Review Vivo V5s, Selfie Beramai-Ramai dengan Kamera Depan 20MP Softlight

Review Vivo V5s, Selfie Beramai-Ramai dengan Kamera Depan 20MP Softlight

BeritaTeknologi.com

Sebagai salah satu brand smartphone yang mengusung tagline camera & music, Vivo  menghadirkan smartphone terbarunya ke Indonesia yang bertajuk Vivo V5s. Smartphone ini hadir dengan beberapa peningkatan dan masih mengandalkan kamera depan yang mumpuni untuk keperluan selfie serta kualitas musik yang berkelas.

depan

Dengan tag line “perfect selfie”, smartphone ini masih mengandalkan kemampuan selfie sebagai nilai jual utama berkat kamera depan beresolusi tinggi yang dilengkapi dengan berbagai macam fitur untuk memaksimalkan hasil selfie. Namun tak hanya mengandalkan fitur kamera saja, karena smartphone ini juga telah dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni di kelasnya. Berikut adalah hasil ulasan Berita Teknologi untuk Vivo V5s.

Spesifikasi Vivo V5s:

  • Layar : IPS 5,5 inci, 1280×720 piksel, 2,5D Corning Gorilla Glass
  • Jaringan : EDGE, 3G, HSPA, 4G LTE
  • Konektivitas : Micro USB, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth v4.0
  • Chipset : Mediatek MT6750
  • CPU : Octa-core 1.5 GHz Cortex-A53
  • GPU :Mali-T860MP2
  • Memori : 4GB RAM + 64GB memori internal, micro SD hingga 256GB
  • Kamera utama : 13MP pada bagian belakang, phase detection autofocus, LED flash
  • Kamera depan : 20 MP, f/2.0, 1/2.8″ sensor size, 1080p, Softlight
  • Baterai : 3000mAh non-removable
  • SIM : Dual SIM card (nano-micro)
  • OS : FuntouchOS 3.0 (Android 6.0 Marshmallow)
  • Harga : Rp3.799.000

Paket penjualan Vivo V5s:

  • Sebuah perangkat smartphone Vivo V5s
  • Buku petunjuk penggunaan
  • Kartu garansi
  • Sebuah soft case
  • Sebuah SIM ejector
  • Sebuah kabel data USB – micro USB
  • Sebuah kepala charger dengan output 2A (fast charging)
  • Sebuah earphone XE100

Vivo V5s 2

Ini dalam paket penjualan Vivo V5s ini masih sama dengan smartphone V series lainnya, dimana Anda akan mendapatkan aksesoris yang terbilang lengkap. Hadirnya soft jelly case dalam paket penjualan juga tidak membuat Anda harus repot-repot membeli soft case lagi. Selain itu, adanya earphone XE100 Hi-Fi juga menjadi nilai lebih pada paket penjualan smartphone ini.

Kamera

Karena smartphone ini memiliki fitur utama pada kamera, bagian utama yang kami ulas terlebih dahulu tentu saja soal kamera yang dimilikinya. Vivo V5s dibekali dengan kamera selfie 20MP Crystal-Clear Selfies Sony IMX376 20MP yang menghadirkan teknologi selfie ke tingkat berikutnya. Menikmati kejelasan yang indah dan lebih hidup serta warna alami dalam setiap pengambilan foto.

Kamera depan beresolusi 20MP smartphone ini memiliki sudut pandang luas. Kamera depan memiliki aperture  f/2.0, 1/2.8″ sensor size, dan dapat merekam video hingga resolusi 1080p. Dengan resolusi sebesar itu, tentu saja smartphone ini dapat menjanjikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan kamera standar.

Berikut ini hasil foto perbandingan kamera depan( sebelah kiri menggunakan mode Face Beauty, sebelah kanan mode kamera biasa)

Mode Face Beauty
Mode Face Beauty

Selain itu, update Selfie Softlight menawarkan solusi yang lebih baik untuk menangkap kulit cerah setiap selfie Anda. Tidak peduli pada saat malam hari maupun siang hari, dengan Selfie Softlight V5s terbaru, kecantikan Anda akan terlihat bersinar.

