Review Vivo V5 Plus Indonesia, Andalkan Dual Kamera Selfie 20MP dan Snapdragon...

Review Vivo V5 Plus Indonesia, Andalkan Dual Kamera Selfie 20MP dan Snapdragon 625

BeritaTeknologi.com

Brand smartphone Vivo tampaknya menganggap pasar Indonesia sebagai pasar yang potensial untuk memasarkan produknya. Hal ini dibuktikan oleh Vivo, dimana perusahaan ini menghadirkan smartphone baru bernama Vivo V5 Plus. Smartphone ini merupakan penerus dari Vivo V5 yang cukup sukses di pasar Indonesia, karena smartphone dari seri ini mengandalkan kamera depan sebagai selling point.

Vivo V5 Plus 1

Vivo V5 Plus sendiri masih mengusung jargon “Perfect Selfie”, dimana kamera depan smartphone ini sudah memiliki sensor dual-kamera beresolusi 20MP+8MP. Tentu dengan berbekal kemampuan tersebut serta mengusung desain yang tak kalah premium, tampaknya smartphone ini bisa diterima baik oleh konsumen. Kali ini kami akan melakukan review untuk Vivo V5 Plus, dan sebelumnya berikut ini adalah spesifikasi yang diusung Vivo V5 Plus.

Spesifikasi Vivo V5 Plus:

  • Layar : IPS 5,5 inci, FHD 1080×1920 piksel, Gorilla Glass 5
  • Jaringan : EDGE, 3G, HSPA, 4G LTE
  • Konektivitas : Micro USB, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth v4.0
  • Chipset : Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625
  • CPU : Octa-core 2.0GHz Cortex-A53
  • GPU : Adreno 506
  • Memori : 4GB RAM + 64GB memori internal
  • Kamera utama : 16MP pada bagian belakang, phase detection autofocus, LED flash
  • Kamera depan : Dual 20MP + 8MP, f/2.0, 1/2.8″ sensor size, 1080p, LED softlight
  • Baterai : 3160mAh non-removable
  • SIM : Dual SIM card (nano)
  • OS : FuntouchOS 3.0 (Android 6.0.1 Marshmallow)
  • Harga : Rp5,5 juta

Paket penjualan Vivo V5 Plus:

  • Sebuah perangkat smartphone Vivo V5
  • Buku petunjuk penggunaan
  • Sebuah jelly case
  • Sebuah SIM ejector
  • Sebuah kabel data USB – micro USB
  • Sebuah kepala charger dengan output 2A (fast charging)
  • Sebuah earphone

Vivo V5 Plus 2

Sama seperti generasi sebelumnya, paket penjualan Vivo V5 Plus ini terbilang lengkap. Anda masih bisa mendapatkan earphone, jelly case, dan pelindung layar. Jadi, tak perlu repot-repot lagi membeli aksesoris untuk melengkapi smartphone ini.

 

Kamera

Sektor kamera sudah jelas menjadi selling point dari Vivo V5 Plus, dimana smartphone ini sudah dibekali dengan 20MP Dual Front Camera Perfect Selfie. Kamera depan menggunakan sensor Sony IMX376 yang tentu mampu menghasilkan foto selfie dengan kualitas tinggi. Selain itu, Vivo V5 Plus juga mengandalkan Selfie Softlight yang akan memberikan hasil selfie terang dan jelas kapan saja, di mana saja, bahkan dalam kondisi kurang cahaya sekalipun.

Kamera depan di luar ruangan
Kamera depan di luar ruangan
Kamera depan di dalam ruangan menggunakan Softlight Selfie
Kamera depan di dalam ruangan menggunakan Softlight Selfie
Kamera depan tanpa Softlight Selfie
Kamera depan di dalam ruangan tanpa Softlight Selfie

Kamera depan memiliki fitur Bokeh, dimana Anda dapat berselfie dengan background blur, seperti hasil foto dari kamera profesional. Menggunakan aperture f/2.0 juga membuat kamera smartphone ini dapat menangkap gambar lebih terang saat malam hari. Untuk selfie, gambar yang dihasilkan kamera depan terlihat natural, baik menggunakan Selfie Softlight maupun tidak.

Mengatur efek blur
Mengatur level efek blur

Untuk fitur kamera depan, terdapat mode foto biasa yang menawarkan Bokeh dan HDR, sementara untuk mode ‘Wajah Cantik’ terdapat fitur HDR, Bokeh, dan Enhanced Beautification yang memperkuat efek kecantikan. Anda pun bisa mengatur efek seperti menghaluskan kulit, warna kulit, atau tingkat untuk memutihkan kulit. Kita juga bisa mengatur tingkat blur saat mengaktifkan fitur Bokeh atau bisa juga mengatur efek blur setelah gambar dipotret. Kamera depan juga bisa merekam video hingga resolusi Full HD 1080p.

