Review Vivo V5, Smartphone dengan 20MP Softlight Camera Perfect Selfie

Review Vivo V5, Smartphone dengan 20MP Softlight Camera Perfect Selfie

by -
BeritaTeknologi.com

Meski pemerintah Indonesia menetapkan regulasi TKDN sebanyak 30% pada tahun 2017 mendatang, namun hal tersebut tidak menyurutkan antusiasme produsen smartphone global untuk menjual produk mereka di Indonesia, terlebih brand asal Tiongkok yang laris manis di negeri ini. Salah satu brand Tiongkok yang sedang gencar memasarkan produknya ke Indonesia adalah Vivo.

vivo-v5

Sementara sudah tenar di negeri sendiri, Vivo berusaha mendapatkan pasar di negara lain, termasuk pasar Indonesia yang doyan smartphone dengan tampilan premium namun dibanderol dengan harga yang cukup bersahabat. Kali ini kami akan melakukan review Vivo V5 yang telah meluncur di Indonesia beberapa pekan lalu. Sebelum mengulas smartphone ini, berikut adalah daftar lengkap spesifikasi yang dimiliki smartphone ini.

Spesifikasi Vivo V5:

  • Layar: IPS 5,5 inci, HD 1280×720 pixel
  • Jaringan : EDGE, 3G, HSPA, 4G LTE
  • Chipset : Mediatek MT6750
  • CPU : Octa Core 1.5 GHz Cortex A53
  • GPU: Mali-T860MP2.
  • Memori: 4GB RAM + 32GB memori internal (support micro SD)
  • Kamera utama : 13 megapiksel pada bagian belakang, autofocus, LED flash
  • Kamera depan : 20 megapiksel f/2.0, softlight
  • Baterai: 3000mAh non-removable
  • SIM: Dual Hybrid simcard slot
  • OS : FuntouchOS 2.6 (Android 6.0 Marshmallow)
  • Harga: Rp3.499.000 (Desember 2016)

Paket penjualan Vivo V5:

  • Sebuah perangkat smartphone Vivo V5
  • Buku petunjuk penggunaan
  • Sebuah jelly case
  • Sebuah SIM ejector
  • Sebuah kabel data USB – micro USB
  • Sebuah kepala charger dengan output 2A
  • Sebuah earphone

kelengkapan

Berbeda dengan kebanyakan brand smartphone asal Tiongkok lainnya, di dalam paket penjualan Vivo V5 terdapat sebuah earphone yang biasanya ditanggalkan oleh produsen untuk memangkas harga jual. Namun mengingat Vivo terkenal dengan kualtas audionya yang baik, tentu hal yang wajar jika brand satu ini memberikan earphone. Selain itu, vivo juga memberikan jelly case untuk melindungi smartphone. Jadi tak perlu repot-repot lagi mencari casing Vivo V5.

Desain

Ketika memilih sebuah smartphone, desain menjadi hal terpenting selain performa sebagai pertimbangan. Hal tersebut karena desain smartphone merupakan hal pertama yang kita lihat dan memberikan kesan terdapat smartphone. Untuk desain Vivo V5 menurut kami nampak premium dengan balutan bahan metal pada bagian frame dan cover belakang

vivo-v5-back

Vivo V5 tersedia dalam warna Crown Gold, Rose Gold dan Space Grey yang dapat memberikan kesan elegan, meski sebenarnya smartphone ini tergolong ke dalam segmen smartphone kelas menengah. Build quality dari smartphone ini juga terbilang bagus, bahkan warna dari bodi juga terlihat lebih cerah jika dibandingkan dengan beberapa kompetitornya. Nilai lebih dari bodi smartphone ini adalah tidak terasa licin, sehingga memberikan genggaman yang nyaman.

vivo-v5-body

Di sisi depan Anda akan melihat tombol home yang sudah terintegrasi dengan sensor pemindai sidik jari dengan teknologi faster fingerprint unlocking, serta dua tombol kapasitif di sampingnya. Uniknya, meski tombol home terlihat seperti tombol fisik, namun sebenarnya tombol tersebut tidak bisa ditekan alias memiliki fungsi layaknya tombol kapasitif.

vivo-v5-tombol

Smartphone ini sudah dilapisi kaca 2.5D yang sedikit melengkung di bagian sisinya, namun tidak begitu terasa melengkung karena sisi bodi di pinggiran layar juga memiliki posisi yang tinggi. Penggunaan desain kaca 2.5D menurut kami menjadikannya nampak smartphone premium.

vivo-v5-samping

Sementara peletakan tombol power/lock dan volume juga bisa dibilang nyaman, yakni berada di sisi kanan. Di bagian bawah smartphone kita akan menjumpai lubang speaker, port micro USB dan port audio jack 3.5mm.

vivo-v5-body-2

Karena smartphone ini mengusung konsep unibody design, maka kita akan menjumpai dua garis antena di bagian belakang smartphone ini dan terlihat pula logo Vivo yang terlihat mengkilat, dimana logonya sendiri cekung ke dalam. SIM tray terletak di sisi sebelah kanan dan bisa dibuka menggunakan ejector yang disertakan dalam paket penjualan.