Pada kamera depan terdapat beberapa mode pengambilan gambar, termasuk foto biasa, video, Face Beauty, dan Group Selfie. Pada mode kamera biasa kita hanya bisa mengaktifkan fitur HDR dan beberapa filter seperti Quiet, Baked, Sunrise, dan lain-lain. Sementara untuk mode Face Beauty, kita dapat mengatur Buffing, Skin Tone, dan Whitening untuk memaksimalkan paras saat selfie.

Jika kamera depan dirasa kurang luas untuk selfie beramai-ramai, smartphone ini memiliki fitur Group Selfie. Vivo berdedikasi untuk teknologi fotografi ponsel pintar mutakhir. Dengan Group Selfie, efek panning lansekap panorama dapat digunakan dalam jarak dekat.

Berikut ini adalah contoh beberapa hasil foto group selfie.

Group Selfie
Group Selfie
Group Selfie
Group Selfie
Group Selfie
Group Selfie

Sedangkan berikut ini adalah hasil foto menggunakan kamera belakang (sebelah kiri menggunakan fitur HDR, sebelah kanan auto)

 

Meski smartphone ini memiliki fitur canggih pada kamera depannya, namun bukan berarti kamera belakang smartphone ini tak kalah mumpuni. Vivo V5s mengusung sensor kamera belakang 13MP yang oke dengan teknologi PDAF yang memungkinkan Anda dapat menangkap setiap momen secara cepat dalam detail halus. Selain itu, Anda juga dapat mengambil multiple frame dalam waktu yang cepat untuk menghasilkan foto 52MP, dimana hasil foto tidak pecah saat di-zoom berkali-kali di mana fitur ini dapat digunakan pada mode Ultra HD.  Anda bisa memperhatikan contoh hasil foto Ultra HD di bawah ini di mana pada bagian yang dilingkari tetap tidak pecah saat dizoom yang kami tampilkan di bagian kanan atas. Keren kan?

Menggunakan mode Ultra HD 52MP
Menggunakan mode Ultra HD 52MP

Berikut ini hasil foto menggunakan kamera belakang (sebelah kiri menggunakan fitur HDR, sebelah kanan auto)

 

Mode Profesional
Mode Profesional

Mode pengambilan gambar pada kamera belakang lebih banyak jika dibandingkan kamera depan, hanya saja fitur Group Selfie yang absen, namun fitur tersebut tergantikan dengan mode panorama yang dapat menangkap sudut pandang lebih lebar. Anda dapat memilih mode Night, Ultra HD (52MP), PPT, Professional, slow, dan Time-lapse. Selain itu, LED flash pada kamera belakang juga dapat membantu pencahayaan yang lebih natural saat kondisi gelap.

mode kamera

Untuk mode Ultra HD, Anda bisa memotret hingga resolusi tinggi, yakni hingga 52MP. Pada mode ini hasil foto akan memiliki resolusi lebih tinggi, serta ukuran file yang beberapa kali lipat lebih besar. Biasanya, foto yang tidak menggunakan mode ultra HD rata-rata berukuran 3MB hingga 5MB. Namun ketika menggunakan mode Ultra HD akan membengkak menjadi sekitar 12MB. Ketika di-zoom, hasil foto Ultra HD tidak mudah pecah berkat resolusinya yang ditinggikan.

Desain dan Body

Vivo V5s 1

Vivo V5s hadir dengan Sleek Unibody Design, dimana smartphone ini menawarkan sisi desain yang ramping, dengan panel samping dan tepi lengkungan yang mulus dan melengkung. Selain itu, garis antena atau penutup berbentuk U-shaped yang elegan, membuatnya nyaman untuk digenggam maupun dilihat. Bahan metal yang diusung smartphone ini juga terasa premium, kokoh dan tidak licin saat digenggam. Tentu hal tersebut juga menjadi nilai lebih, karena banyak smartphone metal yang terasa licin saat digenggam. Untuk pilihan warnanya tersedia dalam dua pilihan, yakni Crown Gold dan Rose Gold.