Sementara untuk bagian belakang memiliki 16MP Rear Camera F/2.0 yang sudah dilengkapi dengan fitur phase detection autofocus. Sayangnya smartphone ini hanya dilengkapi dengan single LED flash dan lensa kamera belakang timbul yang membuat Anda harus ekstra hati-hati saat menaruh smartphone ini.

Mode Auto
Mode Auto
Mode HDR
Mode HDR
Mode Auto
Mode Auto
Mode HDR
Mode HDR
Perbandingan mode auto dan HDR
Perbandingan mode auto dan HDR
Mode Auto Low Light
Mode Low Light
Outdoor mode HDR
Outdoor mode Auto
Mode Auto
Mode Auto

Mode kamera belakang

Namun untuk kamera belakang sudah bisa merekam video hingga resolusi 4K dan memiliki beberapa mode, seperti Night, Ultra HD, PPT, Anti-Shake, Professional, Slow-Mo, dan Time-Lapse. Jadi bagi Anda pecinta foto selfie atau fotografi mobile, tentu smartphone ini bisa menjadi pertimbangan.

 

Desain

Pada bagian ini, Vivo V5 Plus layak diadu dengan smartphone kelas high-end sekalipun, karena bahan metal yang diusung ini memang terkesan premium. Garis antena pada smartphone ini berbeda dari generasi sebelumnya. Jika Vivo V5 memiliki garis antena lurus, pada Vivo V5 Plus ini, garis antena lebih membelok ke sudut. Soal desain, smartphone ini bisa diandalkan untuk bersaing dengan para kompetitornya.

Vivo V5 Plus 3

Build quality smartphone ini lebih baik dari generasi sebelumnya, dimana bahan yang digunakan pada cover belakang dan frame terasa lebih lembut, namun tidak terlalu licin saat digenggam. Seperti yang kita ketahui, banyak smartphone berbodi metal di luar sana yang terasa sangat licin ketika digenggam. Berbeda dengan Vivo V5 yang cekung ke dalam, logo Vivo pada smartphone ini memiliki tekstur timbul.

Vivo V5 Plus 4

Di sisi depan smartphone ini, kita akan melihat tombol home yang sudah terintegrasi dengan sensor pemindai sidik jari dengan teknologi faster fingerprint unlocking, serta dua tombol kapasitif di sampingnya. Berbeda dengan Vivo V5, tombol home pada smartphone ini sudah bisa ditekan layaknya tombol home fisik, namun bisa juga menyentuhnya seperti tombol kapasitif.

Vivo V5 Plus 5

Semua port berada di bagian bawah berdampingan dengan lubang speaker dan microphone. Untuk sisi kanan terdapat tombol power/lock dan rocker volume. Sedangkan di sisi kiri hanya terdapat slot SIM tray.

 

Layar

Vivo V5 mengusung layar yang cukup lebar, yakni seluas 5,5 inci dan memiliki resolusi Full HD 1080p. Resolusi layar yang diusung smartphone ini sudah terbilang mencukupi untuk smartphone kelas menengah. Kualitas gambar juga lebih maksimal berkat panel layar IPS. Tentu layar smartphone ini sangat nyaman digunakan untuk bermain game atau menonton film. Sedangkan untuk proteksinya, layar smartphone ini sudah dilindungi oleh Gorilla Glass 5 2.5D yang terbilang ampuh dalam menahan goresan maupun benturan.

Untuk layarnya sendiri sudah dibekali dengan fitur-fitur penunjang, salah satu yang menjadi unggulan adalah fitur Eye Protection Mode. Seperti yang kita ketahui, fitur tersebut dapat menyaring cahaya biru yang dipancarkan oleh layar smartphone. Cahaya biru sendiri sangat merugikan bagi mata, terutama jika kita terlalu lama menatap layar smartphone saat kondisi di ruang gelap atau malam hari. Fitur ini cocok diaktifkan ketika Anda sedang membaca e-book, menonton film secara maraton, atau saat chatting pada malam hari.

 

Software & Tampilan Antarmuka

Smartphone ini masih menjalankan sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow yang sudah dipoles menjadi Funtouch OS versi 3.0 yang kaya akan kustomisasi. Tentu ini sangat cocok bagi Anda yang suka mengganti-ganti tampilan antarmuka smartphone sesuai dengan suasana hati.

Seperti kebanyakan tampilan antarmuka lain, Vivo juga menanggalkan app drawer, sehingga menu secara bawaan akan tampil di home screen. Sama seperti versi Funtouch sebelumnya, pada versi 3 ini masih terdapat bar control yang bisa Anda sapu dari bawah ke atas. Bar ini berisi beberapa toggle dan pengaturan, sementara notifikasi berada di bar bagian atas.

