Belum lama, Xiaomi memperkenalkan produk terbarunya, Xiaomi Redmi Note 2. Xiaomi sendiri terkenal akan smartphone yang bersahabat dengan dompet, namun teteap menyuguhkan performa yang tak kalah jauh dengan smartphone merek lain, yang memiliki rentang harga di atasnya. Berita baiknya, tim kami berkesempatan untuk dapat mencicipi smartphone terbaru ini. Penasaran dengan performa dan fitur pada Xiaomi Redmi Note 2 ini? Simak terus ulasan kami.

IMG_1208

Meski bukan meruapakan jajaran tertinggi dibanding dengan produk lainnya. tetap menjadikan smartphone yang satu ini layak menjadi pilihan. Disamping dengan harga yang termasuk murah, jeroan yang ditawarkan memberikan performa di atas rata-rata.

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 2 :

  • Jaringan: GSM 900/1800/1900 Mhz, HSDPA 850/900/1900/2100 Mhz, LTE 2100/1800/2600/1900/2300/2500 Mhz
  • Dimensi: 152 x 76 x 8.3 mm
  • Layar: IPS LCD 5.5 inci 1080×1920 Full HD, 401 ppi
  • Prosesor: Mediatek MT6795 Helio X10 2.0GHz
  • GPU: PowerVR G6200
  • RAM: 2GB
  • Kamera belakang: 13 megapiksel, phase detection autofocus, LED flash, burst
  • Kamera depan: 5 megapiksel
  • Kapasitas memori internal: 16GB
  • Konektivitas: WiFi 802.11 a/b/g/n/ac dual band, Bluetooh 4.0, GPS, A-GPS
  • Memori Internal: 16GB dapat ditambah dengan micro SD
  • Baterai: Removable Li-Po 3.060mAh
  • OS: Android 5.0 Lollipop + MIUI 6

Paket penjualan yang disertakan pada box Xiaomi Redmi Note 2 ini cukup simpel, dibungkus dengan kardus warna coklat polos, dengan spesifikasi yang terletak dibelakang. Perlu diketahui bahwa smartphone yang kami gunakan ini adalah Xiaomi Redmi Note 2 yang berasal dari distributor, bukan garansi resmi. Karena untuk versi yang resmi sendiri Xiaomi Indonesia belum mengumumkan lebih detail kapan akan rilis di Indonesia. Namun karena peminat pada smartphone ini sangat tinggi, para distributor berlomba-lomba untuk membawa smartphone ini ke Indonesia.

Dalam box paket penjualan yang simpel tadi, kita akan disuguhkan:

  • Sebuah handset Xiaomi Redmi Note 2
  • Baterai berkapasitas 3.060mAh
  • Buku garansi dari distributor
  • Buku petunjuk garansi yang berbahasa Mandarin
  • Kepala charger berkekuatan 2A
  • Kabel USB

IMG_1201

Desain dan Body

Xiaomi Redmi Note 2 ini menggunakan bodi yang berbahan plastik baik pada sisi bagian depan, samping, maupun belakang. Desain yang cukup simpel dengan tidak adanya tombol fisik pada bagian depan, dan hanya tersedia 3 tombol softkey (recent apps, menu, back), tipikal smartphone Xiaomi. Kemudian terdapat sebuah kamera berkekuatan 5 megapiksel, yang terletak bersebelahan dengan earpice.

Untuk bagian belakang smartphone ini, cover yang tertanam dapat dilepas. Bahan yang digunakan pada cover penutup bagian belakang ini tidak licin, namun tidak telalu kasar, seperti berbahan matte. Untuk membuka cover belakang ini terbilang mudah, cukup gunakan kuku pada bagian sudut di bagian atas atau bawah, dan tarik dengan sedikit kekuatan. Setelah terbuka, kita bisa melihat pada bagian belakang ini terdapat satu buah kamera beresolusi 13 megapiksel, dan sebuah LED flash yang berjajar di bawahnya. Bergerak ke bagian tengah, Xiaomi Redmi Note 2 ini memiliki 2 slot SIM berukuran Micro SIM dan sebuah slot memori micro SD. Di bagian bawah ketiga slot tadi kita akan menemukan tempat baterai yang dapat dilepas. Kemudian di bagian paling bawah akan menemukan speaker yang ukurannya bisa dibilang standar

IMG_1205

Beralih ke bagian sisi kanan dan kiri, di bagian kanan smartphone ini, kita akan disuguhkan 3 tombol fisik, yaitu tombol pengaturan volume (+ dan -), serta tombol power atau tombol kunci. Sedangkan di bagian sisi kiri, tidak dijumpai satupun tombol fisik. Sayangnya, bagi yang gemar fotografi menggunakan smartphone, pada Xiaomi Redmi Note 2 ini tidak disediakan tombol fisik untuk shutter kamera. Namun, tombol tersebut dapat digantikan dengan merubah di pengaturan untuk menggunakan tombol volume + atau volume -.

