Di era moderen saat ini, sudah bukan hal yang asing lagi jika benda-benda di sektiar kita atau yang kita pakai mendapatkan sentuhan teknologi. Salah satunya adalah wearable fitness tracker yang saat ini sudah banyak beredar di pasaran. Fungsi utama fitness tracker selain tentunya memantau kebugaran kita, wearable ini juga dapat meningkatkan penampilan karena biasanya datang dengan band atau strap yang menarik.

mi-band-2

Sebagai perusahaan teknologi yang rajin menghadirkan produk elektronik inovatif, Xiaomi juga tak ketinggalan menghadirkan fitness tracker. Perusahaan China itu saat ini sudah meluncurkan seri ketiga yang bernama Mi Band 2, di mana sebelumnya perusahaan telah meluncurkan Mi Band 1 dan Mi Band 1s. Lalu, seperti apa wujud dan keunggulan yang dimiliki oleh Xiaomi Mi Band 2 ini? Simak ulasannya berikut.

Spesifikasi Xiaomi Mi Band 2:

  • Layar OLED 0,42 inci
  • Dimensi 40,3 x 15,7 x 10,5 mm
  • Berat 19 gram
  • Baterai 70mAh
  • Bluetooth 4.0 Low Energy
  • Sensor Heart-rate, Pedometer
  • Panjang band 235 mm
  • Tombol kapasitif
  • Harga Rp500.000

Kelengkapan

kelengkapan-mi-band-2

  • Sensor Mi Band 2
  • Strap band
  • Konektor charger
  • Buku panduan manual

Desain

Sebagai seri terbaru, Mi Band 2 pastinya telah membawa perbaikan dari dua seri sebelumnya. Seluruh permukaan chip Mi Band 2 ini dilapisi oleh kaca yang sudah mendapatkan lapisan khusus, sehingga tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari. Namun terkadang permukaan Mi Band 2 tetap meninggalkan bekas sidik jari, terutama jari yang berkeringat. Sementara untuk band atau gelang terbuat dari bahan karet yang cukup menyaman dikenakan, termasuk ketika saat basah, tetapi cukup sulit kering ketika sudah basah.

xiaomi-mi-band-2-wearable

 

Mi Band ini dilengkapi dengan lingkaran seperti tombol fisik, namun sebenarnya ini merupakan tombol kapasitif yang berfungsi untuk menampilkan informasi dan untuk mengganti menu-menu yang akan ditampilkan pada layar OLED. Dengan hadirnya aksen lingkaran seperti tombol itu membuat tampilan Mi Band 2 secara keseluruhan tetap elegan namun juga terlihat sederhana.

Untuk band atau gelang memiliki panjang total 235 mm yang bisa Anda sesuaikan ketika dikenakan mulai dari 155 hingga 210 mm.

Layar

Mi Band 2 merupakan fitness tracker pertama dari Xiaomi yang mengusung display. Dua model sebelumnya hadir tanpa mengusung display dan hanya mengandalkan sambungan dengan smartphone saja. Layar Mi Band 2 berjenis OLED yang tentunya dapat memberikan tampilan jelas, meski di bawah sinar matahari. Jenis layar ini juga diklaim hemat energy, sehingga smartband ini mampu bertahan lebih lama. Layar OLED ini memiliki luas 0,42 inci dan tidak akan terlihat ketika keadaan mati.

Fitur

menu-mi-fit

Tentu fitness tracker ini telah dibekali dengan banyak fitur. Fitur utama smartband ini tentunya memonitor kebugaran kita, seperti jarak langkah kaki, kalori yang terbakar dan detak jantung. Semua informasi itu dapat ditampilkan di layar OLED. Algoritma pedometer Mi Band 2 juga sudah ditingkatkan, sehingga akan menyaring gerakan yang tidak penting, jadi yang dihitung hanyalah gerakan olahraga saja.

Dengan hadirnya Bluetooth 4.0 Low Energy, smartband ini dapat tersambung dengan smartphone. Anda bisa melihat semua informasi kebugaran tubuh Anda seperti jumlah kalori yang terbakar, kualitas tidur, dan lain-lain langsung melaui aplikasi Mi Fit. Aplikasi dan Mi Band 2 hanya mendukung OS Android 5.0 ke atas. Melalui Mi Fit Anda juga bisa meng-upgrade firmware chip, mengatur informasi apa saja yang ditampilkan di layar OLED dan lain-lain.

menu-mi-fit-2

Anda juga dapat mengaktifkan layar secara otomatis, ketika Anda mengangkat tangan untuk melihat informasi pada Mi Band 2 tanpa menyentuh tombol. Sama seperti smartband lainnya, ketika Anda terlalu lama duduk dan tidak bergerak, fitur Idle membuat Mi Band 2 bergetar secara lembut untuk mengingatkan Anda agar beristirahat sebentar atau sekedar minum.

Mi Band 2 bisa gergetar jika ada notifikasi di smartphone, dan ketika Anda mengaktifkan alaram di Mi Band 2, maka ketika sudah tiba waktunya Mi Band 2 akan memberikan getara halus untuk membangunkan Anda. Bagi Anda yang melakukan konfirgurasi lebih lanjut, Anda bisa membuka kunci smartphone hanya dengan mendekatkan Mi Band 2 pada smartphone.

Baterai

Mi Band 2 memiliki baterai sebesar 70mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 20 hari. Tentunya daya tahan baterai tergantung seberapa sering Anda menghidupkan layar Mi Band 2. Sementara untuk pengisian ulang baterai membutuhkan waktu 1 jam lebih. Anda bisa menghubungkan charger Mi Band 2 ke USB laptop atau powerbank ketika sedang beraktivitas di luar.

IP67

Dengan adanya sertifikasi IP67, tentunya membuat smartband ini memiliki ketahanan dari debu maupun air. Ya, Mi Band 2 dapat Anda ajak menyelam ke dalam air hingga kedalaman 1 meter selama 1 jam. Namun Mi Band 2 sendiri tidak direkomendasikan untuk olahraga berenang, meski ada fitness tracker di luar sana yang direkomendasika untuk jenis olahraga berenang.

Kesimpulan

Sebagai fitness tracker terbaru, Mi Band 2 memang telah mengalami banyak perbaikan ketimbang pendahulunya. Dengan harga kurang lebih Rp500 ribuan, Anda sudah bisa memboyong fitness tracker yang terbilang memiliki fitur lengkap ini. Terlebih dengan hadirnya layar OLED membuat Anda lebih mudah mengetahui sekilas informasi mengenai kebugaran Anda, tanpa harus mengaksesnya menggunakan smartphone.

Kelebihan

  • IP67 tahan air dan debu
  • Memiliki layar OLED
  • Desain sporty dan elegan
  • Mudah dioperasikan
  • Algoritma pedometer diperbarui

Kekurangan

  • Ketika dikenakan dan basah, strap band pada bagian lubang sulit kering
  • Permukaan layar terkadang masih meninggalkan bekas sidik jari

2 COMMENTS

  1. Mas Reza, boleh tanya dong….
    Mi Band 2 saya memerlukan waktu beberapa detik sebelum bisa memunculkan heart rate, apa Mas Reza juga mengalami hal ini?
    Terima kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here