Karena sudah menggunakan prosesor yang bertenaga, tampilan antarmuka smartphone ini terasa lembut tanpa ada lag sedikit pun. Bagi Anda yang suka mengganti-ganti efek animasi, UI ini menyediakan beberapa efek perpindahan menu yang cukup beragam. Kabar menarik lain, bloatware yang terinstal pada smartphone ini tidak banyak dan beberapa masih bisa dihapus.

 

Multimedia

Kelebihan dari smartphone ini tidak hanya terletak pada kamera saja, multimedia yang dibawa smartphone ini juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Smartphone Vivo memang terkenal dengan kualitas audio yang mumpuni berkat chip audio AK4376 untuk fitur musik Hi-Fi. Untungnya dalam paket penjualan Vivo menyertakan earphone yang memiliki kualitas audio mumpuni.

Untuk software multimedia, Vivo V5Plus memiliki pemutar musik bawaan Funtouch OS dan Google Play Music. Selain itu, terdapat juga video player dan YouTube, sayangnya FM radio absen pada handset ini. Selain memiliki opsi Hi-Fi, Vivo V5 Plus juga memiliki mode BBE, dimana jika Anda menggunakan earphone atau headset. Pada mode ini Anda bisa mengatur equalizer secara manual untuk mendapatkan semburan audio yang lebih mengagumkan.

 

Hardware & Performa

Vivo V5 Plus dirasa mendapatkan peningkatan yang signifikan, hal ini karena Vivo V5 Plus sudah mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 625. Chipset ini memiliki prosesor octa-core 2.0GHz dan GPU Adreno 506. Chipset ini menggunakan proses 14nm yang terkenal sangat efisien dalam penggunaan daya, tanpa mengorbankan performa.

Selain itu, kapasitas memori yang dimiliki smartphone ini terbilang menggiurkan, yakni RAM 4GB + ROM 64GB. Namun kapasitas penyimpanan tidak bisa ditambah lagi, karena smartphone ini tidak mendukung slot microSD. Setelah diinstal berbagai macam aplikasi, RAM menyisakan kapasitas kosong sekitar 1GB – 2GB. Sementara kapasitas penyimpanan internal yang bisa Anda gunakan sebesar 44,55GB.

Berbekal GPU Adreno 506 yang mumpuni, tentu game-game HD dengan grafis berat mampu dijalankan oleh smartphone ini tanpa ada lag sama sekali. Smartphone ini dibekali dengan sensor standar smartphone kelas menengah, termasuk sensor magnetik dan giroskop yang dapat kita manfaatkan untuk menikmati konten VR.

Ketika diuji menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark, Vivo V5 Plus mampu mencetak skor sebesar 63136. Sedangkan ketika menggunakan aplikasi GeekBench, smartphone ini meraih skor 835 untuk single-core dan 2924 untuk pengujian multi-core. Skor yang cetak smartphone ini memang tidak berbeda jauh dari perangkat lain yang menggunakan chipset sama, namun kapasitas memori yang lebih lega menjadi kelebihan smartphone ini dibanding perangkat lain.

Real Racing 3

Imploison

 

Baterai

Kapasitas baterai smartphone ini tidak berbeda jauh dari pendahulunya yang meningkat 120 mAh menjadi 3120mAh. Namun untuk daya tahan baterai akan sangat berbeda jauh, dimana seperti yang kita ketahui, penggunaan chipset Snapdragon 625 terkenal akan efisiensi pada daya, jadi meski menggunakan kapasitas baterai standar, ketahanannya jauh lebih lama.

Ada beberapa mode baterai, yakni mode normal, mode pemakaian daya rendah yang mengurangi performa, dan mode super yang memaksimalkan kinerja hardware. Kelebihan lain pada sektor daya adalah dukungan fitur Fast Charging. Dukungan Fast Charging dalam bentuk teknologi ‘Dual-Charging Engine’ mengandalkan dua microchip untuk menangani arus yang lebih tinggi, sehingga pengisian daya menjadi lebih cepat.

Untuk pengisian selama 30 menit mampu mengisi daya hingga 42%. Sedangkan, ketahanan baterainya smartphone ini mampu mencatatkan screen on time hingga 11 jam dari posisi 100%. Namun hasilnya akan berbeda-beda tergantung seperti apa cara pemakaiannya. Tentu ini merupakan kelebihan yang banyak dicari banyak pengguna karena mereka tidak perlu repot-repot membawa power bank.

 

Fitur

Platform Funtouch OS 3.0 telah membawa beberapa fitur menarik yang disediakan oleh Vivo. Fitur yang disematkan pada Funtouch OS 3.0 ini bakal memudahkan pengguna dalam menggunakan smartphone ini.