IMG_1195

Di sisi atas, terdapat jack audio 3.5mm, dan sebuah sensor infra merah yang dapat digunakan sebagai remote, seperti pada televisi, pendingin ruangan, dan masih banyak lainnya. Pada bagian bawah smartphone ini, terdapat sebuah mikrofon berjajar dengan slot micro USB.

IMG_1193

Layar

Berbekal layar seluas 5.5 inci, menjadikan Xiaomi Redmi Note 2 ini phablet. Disandingkan dengan resolusi Full HD dan tingkat kerapatan layar sebesar 401 ppi, menjadikan smartphone ini sangat nyaman dilihat. Terlebih disokong dengan tampilan antarmuka MIUI, sangat memanjakan mata. Namun sedikit disayangkan bahwa layar pada smartphone ini belum dilapisi dengan teknologi anti gores seperti Gorilla Glass, mungkin absennya lapisan anti gores tersebut untuk menekan harga jual smartphone ini, agar dapat dijangkau oleh berbagai kalangan.

Antarmuka 

Seperti merek-merek ternama, Xiaomi memiliki desain antarmuka milik mereka sendiri MIUI. MIUI sendiri sudah terkenal akan tampilannya yang memukau, serta desain tema yang dapat dirubah sesuka penggunanya. Selain itu, besarnya dukungan para pengembang pihak ketiga, tema yang disajikan lebih variatif. Pada Xiaomi Redmi Note 2 ini dikatakan akan berbekal MIUI terbaru versi 7, namun sayangnya, MIUI 7 tersebut masih dalam tahap uji coba. Pada review ini, tim kami menggunakan versi stable MIUI 6 versi 6.7.10.

Screenshot_2015-10-01-17-44-52

Layaknya MIUI lainnya, pada Xiaomi Redmi Note 2 ini tidak adanya App Drawer yang berfungsi sebagai navigasi ke menu utama. Dengan absennya App Drawer, maka semua aplikasi yang dipasang terdapat pada menu home screen utama, yang cukup diusap ke kanan atau ke kiri untuk mengaksesnya. Namun tombol softkey untuk navigasi tetap dihadirkan pada smartphone ini, seperti, Recent Apps, Menu, dan tombol Back.

Seperti perangkat Android lain, jika kita mengusap dari sisi atas layar ke bawah,maka akan muncul Quick Settings yang menurut kami lengkap. Namun, bila terdapat sebuah notifikasi, maka yang pertama ditampilkan saat setelah mengusap layar tersebut adalah notifikasi yang masuk pada Xiaomi Redmi Note 2 ini. Untuk masuk ke bagian Quick Settings mudah sekali, cukup usap dari kanan ke kiri, dan selanjutya akan ditampilkan berbagai macam pilihan Quick Setting yang dipadukan dengan background blur ala MIUI.

IMG_1199

 

Screenshot_2015-09-30-17-36-20

Screenshot_2015-09-30-17-36-24

Fitur

Bicara soal fitur, yang menarik pada smartphone tentunya adalah desain antarmuka milik mereka sendiri, MIUI yang berbasis Android 5.0 Lollipop. Namun, tentunya tidak itu saja yang diandalkan pada Xiaomi Redmi Note 2 ini. Seperti yang telah dikatakan, pada sisi atas terdapat sensor infra merah yang letaknya bersebelahan dengan jack audio 3.5mm. Sensor infra merah ini dapat mengendalikan berbagai perangkat seperti, pendingin ruangan, pemutar DVD, TV, radio, bahkan kamera DSLR pun dapat dikendalikan, asal semua perangkat tadi memiliki sensor infra merah juga.

Screenshot_2015-10-01-16-53-55

Selain itu, terdapat aplikasi bernama “Tema”, dimana kita dapat mengunduh tema sesuai yang kita inginkan. Namun sayangnya tidak semua tema yang disediakan gratis, ada juga tema berbayar dengan menggunakan Mi Credit. 1 Mi Credit ini nilainya kurang lebih sekitar 1 Yuan, atau sekitar 2.400 Rupiah. Tidak perlu khawatir harus membayar, karena tema yang gratis pun ada juga yang menarik, tinggal selera masing-masing orang saja. Untuk menggantinya pun mudah, cukup masuk ke menu pengaturan dan pilih Wallpaper, kemudian pilih lagi Tema. Di situ akan ditampilkan tema-tema yang ada pada perangkat Xiaomi Redmi Note 2 ini, dan juga tema yang sudah pernah diunduh sebelumnya.

