja kami merasa perlu hati-hati dalam penggunaannya karena biasanya lis seperti ini mudah terkelupas warnanya.

bodi-galaxy-j5-2016-3

Terdapat tombol fisik untuk mengakses menu dan tombol kapasitif yang ada dua, yakni “Back” pada bagian kanan dan “Recent Apps” di bagian kiri. Sayangnya pada smartphone ini tidak dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari, serta tombol kapasitif yang tidak dibekali dengan LED backlit. Untuk tombol fisik home atau menu kami merasa sedikit rawan karena untuk penggunaan biasa terdapat garis-garis seperti bekas tergores. Terdapat sensor kamera 5 megapiksel yang bertengger di sisi bagian kiri atas beserta lampu kilat di sisi kanan atas.

bodi-galaxy-j5-2016-1

Bagian belakang Samsung Galaxy J5 2016 berbahan plastik seperti dengan seri sebelumnya. Selain itu juga dapat dilepas mengingat pada paket penjualannya terdapat baterai yang dalam keadaan terlepas. Ada kamera 13 megapiksel pada bagian tengah atas yang ditemani dengan sebuah lampu kilat dan sebuah speaker.

bodi-galaxy-j5-2016-2

Saat dibuka terdapat dua buah slot kartu SIM dengan ukuran Micro SIM yang sudah mendukung jarigan 4G LTE, serta kedunya dapat aktif secara bersamaan. Bila ingin menambahkan kartu memori micro SD, tidak perlu khawatir harus mengorbankan salah satu slot kartu SIM karena terdapat slot kartu memori terpisah. Sehingga selain dapat menggunakan kartu memori micro SD tambahan, dapat juga menggunakan dua kartu SIM sekaligus.

bodi-galaxy-j5-2016-4

Layar

Pada Galaxy J5 2016 Samsung menggunakan layar yang lebih luas seperti yang telah kita katakan di atas, yakni 5,2 inci. Meski masih mengusung resolusi HD 1280×720 piksel, panel yang digunakan berasal dari andalan Samsung sendiri, Super AMOLED. Dengan panel ini kualitas warna yang dihasilkan pada layar smartphone ini lebih cerah dan lebih tajam.

layar-galaxy-j5-2016-1

Soal jarak tepian layar dengan sisi bodi dikatakan tidak banyak, namun juga tidak bisa dikatakan bezelless. Tingkat kecerahan layarnya meski tidak terlalu terang, namun tetap dapat digunakan di luar ruangan, terutama di bawah terik sinar matahari berkat adanya fitur outdoor mode. Yang cukup disayangkan adalah, Samsung belum melapisi layar ini dengan pelindung semacam Corning Gorilla Glass. Jadi kami menyarankan untuk menggunakan pelindung layar tambahan.

Samsung juga menyediakan mode yang dapat dipilih sesuai penggunaan smartphone ini dalam menghasilkan warna. Seperti diantaranya mode Adaptive display, AMOLED cinema, AMOLED photo dan basic. Setiap mode ini menyajikan warna yang berbeda-beda yang dapat disesuaikan dengan penggunaan.

layar-galaxy-j5-2016-0

Antarmuka

Tidak asing nampaknya bila kita membahas antarmuka pada Samsung Galaxy J5 2016. Kita tahu bahwa smartphone ini telah dibekali dengan tampilan antarmuka milik Samsung sendiri, TouchWiz UI. Desainnya pun tidak berbeda jauh dengan jajaran smartphone Samsung yang lain. Basis sistem operasi yang digunakan pada Galaxy J5 2016 adalah Android 6.0.1 Marshmallow.

antarmuka-galaxy-j5-2016

Mirip dengan smartphone dari Samsung yang pernah kita ulas sebelumnya, tidak jauh berbeda desain antarmuka yang terdapat pada Galaxy J5 2016 ini. Baik dari segi tampilan pada aplikasi bawaan, tampilan menu pengaturan, serta home screen yang sangat identik.