Fitur yang pertama di dalam Smart Motion adalah Air Operation, dimana pada fitur ini terdapat dua pilihan, yakni Black Screen Glance dan Air Unlock. Untuk menggunakan fitur Black Screen Glance, Anda hanya perlu melayangkan telapak tangan Anda di atas layar dengan jarak sekitar 3-5 cm untuk mengetahui sekilas informasi yang ada pada smartphone. Sementara Air Unlock dapat membuka kunci smartphone Anda dengan membolak-balik layar Anda dengan cara yang sama seperti Black Screen Glance.

Smart Motion

Lalu ada juga smart turn off/on screen, yang secara otomatis akan menyesuaikan tingkat keceraha layar atau mengunci layar smartphone dengan double tap. Kemudian ada smart call untuk menerima panggilan dengan beberapa gesture. Tak ketinggalan ada juga fitur shake to turn on the flashlight, tilt to zoom picture, dan smart reminder.

Smart Split
Smart Split

Fitur lain yang cukup membantu penggunaan smartphone layar lebar adalah One-handed untuk mengoperasikan smartphone ini menggunakan satu tangan. Smart Spilit untuk membagi layar untuk dua tugas yang berbeda. Super screenshot untuk merekam layar beserta suara atau screenshot panjang, dan smart click untuk memanfaatkan tombol volume (-), dimana Anda bisa memilih untuk menyalakan lampu, membuka kamera, atau merekam suara ketika layar dalam kedaaan mati.

 

Kesimpulan

Setelah cukup sukses menghadirkan Vivo V5 yang mengandalkan kamera selfie 20MP, Vivo ingin memanjakan para pecinta foto selfie dengan smartphone Vivo V5 Plus yang hadir dengan peningkatan yang signifikan. Hadirnya dual-kamera di bagian depan tidak hanya sebuah gimick, namun juga menawarkan efek bokeh yang membuat hasil foto selfie menjadi lebih berbeda. Kamera belakang yang meningkat menjadi 16MP juga mampu menangkap gambar dengan ketajaman yang cukup tinggi.

Kapasitas memori yang besar dan chipset handal yang diusung juga merupakan nilai tambah dari smartphone ini. Tak hanya kencang dalam menyuguhkan performa, smartphone ini juga terbilang awet dalam penggunaan daya meski memiliki layar yang cukup lebar. Semua itu dibalut dengan desain premium khas smartphone high-end. Meski harga yang ditawarkan cukup tinggi, namun apa yang kita dapat dari Vivo V5 Plus masih bisa dibilang setimpal.

 

Kelebihan 

  • Dual-Kamera depan 20MP+8MP dengan Selfie Softlight
  • Kualitas audio Hi-Fi sangat mantap
  • Respon sensor fingerprint sangat cepat berkat fitur Faster Fingerprint Unlocking
  • Desain dan kualitas bodi berkelas
  • Kapasitas RAM dan memori internal besar
  • Mendukung fast charging dual engine

Kekurangan

  • Lensa kamera belakang menonjol
  • Hanya dilengkapi single LED flash di bagian belakang
  • Tidak mendukung slot microSD

 

Daftar pertanyaan yang sering dilontarkan beserta jawabannya:

Q: Sistem operasi yang digunakan Android versi berapa?
A: Android 6.0.1 Marshmallow dengan antarmuka Funtouch OS 3.0.

Q: Apakah telah menggunakan pelindung layar seperti Corning Gorilla Glass atau sejenisnya?
A: Sudah dilapisi Gorilla Glass versi 5.

Q: Sudah mendukung jaringan 4G LTE di Indonesia?
A: Sudah, operator yang didukung di Indonesia dengan frekuensi 1800MHz atau 2100MHz seperti Indosat Ooredoo, Telkomsel, dan XL Axiata.

Q: Apakah ada LED notifikasi pada smartphone ini?
A: Ada.

Q: Bisa main game virtual reality (VR)?
A: Bisa, karena sudah dilengkapi dengan sensor Gyroscope.

Q: Apa suhu perangkat terasa cepat hangat?
A: Tidak, karena chipset yang digunakan menerapkan teknologi 14nm

4 COMMENTS

  1. Mas numpang tanyak, hp saya vivo v5 plus, di penjelasan yg mas tulis ada FM Radio di v5 plus, tpi knp di hp saya gk ada? Tpi kalau di V5 biasa ada karna abang saya pakai v5, tpi di hp sya gk ada. Mohon infonya ya mas.

  2. maaf untuk kesalahan penulisan, kami sudah merevisi jika versi Plus ini tidak memiliki FM radio

Leave a Reply