Screenshot_2015-09-30-17-38-18

Di bagian pengaturan, kita disuguhkan dengan beberapa menu, seperti pengaturan pada notifikasi. Pada MIUI kita dapat mengkustomisasi aplikasi apa saja yang dapat menampilkan notifikasi pada perangkat Xiaomi Redmi Note 2 ini, seperti notifikasi pada status bar, pada saat sedang dikunci, atau apakah ingin menggunakan lampu LED yang terletak bersebelahan dengan ear piece. Bagi Anda yang sangat sensitif akan privasi pada smartphone Anda, beruntung pada perangkat Xiaomi Redmi Note 2 ini terdapat fitur “Guest Mode”. Dimana jika diaktifkan tidak akan menampilkan informasi penting lainnya seperti, riwayat telepon, daftar pesan masuk dan keluar, bahkan foto pada galeri akan disembunyikan.

Screenshot_2015-10-01-18-18-39

Pindah ke bagian pengaturan suara, terdapat pengaturan lebih lanjut pada bagian ini, yang mana dapat mengatur musik saat sedang menggunakan headphone, atau mengatur ulang tombol-tombol yang ada sesuai dengan keinginan kita. Selain itu juga terdapat pengaturan Equalizer dan juga Mi Sound Enhancer yang berguna untuk menghasilkan kualitas audio yang jernih. Namun sayangnya fitur ini hanya befungsi ketika headphone atau headset tersambung pada Xiaomi Redmi Note 2.

Screenshot_2015-10-02-16-03-00

Kita juga dapat mengatur tingkat saturasi dan ketajaman warna melalui menu pengaturan > Additional Settings > Display. Ada juga fitur “one hand mode”, dimana ketika diaktifkan, kita akan disuguhkan pengaturan berupa ukuran layar yang akan dipakai. Untuk mengaktifkannya sangatlah mudah, cukup usap (swipe) tombol softkey menu (tengah) ke arah kanan, maka layar akan mengecil. Untuk mengembalikan seperti semula, cukup ketuk bagian yang gelap. Sangat berguna untuk yang sedang sibuk, sehingga tidak sempat untuk memegang smartphone ini dengan kedua tangan, karena ukurannya sendiri tergolong besar.

Masih di menu pengaturan tambahan, kita juga dapat mengatur warna lampu LED apa saja untuk notifikasi yang masuk pada perangkat Xiaomi Redmi Note 2 ini. Kita bisa mengatur  jenis warna LED untuk notifikasi biasa, warna LED saat ada telepon masuk, serta notifikasi saat menerima pesan. Warna yang disediakan cukup banyak, biru, merah, kuning, hijau, cyan, putih, dan violet. Sayangnya tidak disediakan pengaturan lebih lanjut dari masing-masing aplikasi yang telah dipasang secara detail untuk pengaturan LED notifikasi ini. Jadi kita sendiri bisa tahu jika LED biru misalnya notifikasi dari aplikasi A, LED merah dari aplikasi B, kuning untuk aplikasi C, dan seterusnya.

Screenshot_2015-10-01-17-45-09

Kamera

Berbekal kamera belakang sebesar 13 megapiksel pada bagian belakang, membuat foto yang dihasilkan pada Xiaomi Redmi Note 2 cukup halus dan bening. Fitur autofokus yang cepat menjadikan nilai tambah pada smartphone ini. Untuk memperoleh hasil background blur alias bokeh juga tidak sulit, cukup fokuskan pada objek yang ingin diambil dengan cara ketuk objek tersebut pada layar smartphone ini, dan tahan kemudian untuk mengambil gambar. Namun pada kondisi minim cahaya, nampak sedikit noise dengan mode malam (night mode).

Pilihan mode-nya pun bisa dibilang sedikit, hanya disediakan mode manual, scene mode, timer, beautify, panorama, dan gradient. Untuk mode manual, pilihannya pun hanya 2, yaitu mengatur white balance, dan besarnya ISO, tidak ada pengaturan seperti eksposure, fokus, dan kecepatan jepret. Scene mode sendiri memuat beberapa pengaturan yang sudah siap pakai, sesuai dengan objek yang akan diambil, seperti potrait, sports, snow, sunset, fireworks, dan lain-lain. Pada kamera belakang ini juga disediakan filter untuk memperindah hasil foto yang dihasilkan, seperti, mono, vivid, mirror, dan lain-lain. Tidak lupa terdapat fitur HDR dan Phase Detection, yaitu sebuah fitur yang mana sensor pada kamera Xiaomi Redmi Note 2 ini akan mendeteksi pergerakan pada objek, dan mengambil fokusnya secara otomatis.