Foto bagian belakang dan depan
Foto bagian belakang dan depan

Vivo v5s

Sisi kanan dan kiri
Sisi kanan dan kiri

Penempatan port dan tombol terbilang masih sama seperti pendahulunya, yakni tombol power dan volume berada di sebelah kanan, SIM tray bedada di sebelah kiri, dan di bagian bawah terdapat port audio jack 3.5mm, port micro USB, dan lubang speaker. Tombol home di bagian depan sudah terintegrasi dengan sensor fingerprint, namun sedikit berbeda karena tombol tidak dapat ditekan, melainkan hanya bisa di-tap.

Bagian bawah
Bagian bawah

Sensor fingerprint pada smartphone ini dapat membuka kunci telepon dalam 0.2 detik dari layar cerah dengan satu sentuhan sensor sidik jari saja. Dan dengan adanya fitur Fingerprint Launch, Anda dapat membuka aplikasi langsung dari layar gelap dengan menggeser ke bawah ke arah pad fingerprint.

Layar

Vivo V5s mengusung layar yang cukup lebar, yakni seluas 5,5 inci dan memiliki resolusi 720×1280 piksel. Panel layar yang digunakan smartphone ini berjenis IPS dan sudah dilapisi dengan Gorilla Glass 3. Kaca yang digunakan pada lapisan layar sendiri sudah 2.5D yang sedikit melengkung di ujungnya. Secara keseluruhan, layar dari smartphone ini dapat memenuhi kebutuhan dengan baik berkat resolusi yang dimilikinya.

Sebagai penunjang, layar smartphone ini telah dibekali dengan beberapa fitur penunjang seperti Eye Protection Mode. Fitur tersebut dapat menyaring bluelight atau cahaya biru yang dipancarkan oleh layar smartphone. Cahaya biru yang dihasilkan layar sendiri dapat berakibat buruk bagi kesehatan mata, terutama ketika Anda menatap layar ponsel saat malam atau gelap.

Software, Tampilan Antarmuka, & Fitur

Untuk sistem operasi yang dijalankan smartphone ini adalah Android 6.0.1 Marshmallow dengan tampilan antarmuka Funtouch OS versi 3.0. UI baru tersebut membawa fitur-fitur baru yang belum ada pada versi sebelumnya. Anda bisa mengganti tampilan antarmuka sesuai dengan keinginan karena UI ini mendukung kustomisasi. Adanya i Theme memungkinkan Anda untuk mengunduh tema, wallpaper, screen lock, atau font.

Berikut ini screenshot gambar tampilan antarmuka (Home screen, Widget, Efek animasi, iTheme)

Masih sama seperti sebelumnya, tampilan antarmuka Funtouch OS tidak memiliki app drawer. Namun ini membuat tampilan semakin sederhana dan mudah untuk dioperasikan. Tarik dari bawah ke atas untuk menampilkan bar control, sementara bar notifikasi berada di atas. Secara keseluruhan, tampilan antarmuka smartphone ini terasa smooth dan tidak ada lag saat berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain.

(Sebelah kiri tampilan control bar, sebelah kanan tampilan notification bar)

Bagi Anda yang suka mengganti-ganti efek animasi, UI ini menyediakan beberapa efek perpindahan menu yang cukup beragam. Kabar menarik lain, bloatware yang terinstal pada smartphone ini tidak terlalu banyak dan beberapa masih bisa dihapus. Namun beberapa di antaranya ada yang bersifat permanen atau tidak dapat dihapus.

Screenshot penggunaan fitur App-clone (sebelah kiri mode edit, sebelah kanan hasil kloning aplikasi)

Fitur App Clone merupakan fitur terbaru yang dibawa antarmuka Funtouch OS 3.0. Fitur baru App Clone membantu memisahkan kehidupan profesional Anda dari kehidupan pribadi, Anda dapat menggunakan dua akun untuk login ke aplikasi media sosial pada saat yang sama. Saat ini fitur tersebut mendukung WhatsApp, Line, BBM, Wechat, Zalo dan Viber. Namun tidak menutup kemungkinan ada aplikasi baru yang didukung fitur ini di masa yang akan datang.

Smart-Split
Smart-Split

Fitur Smart Split membuat multi-tasking menjadi mudah, jika pesan teks masuk saat Anda menonton video, cukup klik sekali untuk membagi layar menjadi dua. Anda dapat membalas pesan di satu sisi dengan tetap menikmati video di sisi lainnya. Saat ini mendukung streaming video, Facebook, Line, Pesan, Viber, WeChat, WhatsApp, YouTube, Video, Menonton Film & TV, VLC untuk Android dan MX Player.

Selain itu, masih ada beberapa fitur lainnya seperti Smart Motion yang memiliki beberapa mode termasuk Smart Wake yang bisa mengakses aplikasi tertentu dari kondisi layar mati atau terkunci dengan membuat sebuah pola yang ditentukan sebelumnya. Sebagai contoh, jika Anda ingin langsung mengakses pemutar musik, Anda bisa menggambar pola huruf “m” pada layar.

Untuk fitur Air Operation memiliki dua mode, yakni Black Screen Galance da Air Unlock. Untuk menggunakan fitur Black Screen Glance, Anda hanya perlu melayangkan telapak tangan Anda di atas layar setinggi 3-5cm untuk mengetahui sekilas informasi yang ada pada smartphone. Sementara Air Unlock dapat membuka kunci smartphone Anda dengan membolak-balik layar Anda dengan cara yang sama seperti Black Screen Glance.

Lalu ada juga smart turn off/on screen, yang secara otomatis akan menyesuaikan tingkat kecerahan layar atau mengunci layar smartphone dengan double tap. Smart call untuk menerima panggilan dengan beberapa gesture. Tak ketinggalan ada juga fitur shake to turn on the flashlight, tilt to zoom picture, dan smart reminder.

Ada juga fitur One-handed untuk mengoperasikan smartphone ini menggunakan satu tangan, Super screenshot untuk merekam layar beserta suara, dan smart click untuk memanfaatkan tombol volume (-), dimana Anda bisa memilih untuk menyalakan lampu, membuka kamera, atau merekam suara ketika layar dalam kedaaan mati.

Multimedia

Karena menyasar segmen muda yang butuh banyak fitur hiburan, smartphone ini tidak hanya menyuguhkan kemampuan kamera yang mumpuni, namun juga multimedia yang tak kalah hebat. Seperti yang kita ketahui, kebanyakan smartphone Vivo telah dibekali dengan audio yang mumpuni, dan tak terkecuali Vivo V5s. Smartphone ini dibekali dengan chip audio AK4376 untuk menghasilkan suara yang lebih jernih dan lebih nyata.

(Sebelah kiri fitur BBE, sebelah kanan pemutar musik iMusic)

Chip audio Hi-Fi AK4376 adalah langkah lain dalam perjalanan Vivo untuk kesempurnaan Hi-Fi. Teknologi Hi-Fi tidak hanya memberikan kualitas suara yang tak tertandingi, Akan tetapi juga sangat hemat energi. Bersiaplah menikmati pengalaman mendengarkan musik seperti berada di tempatnya. Untuk menikmati Hi-Fi Music, Anda harus menggunakan earphone yang sudah tersedia di paket penjualan. Sementara untuk loud speaker yang berada di bagian bawah terdengar lantang.

Vivo menyediakan aplikasi musik bawaan dengan tampilan simple namun elegan. Sedangkan aplikasi lain untuk multimedia ada YouTube dan FM Radio. Selain fitur Hi-Fi, ada juga fitur BBE untuk audio yang lebih baik jika Anda menggunakan earphone atau headset custom.

Hardware & Performa

Vivo V5s masih mengandalkan chipset Mediatek MT6750 octa-core 1.5GHz yang sama seperti Vivo V5. Namun untuk kapasitas memorinya lebih besar varian V5s ini, yakni 4GB RAM dan 64GB untuk penyimpanan internal. Selain itu, smartphone ini juga mengusung slot microSD yang mendukung hingga 256GB. Karena jenis hybrid,  bagi Anda yang ingin menggunakan microSD tidak bisa menggunakan slot SIM 2 untuk SIM Card. Untuk pengolahan grafis, smartphone ini mendayagunakan GPU Mali-T860MP2.

(Sebelah kiri informasi CPU, sebelah kanan pengaturan memori)

Karena kapasitas memorinya sudah termasuk besar di kelasnya, Anda tidak perlu khawatir bakal kekurangan kapasitas penyimpanan. Dari total memori 64GB, Anda dapat menggunakan 49 GB untuk menyimpan berbagai macam file dan aplikasi. Adanya dukungan USB OTG juga membuat semakin mudah memindahkan file. Sementara untuk kapasitas RAM yang tersisa di kisaran 2GB, namun tergantung seberapa banyak aplikasi yang Anda instal.

Karena masih menggunakan chipset kelas menengah, smartphone ini masih cukup enak digunakan untuk memainkan berbagai macam game HD, namun untuk game dengan grafis sangat tinggi akan terdapat sedikit frame skip atau lag, namun itu tidak menjadi sebuah masalah. Beberapa game seperti Suicide Squad: Special Ops, Asphalt 8, Real Racing 3, Dead Trigger 2, Ninja Arashi dapat berjalan dengan lancar. Sedangkan untuk Dynasty Warrior: Unleashed terjadi beberapa lag, terutama saat banyak karakter dalam satu frame. Namun smartphone ini dapat menjalankan game Mobile Legends: Bang Bang dengan sangat lancar pada pengaturan grafis maksimal.

Berikut ini screenshot saat kami memainkan game-game tersebut di atas.

Battle Bay
Battle Bay
Dynasty Warrior Unleashed
Dynasty Warrior Unleashed
Suicide Squad Special Ops
Suicide Squad Special Ops
Ninja Arashi
Ninja Arashi

Smartphone ini dibekali dengan sensor yang terbilang lengkap, termasuk sensor magnetik dan giroskop. Adanya sensor giroskop memungkinkan Anda untuk menikmati konten virtual reality menggunakan Google Cardboard atau headset VR.

Benchmark Antutu & Geekbench

Lalu bagaimana dengan hasil benchmark? Pada aplikasi AnTuTu Benchmark, smartphone ini berhasil meraih skor 41530 yang terbilang baik di kelasnya. Smentara menggunakan GeekBench, smartphone ini menorehkan skor 596 untuk tes single-core dan 2518 untuk tes multi-core.

(Screenshot hasil benchmark, AnTuTu Benchmark, GeekBench, Sensor Box)

Konektivitas

Smartphone ini mengusung fitur dual SIM yang mendukung 4G meski tidak pada waktu yang sama. Untuk fitur konektivitas lainnya ada Bluetooth 4.0, Wi-Fi ac, dan GPS / A-GPS. Sedangkan port yang digunakan masih micro USB namun sudah mendukung USB OTG.

Baterai

Smartphone ini dibekali dengan baterai berkapasitas 3.000 mAh yang tertanam di dalam bodi. Kapasitas baterai tersebut saat ini memang menjadi standar di kelas menengah dan bisa dikatakan mencukupi bagi smartphone dengan layar 5,5 inci. Lalu apakah kapasitas baterai sebesar itu cukup untuk memenuhi kebutuhan daya smartphone ini?

Mengingat chipset yang digunakan smartphone ini cukup ramah dalam konsumsi daya, baterai Vivo V5s mampu bertahan seharian dalam penggunaan wajar (bermain game, menonton YouTube, mengakses sosial media, dll) hanya dalam sekali pengisian saja. Namun yang perlu dicatat bahwa penggunaan setiap orang berbeda-beda dan seberapa banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang serta seberapa terang tingkat kecerahan layar sangat berpengaruh pada hasil pengujian.

Hal menarik lainnya dari smartphone ini terletak pada kecepatan pengisian ulang baterainya. Sebagai smartphone yang tidak didukung fitur fast charging, kecepatan pengisian baterai dari 0% hingga 100%  membutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit dengan charger 2A bawaan dari paket penjualan.

Kesimpulan

Dengan berbekal kamera Selfie 20MP Softlight, Vivo V5s memang pantas menyandang tagline “perfect selfie”, karena smartphone ini memberikan hasil foto selfie seperti yang diharapkan para pecinta foto selfie, baik di kondisi terang maupun minim cahaya. Meski dibanderol lebih mahal dari Vivo V5, namun hal tersebut cukup setimpal dengan apa yang Anda dapat karena ada beberapa peningkatan yang dibawa smartphone ini. Selain itu, desain yang lebih segar juga membuat smartphone ini tampil beda dari pendahulunya.

Tak hanya mengandalkan fitur kamera saja, karena sektor multimedia pada smartphone ini pantas diacungi jempol berkat fitur Hi-Fi Music. Sementara untuk performa dikatakan dapat bersaing dengan kompetirornya, berkat RAM 4GB untuk membuka banyak aplikasi sekaligus. Efisiensi daya baterai dan kecepatan dalam mengisi ulang baterai menjadi nilai lebih pada smartphone ini.

Kelebihan 

  • Kamera depan 20MP dengan Selfie Softlight
  • Fitur baru Group Selfie untuk berfoto bersama banyak orang dari kamera depan
  • Kualitas audio Hi-Fi sangat mantap
  • Respon sensor pemindai sidik jari yang sangat cepat
  • Desain berkesan premium
  • Kapasitas memori besar (RAM 4GB, ROM 64GB)
  • Dual SIM 4G

Kekurangan

  • Di atas kertas resolusi layar masih HD, namun untuk performa layar masih sangat memuaskan
  • OS yang dijalankan masih Android 6.0 Marshmallow
  • Tidak cocok untuk gaming dengan grafis tinggi

Daftar pertanyaan yang sering dilontarkan beserta jawabannya:

Q: Sistem operasi yang digunakan Android versi berapa?
A: Android 6.0 Marshmallow dengan antarmuka Funtouch OS 3.0

Q: Apakah telah menggunakan pelindung layar seperti Corning Gorilla Glass atau sejenisnya?
A: Sudah dilapisi Gorilla Glass 3

Q: Sudah mendukung jaringan 4G LTE di Indonesia?
A: Sudah, operator yang didukung di Indonesia dengan frekuensi 1800MHz atau 2100MHz seperti Indosat Ooredoo, Telkomsel, dan XL Axiata.

Q: Apakah ada LED notifikasi pada smartphone ini?
A: Ada

Q: Apakah smartphone ini menggunakan slot SIM hybrid?
A: Ya

Q: Bisa main game virtual reality (VR)?
A: Bisa, karena sudah dilengkapi dengan sensor Gyroscope.

 

1 COMMENT

  1. hallo …. mau tanya donk, aku baru beli vivo v5s, tapi di kamera nya aku gak nemu nemu fitur group selfie,, ada nya panorama , beauty face, foto, video … itu gimana ya ?? barangkali tau.. hehe tq

Leave a Reply