Meskipun sedang marak masuknya smartphone dari brand baru tidak membuat niat para pemain lama surut dalam memproduksi produk-produk mereka. Salah satunya adalah Sony, ya merek yang telah lama bergelut di pasar smartphone ini tak berhenti begitu saja dalam membawa produk-produknya ke para konsumen.

IMG_1655-min

Kali ini, kita akan melakukan pengujian terhadap salah satu smartphone dari Sony tersebut yaitu, Sony Xperia E4g. Smartphone ini berbeda dengan seri Sony Xperia E4 yang rilis bersamaan karena keduanya memiliki perbedaan yang cukup terlihat jelas, seperti pada bagian luas layar, serta dimensi keseluruhannya. Oh ya kita mendapatkan smartphone ini saat ada promo smartphone di MatahariMall.

Spesifikasi Sony Xperia E4G:

  • Jaringan: GSM 850/900/1800/1900 MHz, HSDPA 850/900/1900/2100 MHz, LTE 800/850/900/1800/1900/2100/2600 MHz
  • Dimensi: 133 x 71 x 10.8 mm
  • Layar: IPS 4,7 inci qHD (540×960)
  • Prosesor: Mediatek MediaTek MT6732 quad core 1,5 GHz
  • GPU: Mali-T760MP2
  • RAM: 1 GB
  • Kamera belakang: 5 megapiksel, autofocus, touch focus, face detection, HDR, panorama, LED flash
  • Kamera depan: 2 megapiksel
  • Kapasitas memori internal: 8 GB + eksternal hingga 32 GB
  • Konektivitas: WiFi 802.11 a/b/g/n dual band, Bluetooh 4.1, A2DP, GPS, A-GPS, GLONASS
  • Baterai: Non removable Li-Ion 2.300 mAh
  • OS: Android 4.4.4 KitKat

Nah sebelum kita ulas lebih dalam, kita lihat dulu nih apa aja isi dari paket penjualan Sony Xperia E4g ini?

IMG_1627-min

  • Sebuah handset Sony Xperia E4g
  • Buku garansi dan buku petunjuk penggunaan
  • Headset Sony MH1A seharga Rp 400.000
  • Gratis paket internet 4G dari Indosat sebesar 5GB dalam bundling kartu perdana
  • Kepala charger
  • Kabel USB

Desain dan Bodi

Bicara soal desain pada Sony Xperia E4G ini terkesan berbeda dengan para pendahulunya yang mana pada bagian sudut-sudutnya cenderung melingkar, tidak berbentuk siku-siku. Jadi tidak terkesan kotak seperti pada jajaran Sony Xperia lawas. Namun menurut pendapat pribadi, justru kesan kotak itulah yang menjadikan smartphone dari Sony nampak lebih elegan.

Balutan pada bodi pada smartphone ini juga nampak kokoh meskipun berbahan plastik, ketebalannya pun bisa dibilang tipis. Terlebih panjang smartphone ini hanya sekitar 13,3 cm saja dan ringan, hanya 135 gram saja, yang tentunya nyaman saat di genggam ataupun dimasukkan ke dalam saku celana. Di sisi depannya, kita akan menjumpai kamera berkekuatan 2 megapiksel dengan earpiece yang berada disebelahnya. Menyusuri bagian bawah, terdapat sebuah lubang yang berukuran lumayan lebar namun tipis, yang merupakan mikrofon.

IMG_1647-min

Kita tidak akan menemukan tombol navigasi pada bagian depan Sony Xperia E4g ini, karena Sony sendiri menggunakan softkey yang mana menjadi satu dengan layar, sesuai dengan jajaran Sony Xperia yang lain. Tombol navigasinya pun sama dengan kebanyakan smartphone Android lainnya, yaitu berupa tombol back, home dan recent apps.

Pada bagian belakang, terdapat sebuah kamera 5 megapiksel dengan lampu flash LED yang menemani. Tidak ketinggalan logo Sony pada bagian tengah yang menunjukan identitas dari Sony Xperia E4g ini. Di bagian bawahnya, kita akan menemukan sebuah speaker dengan ukuran sedang. Cover belakang pada SOny Xperia E4g ini berbahan matte. Selain itu juga dapat dilepas, namun kita tidak akan menemukan baterai, karena smartphone ini menerapkan konsep baterai tanam yang tidak dapat dilepas. Sebenarnya fungsi cover yang dapat dilepas ini untuk memasukkan kartu SIM berjenis micro, serta kartu memori micro SD.