Layar

Vivo V5 mengusung layar yang cukup lebar, yakni seluas 5,5 inci dan memiliki resolusi HD 720×1280 pixel. Meski resolusi tidak begitu tinggi namun dengan bantuan panel IPS membuat kualitas gambar yang dihasilkan tampak lebih baik. Resolusi yang tidak begitu tinggi juga berdampak pada performa yang lebih baik.

vivo-v5-black-screen

Selain itu, Anda tidak perlu repot mengatur tingkat kecerahan layar karena sensor cahaya akan secara otomatis mengatur tingkat kecerahan, baik di luar maupun di dalam ruangan. Untuk proteksinya, layar smartphone ini sudah dilapisi kaca Gorilla Glass 2.5D yang diklaim kuat menahan goresan maupun benturan.

Layar Vivo V5 dapat mengenali 10 sentuhan jari
Layar Vivo V5 dapat mengenali 10 sentuhan jari

eye-protection

Untuk layarnya sendiri sudah dibekali dengan fitur-fitur penunjang seperti fitur Eye Protection Mode. Fitur tersebut akan menyaring cahaya biru yang dipancarkan oleh layar smartphone. Seperti yang kita ketahui, cahaya biru yang ditampilkan oleh layar smartphone dapat menganggu kesehatan mata, terlebih ketika dalam jangka waktu yang lama dan ketika memandang layar di tempat yang gelap. Dengan adanya fitur ini, mata kita dapat terlindung dari cahaya biru yang dapat merusak kesehatan mata. Anda dapat mengaktifkan fitur ini ketika sedang membaca e-book, menonton film secara maraton, atau saat pada malam hari.

Software & Tampilan Antarmuka

Vivo V5 menjalankan OS Android 6.0 Marshmallow yang sudah dikustom oleh Vivo sehingga jadilah Funtouch OS versi 2.6. Jika Anda mencari smartphone Android dengan tampilan antarmuka berbeda dari kebanyakan smartphone Android lain, smartphone dari Vivo ini mungkin cocok untuk Anda.

antarmuka

Tampilan antarmuka smartphone ini terlihat sederhana dengan absennya app drawer. Namun hal yang menarik dari Funtouch OS adalah, adanya bar control di bagian bawah. Dengan hadirnya bar control ini, Anda dapat dengan mudah mengatur smartphone seperti mengganti musik, masuk ke aplikasi tertentu atau berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain yang masih berjalan karena ada recent app juga.

Selain itu, Funtouch OS 2.6 ini terkesan sangat lembut dan lincah ketika digunakan untuk melakukan multitasking. Anda juga bisa mengganti efek animasi perpindahan menu pada home screen dengan menkan tombol opsi di samping kiri tombol home. Sementara untuk aplikasi bawaan yang terinstal pada aplikasi ini tidak banyak, hal ini berdampak pada ruang memori yang lebih lega.

Kamera

Kelebihan dari Vivo V5 sudah jelas berada pada sektor fotografi, terutama pada kamera depan yang memiliki resolusi tinggi, bahkan mungkin yang tertinggi di Indonesia. Vivo V5 mengandalkan 20MP Softlight Camera Perfect Selfie yang akan memberikan hasil selfie sempurna kapan saja, di mana saja, bahkan dalam kondisi kurang cahaya sekalipun. Hal ini karena kamera depan Vivo V5 memiliki sensor Sony IMX376 dengan aperture f/2.0, dan cahaya lembut yang disebut Softlight. Gambar yang dihasilkan kamera depan terlihat natural, baik menggunakan Softlight maupun tidak.

vivo-v5-moonlight

Tak hanya mengandalkan kamera beresolusi tinggi dan Selfie Softlight saja karena Vivo V5 sudah dibekali dengan software Face Beauty Mode 6.0 yang mampu menghasilkan foto selfie yang lebih cantik tanpa menghilangkan sisi natural.

kamera

Untuk kamera utamanya, smartphone ini sudah menggunakan kamera beresolusi 13MP yang dilengkapi dengan LED flash dan Phase Detection Auto Focus. Untuk kamera utama juga sudah dilengkapi dengan mode HDR, Panorama, night, low, fast mode dan opsi profesional yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatur kamera secara manual.

Untuk kualitas gambar kamera depan maupun belakang terbilang memuaskan, terlebih untuk kemera depan yang mampu memberikan foto selfie beresolusi tinggi. Nah bagi Anda yang penasaran dengan hasil kamera Vivo V5 bisa menyimak gambar berikut.