Selain itu juga, kita bisa melakukan kustomisasi pada tampilan perangkat ini karena Samsung telah menyediakan aplikasi tema. Banyak sekali tema yang disediakan oleh Samsung dan dapat dipilih sesuai dengan selera berdasarkan kategori yang ada. Ada tema yang berbayar namun ada juga yang gratis, dan yang pasti tema gratisan tidak kalah kerennya dengan tema berbayar, hanya saja kembali ke masalah selera masing-masing.

screenshot_20160826-092156

Fitur

Samsung membekali fitur yang dirasa sangat berguna bagi yang senang berselancar di dunia maya, yakni fitur Ultra Data Saving. Fitur ini disebut-sebut mampu menghemat penggunaan kuota data selama mengakses internet hingga 50%. Saat kami mencoba pun benar, penggunaan kuota mampu dipangkas hingga 50%.

screenshot_20160826-091807

Cara kerjanya pun cukup simpel, saat kita mengaktifkan mode Ultra Data Saving, maka secara otomatis kita akan berselancar menggunakan server milik Opera, atau dikenal dengan nama Virtual Private Network (VPN). Namun yang perlu dicatat adalah, bila mengaktifkan mode Ultra Data Saving maka gambar yang ditampilkan akan mengalami kompresi, begitu juga dengan video yang kita tonton. Tapi menurut kami kualitasnya masih bisa diterima dan dinikmati.

uds-galaxy-j5-2016-0

Lalu ada fitur yang tidak asing pada perangkat Samsung seperti fitur One Handed Operation yang berguna bila ingin menggunakan smartphone dengan satu tangan. Untuk mengaktifkannya juga mudah, yakni dengan menekan tombol home sebanyak tiga kali dengan cepat. Sayangnya tidak dapat mengatur ukuran layar tersebut, hanya saja mengubah posisinya di sisi kanan atau kiri.

screenshot_20160826-091948

Kemudian Samsung juga menyematkan fitur gestur seperti, Smart Alert yang bakal memberikan notifikasi getar pada perangkat smartphone saat diangkat dari posisi layar menghadap ke bawah. Ada juga Easy Mute yang dengan mudah akan  mensenyapkan panggilan masuk atau men-silent, dengan cara membalikan posisi layar smartphone ke bawah meja. Tidak ketinggalan ada pintas untuk akses kamera dengan cara menekan tombol menu dengan cepat sebanyak dua kali.

gesture-galaxy-j5-2016-0

Seperti jajaran smartphone Samsung yang lain, disini kita bakal menjumpai fitur Easy Mode. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, fitur ini menjadikan icon nampak lebih besar, sehingga memudahkan penggunaan, terutama untuk orangtua atau bagi yang memiliki jari besar. Tidak hanya icon saja melainkan tulisan yang ditampilkan juga membesar.

easymode-galaxy-j5-2016-0

Kamera

Samsung menggunakan sensor kamera 13 megapiksel pada bagian belakang, serta 5 megapiksel di bagian depannya. Bila menilik spesifikasinya tidak jauh berbeda sensor kamera yang terdapat pada Galaxy J5 2016 dengan J5 yang dirilis tahun lalu. Sehingga untuk sensor kamera belakang ini mirip dengan seri tahun lalu

kamera-blkg-galaxy-j5-2016-0

Yang menjadi pembeda adalah, pada kamera depan di Galaxy J5 2016 sensor yang digunakan memiliki bukaan diafragma f/1.9, sedangkan pada Galaxy J5 bukaan diafragma f/2.2. Untuk sensor kamera belakangnya sendiri masih sama, dengan ukuran yang sama 28mm dan memiliki bukaan diafragma f/1.9.

kamera-depan-galaxy-j5-2016-0

Mode yang terdapat pada Samsung Galaxy J5 2016 ini tergolong lengkap, hanya saja tidak sebanyak seperti jajaran Galaxy A 2016, seperti mode Auto, Pro, Panorama, Continuous shot, Beauty face, Sound & shot, serta Sports. Sayangnya kita juga tidak bisa menambah mode tambahan seperti yang terdapat pada jajaran Galaxy A 2016. Selain itu, mode yang absen pada Galaxy J5 2016 ini salah satunya adalah HDR, Night dan Animated GIF.

screenshot_20160826-092552

Seperti yang sudah kita bahas juga, mode Pro pada Galaxy J5 2016 ini hanya sebatas mengatur besar kecilnya ISO, eksposure serta White Balance. Untuk mengatur fokus sayangnya tidak tersedia pada smartphone ini.