IMG_1650-min

IMG_1653-min

Peletakan tombol-tombol fisik pada smartphone ini juga tidak jauh berbeda dengan jajaran Sony Xperia lainnya. Yang mana pada bagian kanan terdapat satu tombol power atau tombol penguncian, dan juga di bawahnya terdapat tombol volume. Cukup disayangkan adalah, absennya tombol fisik shutter kamera, sehingga dalam pengambilan gambar, mengadopsi sistem fokus sentuh pada layar. Di bagian sisi yang berlawanan, terdapat sebuah port micro USB yang digunakan sebagai pengisi daya ataupun transfer data dengan perangkat komputer. Sedangkan pada sisi bagian atas, terdapat sebuah jack audio 3.5 mm yang siap disandingkan dengan Headset MH1A, yang didapat berbarengan dengan paket pembelian smartphone ini.

IMG_1645-min

IMG_1644-min

IMG_1646-min

Layar

Mengusung layar seluas 4,7 inci membuat Sony Xperia E4G ini tidak terlalu kecil ataupun terlalu besar karena menurut kami ukuran layar ini nyaman untuk digenggam. Selain itu juga dengan adanya IPS tentunya warna yang dihasilkan nampak jernih. Yang cukup disayangkan adalah resolusi pada smartphone dari Sony ini hanya qHD alias 540×960 piksel saja. Cukup tanggung menurut kami karena andai saja mengusung resolusi HD, kami yakin Sony Xperia E4g ini mampu menghasilkan gambar yang lebih baik meskipun kerapatannya hanya 234 ppi. Layar pada Xony Xperia E4g ini tidak dilapisi dengan pelindung semacam Gorilla Glass, sehingga perlu hati-hati dalam meletakkan smartphone ini.

IMG_1657-min

Antarmuka 

Pada bagian antarmuka, seperti smartphone dari Sony yang lainnya, Sony Xperia E4G ini dibekali dengan desain antarmuka milik Sony, Time Scape UI. Tampilan dari antarmuka milik Sony ini sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga nampak berbeda dengan tampilan antarmuka para kompetitornya. Pada bagian menu pengaturan pun desainnya juga dirombak dari segi warna ikon dan background-nya meskipun hampir sama dengan bawaan dari Google sendiri.

Screenshot_2015-10-27-23-27-56-min

Untuk tampilan Quick Setting dan notifikasinya pun juga desain ala Sony sendiri yang berbasis Android 4.4.4 KitKat. Sehingga tampilan antarmuka benar-benar dirombak oleh Sony untuk menghadirkan Time Scape UI ke Sony Xperia E4G. Pada Quick Settings, kita dapat mengubah pengaturan cepat apa saja yang akan ditampilkan, seperti pengaturan brightness, pintas untuk mengaktifkan WiFi atau Bluetooth, dan masih banyak lagi.

Screenshot_2015-10-29-15-33-31

Screenshot_2015-10-29-15-33-40

Tampilan pada saat layar posisi terkunci, kita medapati sebuah jam yang berada ditengah, serta di bagian paling bawah terdapat navigasi pintas untuk aplikasi kamera. Widget yang digunakan pada home screen di Sony Xperia E4g ini bisa tebilang variatif karena dari Sony sendiri terdapat beberapa widget milik mereka sendiri. Tidak hanya widget, pada home screen pun kita juga dapat menambahkan pintas aplikasi apa saja yang sering kita gunakan.

Screenshot_2015-10-29-09-03-15-min

Ke bagian perpesanan, Sony juga merombak desainnya, dengan menambahkan pintas untuk menambahkan file foto dan lokasi. Papan keyboard dari Sony Xperia E4g ini menggunakan desain milik mereka sendiri, Xperia Keyboard. Pada keyboard ini kita ditampilkan dengan papan ketik QWERTY layaknya papan keyboard smartphone pada umumnya, namun Xperia Keyboard ini dapat dirubah warna dasarnya, seperti warna putih dan warna hitam. Terdapat juga emoji yang bisa digunakan saat sedang berkirim pesan dengan kerabat.