Kamera Belakang

Kamera belakang mode auto
Kamera belakang mode auto
kamera-belakang-mode-hdr-2
Kamera belakang mode HDR
Kamera belakang mode auto
Kamera belakang mode auto
kamera-belakang-mode-hdr
Kamera belakang mode HDR
kamera-utama-auto-2
Kamera belakang mode auto
Kamera belakang mode HDR
Kamera belakang mode HDR

Kemera Depan

Selfie indoor malam hari menggunakan softlight
Selfie indoor malam hari menggunakan softlight
selfie-2
Selfie malam hari menggunakan softlight
selfie-4
Selfie malam hari tanpa menggunakan softlight
Selfie malam hari menggunakan softlight
Selfie malam hari menggunakan softlight
Selfie siang hari tanpa softlight
Selfie siang hari tanpa softlight

 

Multimedia

Tak hanya mengandalkan kamera selfie dengan resolusi tinggi, smartphone ini juga unggul dalam hal multimedia. Seperti yang diketahui, brand Vivo memang terkenal dengan fitur Hi-Fi miliknya yang mampu memberikan kualitas audio yang baik. Kualitas audio yang mumpuni dari smartphone ini berkat chip audio AK4376 untuk kualitas suara Hi-Fi dengan kekuatan hingga 115dB. Namun untuk menikmati kualitas tersebut, Anda harus menggunakan earphone dan dalam paket penjualan sudah terdapat earphone yang memiliki kualitas tinggi.

music
Musik player bawaan Vivo V5

bbe-setting

Untuk software multimedia, Vivo V5 memiliki pemutar musik bawaan Funtouch OS dan Google Play Music. Selain itu, terdapat juga video player, YouTube dan tak ketinggalan FM Radio. Selain memiliki opsi Hi-Fi, Vivo V5 juga memiliki mode BBE, dimana jika Anda menggunakan earbud atau headset pihak ketiga. Pada mode ini Anda bisa mengatur audio secara manual untuk mendapatkan semburan audio yang lebih mengagumkan.

Fitur

Karena smartphone ini menggunakan tampilan antarmuka Funtouch OS, pastinya ada fitur tambahan yang disematkan di dalam smartphone ini untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan smartphone ini.

smart-control

Fitur yang pertama di dalam Smart Motion adalah Smart Wake, dengan fitur ini Anda bisa mengakses aplikasi tertentu dari kondisi layar mati atau terkunci dengan membuat sebuah pola yang ditentukan sebelumnya. Sebagai contoh, jika Anda ingin langsung mengakses pemutar musik, Anda bisa menggambar pola huruf “m” pada layar.

Kemudian ada Air Operation, dimana pada fitur ini terdapat dua pilihan, yakni Black Screen Glance dan Air Unlock. Untuk menggunakan fitur Black Screen Glance, Anda hanya perlu melayangkan telapak tangan Anda di atas layar setinggi 3-5cm untuk mengetahui sekilas informasi yang ada pada smartphone. Sementara Air Unlock dapat membuka kunci smartphone Anda dengan membolak-balik layar Anda dengan cara yang sama seperti Black Screen Glance.

Lalu ada juga smart turn off/on screen, yang secara otomatis akan menyesuaikan tingkat keceraha layar atau mengunci layar smartphone dengan double tap. Kemudian ada smart call untuk menerima panggilan dengan beberapa gesture. Tak ketinggalan ada juga fitur shake to turn on the flashlight, tilt to zoom picture, dan smart reminder.

Ada One-handed untuk mengoperasikan smartphone ini menggunakan satu tangan, Super screenshot untuk merekam layar beserta suara, dan smart click untuk memanfaatkan tombol volume (-), dimana Anda bisa memilih untuk menyalakan lampu, membuka kamera, atau merekam suara ketika layar dalam kedaaan mati.

screenshot_20161216_154012

Selanjutnya ada fitur Smart Split 2.0, yakni fitur yang dapat membagi dua tampilan antarmuka smartphone ini. Sebagai contoh, ketika Anda sedang menonton video di YouTube dan tiba-tiba ada pesan masuk, maka Anda bisa membagi layar menjadi dua bagian. Dengan begitu, Anda bisa membalas pesan tanpa harus melewatkan video.