Dalam membidik objek foto, kami merasakan kecepatan fokus sensor kamera ini tergolong cepat meski tidak secepat jajaran Galaxy A dan flagship Samsung. Namun dalam mengambil foto, bisa dikatakan cepat karena tidak sampai satu detik untuk menjepret objek foto. Yang menarik dari smartphone ini adalah, pada bagian depannya terdapat lampu kilat yang dapat digunakan untuk ber-selfie di ruangan yang kurang cahaya. Nah bagi yang sudah penasaran bagaimana hasil foto Samsung Galaxy J5 2016, langsung aja nih.

Multimedia dan Performa

Membahas soal multimedia, kami merasa dengan layar seluas 5,2 inci beresolusi HD 720p dan telah menggunakan panel Super AMOLED sudah lebih dari cukup untuk sekadar digunakan menonton video atau film. Untuk speakernya sendiri kami cukup terkejut, pasalnya bentuk dan ukurannya kecil namun dapat menghasilkan kualitas suara yang cukup lumayan. Suaranya menurut kami lantang, bahkan tergolong jernih, hanya saja untuk efek bass dirasa kurang “nendang”.

speaker-galaxy-j5-2016-1

Performa yang disajikan oleh Samsung Galaxy J5 2016 ini menurut kami tidak jauh berbeda dengan beberapa smartphone entry level yang ada di pasaran. Hal ini lantaran chipset yang digunakan adalah Qualcomm Snapdragon 410 yang masih quad core, dengan kecepatan 1,2GHz. RAM yang tersedia juga seperti kebanyakan smartphone saat ini, sebesar 2GB.

screenshot_20160818-165807

Untuk bermain game HD kami merasa smartphone ini sedikit kewalahan karena pengolah grafis yang digunakan adalah Adreno 306, yang merupakan kelas entry level. Sehingga dalam menampilkan grafis pada game HD terasa kurang maksimal. Kami mencoba memainkan dua game HD, diantaranya adalah Modern Combat 5: Blackout dan Need for Speed: No Limits. Dua game ini memang dapat dimainkan oleh Samsung Galaxy J5 2016, namun seperti yang kami katakan tadi, grafis yang disuguhkan kurang optimal.

game-galaxy-j5-2016-1

Tidak ketinggalan juga seperti biasa kami juga melakukan pengujian sintetis menggunakan beberapa aplikasi, seperti 3DMark, AnTuTu Benchmark, Geekbench 3, dan Sensor Box. Pada aplikas AnTuTu Benchmark Samsung Galaxy J5 2016 berhasil menyuguhkan poin sebesar 24707. Untuk pengujian Sensor Box sendiri dirasa mengecewakan karena sangat minim sekali sensor, yaitu hanya sensor akselerometer, sensor proximity dan sensor suara. Tidak ada sensor gyroscope, bahkan sensor cahaya pun ikut absen pada smartphone ini. Untuk lebih jelasnya cekidot hasil benchmark Samsung Galaxy J5 2016.

performa-galaxy-j5-2016-0

performa-galaxy-j5-2016-1

 

Baterai

Samsung membenamkan kapasitas baterai yang lebih besar dibandingkan dengan seri terdahulu-nya. Peningkatannya pun cukup lumayan, dari 2600mAh, kini menjadi 3100mAh. Desain yang diusung juga masih sama dengan seri sebelumnya, yakni dapat dilepas, sehingga tidak perlu khawatir bila suatu saat baterai pada Galaxy J5 2016 mengalami kembung.

baterai-galaxy-j5-2016-0

Memang Samsung tidak menyediakan fitur pengisian baterai yang cepat seperti Quick Charge. Tapi kepala adaptor yang disertakan dalam paket penjualan perangkat ini memiliki output sebesar 1,55A, yang mana sedikit lebih besar bila dibandingkan dengan kepala charger di pasaran yang rata-rata masih 1A saja. Pengisian baterainya dari posisi habis 0% hingga 100% sedikit lebih lama bila dibandingkan dengan smartphone yang memiliki fitur Quick Charge, yakni hampir mendekati 3 jam.

Penggunaan dengan baterai berkapasitas 3100mAh kami rasa sudah sangat cukup untuk menunjang aktifitas sehari-hari. Ditambah chipset yang digunakan pada Galaxy J5 2016 ini juga tidak menguras daya mengingat bukanlah chipset papan atas. Dari pagi dalam keadaan baterai 100% hingga malam hari pun smartphone ini masih sanggup tanpa terkena sentuhan kabel charger sedikitpun. Penggunaan yang kami coba juga standar, seperti berkirim pesan baik menggunakan aplikasi messenger maupun SMS, berseluncur di dunia maya, mendengarkan musik dan bermain game sejenak.

Kesimpulan

Tidak hanya pada lini mainstream, Samsung juga menyegarkan lini smartphone entry level mereka. Meski dibanderol dengan harga yang cukup tinggi untuk sebuah smartphone entry level, kami rasa banyak keunggulan yang terbayar pada Galaxy J5 2016 ini. Seperti diantaranya adalah sudah menggunakan panel Super AMOLED dan terdapat fitur Ultra Data Saving yang dapat menghemat penggunaan kuota paket data internet hingga 50%.

Bagi yang suka selfie, nampaknya Samsung Galaxy J5 2016 sangat cocok untuk dimiliki karena selain memiliki sensor dengan bukaan yang besar yakni f/1.9, terdapat juga lampu kilat pada bagian depan. Sehingga sangat cocok untuk berfoto selfie di dalam ruangan atau tempat yang minim cahaya.

kesimpulan-galaxy-j5-2016-1

Sayangnya dengan harga yang cukup mahal,  tidak terdapat sensor pemindai sidik jari. Selain itu sensor yang cenderung minim membuat smartphone ini tidak dapat berkutik banyak, apalagi sekarang sedang ramai konten Virtual Reality (VR) yang memanfaatkan sensor gyroscope.

Cover belakang yang digunakan berbahan plastik, namun justru terasa licin saat digenggaman, sehingga perlu hati-hati. Layarnya juga tidak dilapisi dengan pelindung jadi bagi yang tidak ingin lecet disarankan menggunakan pelindung anti gores. Satu lagi yang menurut kami cukup riskan adalah, tombol menu atau tombol home Galaxy J5 2016 ini mudah sekali tergores tipis, padahal penggunaan yang digunakan standar.

Kelebihan

  • Layar sudah menggunakan panel Super AMOLED
  • Fitur Ultra Data Saving yang dapat menghemat penggunaan kuota data hingga 50%
  • Terdapat lampu kilat pada kamera bagian depan
  • Frame metal
  • Penggunaan dua kartu SIM tanpa mengorbankan slot micro SD

Kekurangan

  • Harga cukup mahal untuk sebuah smartphone entry level
  • Tidak terdapat sensor pemindai sidik jari
  • Sensor yang minim seperti absennya sensor gyroscope
  • Cover yang terasa licin

Daftar pertanyaan yang sering dilontarkan beserta jawabannya:

Q: Sistem operasi yang digunakan Android versi berapa?
A: Android 6.0.1 Marshmallow dengan antarmuka TouchWiz UI

Q: Apakah telah menggunakan pelindung layar seperti Corning Gorilla Glass atau sejenisnya?
A: Tidak ada pelindung layar

Q: Sudah mendukung jaringan 4G LTE di Indonesia?
A: Sudah, operator yang didukung di Indonesia dengan frekuensi 1800MHz atau 2100MHz seperti Indosat Ooredoo, Telkomsel, dan XL Axiata. Serta tidak ketinggalan ada fitur Ultra Data Saving untuk menghemat penggunaan kuota data hingga 50%

Q: Berapa sisa ROM setelah penggunaan sistem?
A: Memori internal yang dapat digunakan sekitar 11GB.

Q: Apakah ada LED notifikasi pada smartphone ini?
A: Tidak ada

Q: Bisa main game virtual reality (VR)?
A: Tidak bisa, karena tidak dilengkapi dengan sensor Gyroscope.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here