Screenshot_2015-10-29-09-02-48-min

 

Screenshot_2015-10-29-09-02-57-min

Screenshot_2015-10-29-09-03-01-min

Dalam mengakses internet, yang digunakan pada Sony Xperia E4g ini adalah aplikasi Chrome yang dikembangkan oleh Google, jadi bukan browser biasa. Untuk akses ke kontak pada smartphone ini bisa dengan cara membuka aplikasi telepon yang digunakan untuk memasukan nomor telepon, lalu usap layar ke arah kanan. Tampilannya pun tidak jauh berbeda seperti ROM bawaan Google sendiri.

Screenshot_2015-10-29-09-14-03-min

Fitur

Fitur yang diberikan pada Sony Xperia E4g ini bisa kita lihat dari namanya sendiri, yaitu dukungan jaringan internet super cepat, 4G LTE. Dengan harga yang cukup terjangkau, Sony menghadirkan seri Xperia E4g ini merupakan langkah yang tepat. Karena jarang-jarang smartphone ternama dengan range harga yang sama berani memberikan fitur 4G LTE ini.

Screenshot_2015-10-29-15-45-43

Soal konektivitas, Sony Xperia E4g ini dilengkapi dengan WiFi 802.11 a/b/g/n, Bluetooth 4.1 yang mendukung A2DP untuk penggunaan headset wireless. Selain itu juga ada GPS, A-GPS dan GLONASS yang mampu memberikan tingkat keakuratan posisi lebih baik pada smartphone ini.

Kemudian fitur menarik lainnya, adanya lampu LED yang aktif sebagai pemberitahuan bila ada pesan masuk, atau panggilan telepon yang tidak terjawab. Jadi Anda tidak perlu menyalakan smartphone, atau memantau terus menerus layar smartphone Sony Xperia E4g ini jika menunggu pesan masuk. Fitur lainnya, Sony Xperia E4g ini bisa dibilang biasa saja, terlebih tidak dilengkapi dengan pengaturan gestur, seperti smartphone kebanyakan sekarang. Pada menu pengaturan pun tidak terdapat menu lebih spesifik mengenai fitur lainnya.

Screenshot_2015-10-29-15-45-27

Tapi absennya fitur di atas diobati dengan adanya fitur Clear Phase dan xLOUD pada menu pengaturan bagian suara. Clear Phase sendiri merupakan fitur dimana Sony Xperia E4g ini secara otomatis akan menyesuaikan kualitas suara yang dihasilkan dari speaker smartphone ini. Sedangkan xLOUD merupakan fitur untuk menghasilkan suara yang lebih nyaring dan jernih.

Masih pada menu pengaturan, di bagian Power Management, terdapat fitur Stamina Mode. Fitur ini berguna untuk lebih menghemat pemakaian baterai pada smartphone ini jika layar sedang dalam keadaan mati. Sehingga segala jenis pemakaian data akan mati bila fitur ini diaktifkan. Tapi, kita masih bisa mengatur beberapa aplikasi apa saja yang ingin tetap digunakan bila fitur Stamina Mode ini aktif. Bagi yang sedang perjalanan jauh dan ingin Sony Xperia E4g ini tetap menyala, terdapat fitur Ultra Stamina Mode. Jika fitur ini dinyalakan, smartphone ini hanya dapat digunakan sebagai alat komunkasi biasa seperti telepon dan berkirim pesan melalui SMS.

Screenshot_2015-10-29-09-06-43-min

Sony Xperia E4g ini juga dilengkapi dengan fitur tema, sehingga kita dapat mengganti tema seperti apa yang kita inginkan. Seperti smartphone lain, Sony juga memiliki tema yang dapat diunduh di Google Play Store, yang pilihannya sangat beragam. Ada tema yang berbayar, dan ada juga tema yang gratis, jadi tinggal menyesuaikan keinginan dan masalah selera saja karena tema yang gratis pun juga tidak kalah menarik. Yang patut disayangkan adalah, smartphone Sony Xperia E4g ini masih menggunakan sistem operasi Android 4.4.4 KitKat.