Hardware & Performa

Hal terpenting lain ketika hendak membeli smartphone selain desain yang premium adalah performa yang mumpuni. Namun sebagai smartphone kelas menengah, Vivo V5 dibekali dengan spesifikasi hardware yang mumpuni dikelasnya. Untuk dapur pacunya, smartphone ini mengandalkan chipset MediaTek MT6750 yang memiliki CPU octa-core 1.5GHz Cortex-A53 dan GPU Mali-T860MP2. Dapur pacu tersebut memang sudah cukup untuk menangani kegiatan sehari-hari, namun ketika disuruh menangani game dengan tingkat grafis yang tinggi kurang begitu handal.

cpu

Untungnya, Vivo telah membekali smartphone ini dengan kapasitas RAM sebesar 4GB dan penyimpanan internal sebesar 32GB yang dirasa cukup besar untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Dengan kapasitas RAM yang lega, tentunya kita dapat menjalankan lebih dari satu aplikasi tanpa harus menutupnya terlebih dahulu. Kapasitas penyimpanan juga masih bisa diperluas karena sudah tersedianya slot microSD.

screenshot_20161216_144143

screenshot_20161216_144344

screenshot_20161216_145059

screenshot_20161216_145318

Ketika digunakan untuk bermain game, beberapa game dengan grafis menengah memang bisa dilahap oleh smartphone ini, namun untuk game bergrafis tinggi agak sedikit kesulitan menanganinya.

AnTuTu Benchmark
AnTuTu Benchmark
GeekBench
GeekBench

Ketika diuji menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark, Vivo V5 mampu menorehkan skor sebesar 41126. Sedangkan ketika menggunakan aplikasi GeekBench, smartphone ini meraih skor 591 untuk single-core dan 2401 untuk multi-core.

kompas sensor

Selain itu, sensor yang diusung smartphone ini terbilang lengkap, hanya sensor tekanan dan suhu yang absen pada smartphone. Hadirnya sensor gyroscope juga menjadi nilai lebih karena kita dapat menikmati konten VR atau 360 menggunakan smartphone ini.

 

Baterai

Vivo V5 dibekali dengan kapasitas baterai sebesar 3000 mAh yang bisa dikatakan sudah memadahi untuk smartphone dengan layar seluas 5,5 inci. Lalu bagaimana dengan tingkat efisiensi baterai pada smartphone ini? Bisa dikatakan penggunaan daya pada smartphone terbilang baik, karena untuk penggunaan normal smartphone ini mampu bertaha seharian, dengan data internet hidup.

Namun jika Anda menggunakan smartphone ini untuk bermain game secara intens, tentu daya pada baterai akan cepat terkuras juga. Berbekal charger 2A, pengisian daya pada smartphone ini bisa dikatakan tidak cepat tetapi juga tidak lambat karena chipset dari Vivo V5 sendiri belum mendukung fitur pengisian cepat.

Kesimpulan

Sebagai smartphone kelas menengah, Vivo V5 membawa semua hal yang diperlukan untuk menyasar kalangan di segmen menengah. Selain itu, adanya kamera depan beresolusi 20MP yang dilengkapi dengan Selfie Softlight membuat smartphone ini sangat direkomendasikan bagi Anda pecinta foto selfie, dan sesuai dengan jargonnya “Perfect Selfie”, hasil selfie menggunakan kamera depan Vivo V5 sangat memuaskan.

Namun sektor multimedia juga tidak bisa dianggap remeh, dengan harga Rp3,499 juta Anda sudah mendapat smartphone dengan paket komplit, yakni unggul dalam sektor fotografi, multi media, dan spesifikasi yang memadai. Kapasitas memori yang besar dan desain yang kekinian juga dapat Anda andalkan ketika memiliki smartphone ini.

Kelebihan 

  • Kamera depan 20MP dengan Selfie Softlight
  • Kualitas audio Hi-Fi sangat mantap
  • Respon sensor pemindai sidik jari yang sangat cepat berkat fitur Faster Fingerprint Unlocking
  • Desain yang stylish
  • Kapasitas memori besar
  • Dual SIM 4G

Kekurangan

  • Resolusi layar masih HD
  • Tidak mendukung fast charging
  • Slot SIM hybird

Daftar pertanyaan yang sering dilontarkan beserta jawabannya:

Q: Sistem operasi yang digunakan Android versi berapa?
A: Android 6.0 Marshmallow dengan antarmuka Funtouch OS 2.6

Q: Apakah telah menggunakan pelindung layar seperti Corning Gorilla Glass atau sejenisnya?
A: Sudah dilapisi Gorilla Glass

Q: Sudah mendukung jaringan 4G LTE di Indonesia?
A: Sudah, operator yang didukung di Indonesia dengan frekuensi 1800MHz atau 2100MHz seperti Indosat Ooredoo, Telkomsel, dan XL Axiata.

Q: Apakah ada LED notifikasi pada smartphone ini?
A: Ada

Q: Bisa main game virtual reality (VR)?
A: Bisa, karena sudah dilengkapi dengan sensor Gyroscope.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Vivo Indonesia, Anda bisa mengunjungi halaman resmi Vivo: