World of Tank merupakan MMO Action Game yang memfokuskan pada pertempuran antar tank. Game ini sendiri telah menyabet berbagai macam penghargaan, diantaranya kategori Best Online Client Game, Best New Concept, Best Free MMORPG, hingga penghargaan dari World Guinness Record untuk kategori game online dengan pemain terbanyak dalam satu server. Inilah yang membuat saya cukup penasaran dan bertekad untuk mendownload client game ini sebesar 1,75 GB, memang lumayan besar juga tapi tenang saja game online ini menawarkan Free to Play. Langsung saja kita simak seberapa hebatnya game online ini.

Story
Game online ini mengambil seting zaman perang dunia ke 2, dimana pada saat itu perang tank terbesar pernah terjadi. Game online ini tidak menyajikan cerita utama karena game online ini memfokuskan pada pertempuran antar tank dari dua kubu yang berbeda. World of Tank bakal menyajikan hingga 150 lebih jenis tank dari negara Amerika, Jerman, dan USSR yang memang karakteristik dan model tiap tank telah disesuaikan dengan data sebenarnya.


Gameplay
Setelah membuat akun dan login ke dalam permainan. kita akan berada di layar hangar yang memiliki 3 tank kelas ringan yang dapat dipergunakan. Hangar tank dapat memuat hingga 5 tank dan dapat ditambah lagi dengan membeli slot baru. kita dapat menjual ataupun membeli tank baru yang lebih kuat lagi dengan uang atau credit yang didapatkan dari memenangkan pertempuran. Tank dalam game ini dikategorikan menjadi 3 kelas, yakni tank kelas ringan, kelas menengah, dan tank kelas berat, seperti tank Tiger II dari Jerman. Jumlah tank yang dapat diakses serta peta permainan pada awalnya hanya sedikit saja, dan nanti akan terus berkembang seiring berjalannya permainan yang akan memperbolehkan kita untuk memilih peta permainan yang lebih besar dan kompleks.

Dalam game online ini kita bisa mencicipi 3 mode permainan yang ditawarkan, yakni Random Battle, Team Battle, dan Training Battle. Namun saya sendiri lebih tertarik mencoba mode Team Battle atau Company Battle karena lebih seru dan rusuh dengan satu peta permainan yang dapat mendukung hingga 60 pemain. Pertempuran antar dua tim besar juga tidak berlangsung kaku, sepanjang pertempuran membutuhkan kerjasama antar anggota tim yang merupakan kunci kemenangan dalam permainan ini.


Pada layar hangar tank, kita dapat memodifikasi bagian-bagian tank untuk mendapatkan performa yang lebih baik. Ada sekitar 5 bagian penting yang dapat dimodifikasi pada sebuah tank, seperti menganti mesin yang lebih tangguh, menganti lambung tank yang lebih kuat, menganti rantai roda tank, hingga menganti meriam utama dan radio komunikasi yang lebih bagus. Game ini juga menyajikan beberapa jenis amunisi dengan daya rusak yang berbeda-beda, misalnya peluru armor-piercing hingga peluru High Explosive Anti Tank. Jumlah amunisi yang dapat kita bawa disesuaikan dengan kapasitas pada masing-masing tank. Kemudian kita juga dapat membawa item Equipment sebanyak tiga jenis saja, seperti ToolBox untuk meningkatkan kecepatan memperbaiki bagian yang rusak sebesar 25 persen, Tabung CO2 untuk mengurangi sebesar 50 persen terbakarnya tank, dan sebagainya. Selanjutnya kita juga dapat membawa item yang dapat dikonsumsi selama pertempuran berlangsung, seperti First Aid Kit untuk menyembuhkan kru tank yang terluka, Repair Kit untuk memperbaiki bagian tank yang rusak, dan sebagainya. Sayangnya, item konsumsi juga hanya diperbolehkan membawa 3 jenis item yang berbeda saja. Jadi kita mesti hati-hati dalam memilih item yang akan dibawa dan mempergunakanya dalam kondisi yang tepat.

Selesai mempersiapkan tank kita, saatnya tank kita terjun ke medan perang. Dengan pandangan orang ketiga, tank dapat digerakan dengan mengunakan tombol W,A,S,D dan mouse. Dalam menembak, kita dapat membidik secara langsung atau untuk membidik tank musuh yang jaraknya jauh, kita bisa masuk ke dalam mode sniper dengan mengklik tombol roda pada mouse. Kemudian dalam mengkonsumsi item dan equipment dapat diakses dengan mengunakan tombol angka pada keyboard. Terus terang, baru beberapa menit saja saya sudah dapat menguasai mekanisme pengontrolan tank dalam game ini yang memang didesain cukup friendly. Kemenangan suatu tim akan ditentukan dengan menghancurkan semua tank musuh atau merebut markas musuh dengan melaju ke area yang ditandai dengan lingkaran bewarna putih dan bertahan hingga status bar yang berwarna hijau menjadi warna merah.


Setiap komponen atau bagian dari tank juga bisa rusak akibat tembakan tank musuh, tapi kita dapat memperbaikinya dengan beberapa konsekuensi yang harus kita terima. Misalnya, mesin yang rusak akan membuat tank tidak bisa bergerak dan setelah diperbaiki, tank dapat bergerak dengan lambat karena mesinnya sudah tidak maksimal lagi. Tembakan tank musuh juga dapat melukai kru yang berada didalam tank dan ini akan mengakibatkan masalah serius pada kinerja tank kita. Misalnya kru bagian penembak tewas maka tank kita tidak dapat menembakan senjata meriam lagi. kru tank yang sudah berpengalaman akan sangat membantu meningkatkan performa tank kita di medan perang, seperti mempercepat reload amunisi meriam, kamuflase yang lebih baik, jangkauan jarak pantau yang semakin jauh, manuver tank yang lebih cepat, hingga akurasi tembakan yang lebih tepat.

Taktik dan strategi dalam pertempuran sangat penting di game ini, karena sekuat apapun tank tersebut memiliki kelemahan seperti contoh saat tank saya M3 Stuart melawan tank destroyer yang memang termasuk tank tangguh akan tetapi tank tersebut memiliki perisai samping dan belakang yang tipis sehingga saat tank saya yang berkelas ringan memiliki kecepatan laju dan manuver yang baik, dapat dengan mudah mengapai posisi belakang tank musuh dan menghajar perisai belakang hingga menimbulkan kerusakan mesin pada tank tersebut. Lingkungan medan peperangan juga memiliki peranan penting dalam menerapkan taktik dan strategi. Seperti Kita dapat berlindung di reruntuhan bangunan, komplek perumahan, berlindung dibalik tank yang terbakar, ataupun bersembunyi di balik pepohonan yang rindang untuk mengelabui pandangan tank musuh. Bahkan medan peperangan juga terdapat perbukitan, sehingga tank kita dapat mendakinya dan berada pada posisi yang paling tinggi untuk mendapatkan jarak tembak yang tepat.


Tiap tank dalam game ini juga memiliki radio komunikasi yang berperan sangat penting dalam sebuah tim, misalnya Tank kita berada dijarak yang paling belakang dan karena terbatasnya jarak pandang sebuah tank, maka kita tidak dapat melihat tank musuh yang berada jauh didepan. Namun saat tank sesama tim melaju cepat ke depan dan melihat tank musuh tersebut, mereka akan menginformasikan ke tank kita mengunakan radio komunikasi dan pada radar tank kita akan segera terdeteksi posisi tank musuh tersebut. Sungguh menarik konsep permainan yang ditawarkan pada game online ini.

Graphic
Model tank pada game ini tampak detil dan jelas. kita dapat melihat bagian-bagian terkecil dari tank tersebut, misalnya jerigen bahan bakar, pintu katup, dsb. Selanjutnya untuk desain lingkungan permainan terlihat cukup bagus dengan adanya variasi objek seperti bangunan, pepohonan yang dapat tumbang saat tank menabraknya, hingga perbukitan. Namun pada beberapa objek dalam game ini, terlihat suram dan kurang detil serta efek yang ditampilkan pun kurang menonjol dalam game ini. Secara keseluruhan, kualitas grafisnya masih standar dan tidak terlihat mewah jika dibandingkan dengan game saat ini.

Overall
Harus diakui game online ini membuat kita ketagihan karena fitur mikromanajemen dalam memodifikasi tank untuk menjadi yang terkuat dan pertempuran antar tank yang sengit menjadi keasikan tersendiri dalam game online ini.

World Of Tank
Publisher : Wargaming.net
Developer : Wargaming.net
Release Date : 12 April 2011
Platform : PC

Score
Story  60
Gameplay  85
Graphic  70
Overall  90


2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here