Screenshot_2015-10-29-09-01-18-min

 

Screenshot_2015-10-29-15-44-15

Kamera

Fitur kamera yang disedaiakan pada Sony Xperia E4g ini terbilang sangat lengkap, baik dari pilihan pengaturan manual dan mode-nya, juga pilihan cara pengambilan foto yang ingin jepret. Tak kalah menarik adalah adanya aplikasi tambahan, yang digunakan untuk memperindah hasil foto Anda, seperti AR Fun dan Timeshift Burst. Bahkan ada tambahan lain yang dapat diunduh seperti Time Lapse dan Panorama.

Screenshot_2015-10-29-15-50-56

Screenshot_2015-10-29-15-51-02

Pada pengaturan manual, disediakan pengaturan secene selection, eksposure dan white balance. Pada scene selection, kita disuguhkan dengan beberapa pilihan seperti Soft Skin untuk hasil foto pada wajah yang lebih halus, Landscape, Modus Malam, Pet alias peliharaan, Makanan, dan masih banyak lainnya. Sedangkan pada kamera depan, tidak terdapat pilihan lebih lanjut, seperti yang ditawarkan pada kamera belakang.

Screenshot_2015-10-29-11-11-03-min

Screenshot_2015-10-29-11-11-08-min

Screenshot_2015-10-29-11-11-14-min

Kemampuan merekamnya, kamera belakang pada Sony Xperia E4g ini mampu merekam hingga resolusi Full HD alias 1920×1080 piksel. Sedangkan untuk kamera depannya, berada satu tingkat dibawahnya yaitu mampu merekam hingga resolusi HD 1280×720 piksel.

Hasil dari kamera belakang yang berkekuatan 5 megapiksel ini menurut kami terbilang standar. Bahkan pada dalam ruangan dengan cahaya yang cukup, hasilnya sedikit mengecewakan dengan adanya noise yang cukup banyak. Namun pada saat pengambilan outdoor, hasil kameranya bisa dibilang lumayan. Berpindah ke kamera depannya, dengan resolusi 2 megapiksel, hasilnya juga bisa dibilang standar alias biasa saja layaknya kualtias foto kamera depan smartphone low-mid kebanyakan.

DSC_0003-min
Hasil foto dalam ruangan

DSC_0011-min

Hasil foto outdoor
Hasil foto outdoor

Multimedia dan Performa

Untuk multimedianya, kami bisa mengatakan bahwa pada Sony Xperia E4g ini sangat lengkap. Anda tidak perlu mengunduh aplikasi pemutar musik atau video lagi karena Sony sudah menyertakannya. Seperti pada aplikasi pemutar lagu yang sudah menjadi ciri khas Sony, Walkman. Pada aplikasi Walkman sendiri kita disuguhkan dengan daftar lagu dari masing-masing album lagu Anda. Terdapat juga pengaturan equaliser untuk menyesuaikan suara yang dihasilkan nantinya.

Screenshot_2015-10-29-10-01-10-min

Screenshot_2015-10-29-09-57-37-min

Untuk pemutar video, Sony Xperia E4g ini menggunakan aplikasi dari bawaan Sony sendiri, Movies. Aplikasi ini mampu memutar video dengan beberapa format seperti, MP4 dan WMV, sedangkan format lain seperti MKV, aplikasi ini tidak mendukungnya sehingga diperlukan aplikasi pihak ketiga. Untuk melihat foto dari hasil kamera Sony Xperia E4g ini, Sony juga menanami aplikasi Album. Tentunya aplikasi ini sangat berbeda dengan aplikasi dari bawaan Google ataupun aplikasi pembuka galeri foto lainnya. Oh ya, tidak ketinggalan Sony Xperia E4g ini juga mendukung Radio. Namun untuk menggunakannya harus dalam keadaan headset tersambung karena digunakan sebagai antena penangkap frekuensi radio.

Kualitas audio yang disuguhkan pada Sony Xperia E4g ini bisa dibilang sangat standar. Untuk memutar musik dan bermain game, smartphone ini menghasilkan suara yang datar. Patut disayangkan karena, pada saat memutar dengan volume maksimal, suara yang dihasilkan menjadi pecah, entah saat mendengarkan musik, memutar video bahkan bermain game. Kami memutar file musik dengan format MP3 dan memiliki bitrate 320kbps pun hasilnya tetap sama, pecah saat volume maksimal.

Bicara performa, kami bisa katakan bahwa Sony Xperia E4g ini memiliki performa standar. Yang cukup disayangkan adalah, jumlah RAM pada Sony Xperia E4g ini hanyalah 1GB saja. Berbekal SoC dari MediaTek quad core MT6732 yang berjalan pada kecepatan 1,5GHz dan GPU Mali T760MP2, Sony Xperia E4g ini sanggup memainkan game HD seperti Need for Speed: No Limits. Meskipun kualitas grafis yang disajikannya biasa, kami rasa sudah cukup untuk smartphone di kelas Sony Xperia E4g ini.

Screenshot_2015-10-29-15-36-19

Untuk pengujian sintetis lainnya, kami mencoba beberapa aplikasi untuk mengetahui performa dari Sony Xperia E4g ini, dan hasilnya sebagai berikut:

Screenshot_2015-10-29-09-18-54

Screenshot_2015-10-29-09-20-41

Screenshot_2015-10-29-09-49-07

 

Screenshot_2015-10-29-09-49-20

 

Screenshot_2015-10-29-11-54-46-min

Baterai

Ketahanan baterai pada Sony Xperia E4g ini bisa dibilang lumayan hemat. Kami menggunakan smartphone ini dalam keadaan penggunaan normal, seperti berkirim pesan, bermain game sejenak, mendengarkan musik, mengakses sosial media. Hasilnya pun kami perlu mengisi daya lagi pada sore harinya setelah smartphone ini diisi penuh dari pagi.

Namun kami beranggapan bahwa smartphone ini bisa bertahan lebih lama lagi dengan adanya fitur Stamina Mode sesuai yang telah kita jelaskan tadi. Karena dengan mengaktifkan Stamina Mode, kita bisa memilih aplikasi apa saja yang boleh berjalan di background serta menggunakan data internet ketika smartphone dalam keadaan layar mati.

Kesimpulan

Dengan range harga yang bisa dibilang cukup murah, Sony menghadirkan smartphone Xperia E4g dengan fitur unggulannya adalah dukungan terhadap jaringan super cepat 4G LTE. Meskipun banyak merek-merek yang beredar, nampaknya Sony memiliki tempat tersendiri bagi para penikmat gadget karena Sony sendiri sudah lama terjun di dunia smartphone.

Selain itu, hasil kamera yang standar untuk ukuran smartphone di range harga 2 juta ke bawah. Di dalam ruangan yang cukup cahaya pun terkadang hasil kameranya terdapat noise yang sedikit menganggu. Sedang untuk hasil outdoornya, tidaklah mengecewakan meskipun masih berbekal sensor kamera sebesar 5 megapiksel.

Cukup disayangkan sistem operasi Android pada Sony Xperia E4g ini masih mengusung Android 4.4.4 KitKat yang notabene sudah mulai ditinggalkan para developer. Masih belum tahu apakah Sony Xperia E4g ini akan mendapatkan upgrade ke Android 5.1 Lollipop.

Yang menjadi nilai tambah adalah paket penjualan yang disediakan mendapatkan bonus headset Sony MH1A. Jika dijual terpisah, headset ini berada di kisaran harga 400.000 Rupiah loh. Penawaran menarik Sony E4g Eksklusif ini hanya ada di MatahariMall.com saja.

Untuk ukurannya sendiri Sony Xperia E4g ini nyaman digenggam, serta mudah untuk masuk ke saku celana. Beratnya pun bisa terbilang ringan, terlebih cover sisi belakang juga tidak terlalu licin.

Kelebihan

  • Sudah mendukung jaringan super cepat 4G LTE
  • Performa yang menjanjikan untuk kisaran harganya
  • Bentuk proporsional dengan berat yang ringan, serta tidak licin saat digenggam
  • Gratis Headset Sony MH1A seharga 400.000 Rupiah yang memiliki kualitas sangat menjanjikan dalam memanjakan telinga
  • Gratis paket internet 4G dari Indosat sebesar 5GB dalam bundling kartu perdana

Kekurangan

  • Resolusi layar tanggung, hanya mengusung qHD dengan luas piksel 540×960 piksel
  • Hasil kamera standar
  • Masih menggunakan Android versi 4.4.4 KitKat
  • Suara pecah saat di volume maksimal

(ND)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here