Screenshot_2015-10-01-16-44-41

 

Screenshot_2015-10-01-16-44-53

Perekaman video dengan smartphone ini juga terasa biasa saja, selain dapat merekam dengan resolusi hingga Full HD alias 1080 piksel, fitur yang diberikan juga bisa dibilang sangat sedikit, hanya satu fitur yang disediakan saat ingin merekam gambar, yaitu Time Lapse. Bagi Anda yang suka dengan video Time Lapse, nampaknya akan berbangga hati, karena selain itu kita dapat mengatur jarak pengambilan foto yang akan diambil, guna disatukan dalam bentuk video Time Lapse. Sebenarnya ada satu fitur yang cukup menarik, yaitu Slow Motion, namun sayangnya fitur ini pada MIUI 6 masih terkunci, sehingga jika ingin menggunakannya atau mengaktifkannya, wajib menggunakan MIUI 7.

Screenshot_2015-10-01-16-46-02

Beralih ke bagian depan, Xiaomi Redmi Note 2 ini dibekali dengan kamera sebesar 5 megapiksel. Seperti kebanyakan smartphone sekarang, bagi pecinta selfie, fitur beautify ada pada kamera depan di smartphone ini. Namun jangan berharap lebih pada pengaturan lainnya, karena pada kamera depan ini hanya menyediakan pengaturan tambahan berupa Timer. Sangat minim sekali ya fitur pada kamera di Xiaomi Redmi Note 2 ini.

Screenshot_2015-10-01-17-14-32

Screenshot_2015-10-01-17-15-30

Multimedia dan Performa

Soal multimedia, Xiaomi Redmi Note 2  ini bisa dibilang cukup melengkapi bagi Anda yang gemar mendengarkan musik atau berselancar di dunia maya. Namun untuk browser bawaannya masih menggunakan bahasa Mandarin karena ROM yang dipakai masih ROM Tiongkok, bukan ROM global. Terdapat juga Mi Gallery yang akan menampilkan berbagai hasil foto yang Anda abadikan dengan tampilan yang interaktif

Screenshot_2015-09-30-17-37-13

Ini dia yang ditunggu-tunggu soal performa dari SoC terbaru Mediatek, Helio X10. Digadang-gadang dengan chipset ini mampu menandingi performa merek lain dengan rentang harga yang jauh di atas Xiaomi Redmi Note 2 ini. Disandingkan dengan GPU dari PowerVR G6200 tentu siap melibas semua game dengan tampilan grafis memukau yang rata-rata memiliki ukuran file di atas 1GB. Terlebih juga dibekali dengan RAM sebesar 2GB, membuat smartphone ini siap diajak untuk ber-multitasking dengan beragam aplikasi lainnya.

Hasil benchmark-nya sendiri hampir menyentuh Asus Zenfone 2 dan Samsung Galaxy Note 4, sangat mencengangkan. Untuk hasil benchmarknya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Bench1

 

Screenshot_2015-09-28-11-59-13

Screenshot_2015-09-30-17-00-52

Baterai

Untuk ketahanan, entah kenapa meskipun sudah menggunakan baterai berukuran 3.060mAh, Xiaomi Redmi Note 2 ini kami rasa masih cukup boros, meskipun hanya digunakan untuk membuka aplikasi sekadar BBM dan browsing sejenak. Kami mencoba bermain game online selama kurang lebih 20 menit dengan mode baterai ke mode performa, baterai yang terkuras kurang lebih sebanyak 12% dari posisi full 100%. Setelah menelusuri di berbagai forum, ada indikasi bahwa MIUI yang sekarang baik MIUI 6 ataupun MIUI 7 belum optimal pada Xiaomi Redmi Note 2 ini.

Screenshot_2015-10-01-15-34-54

Namun semua itu terbayar dengan adanya fitur Quick Charging, meskipun hal ini masih menjadi perdebatan di beberapa forum, saat kami mengupdate versi MIUI ke 6.7.10, kami mengisi daya dari 0% hingga 100% hanya butuh waktu kurang lebih selama 1 jam 20 menit. Pengisian yang cepat untuk kapasitas baterai sebesar ini.

Kesimpulan

Meski belum masuk secara resmi di Indonesia, peminat smartphone ini sangat tinggi sehingga para distributor mendatangkan perangkat ini secara langsung. Namun perlu dicatat bahwa garansi yang diberikan adalah garansi distributor, bukan garansi resmi.

Bicara soal fitur, tentunya dengan mengusung MIUI yang kaya akan kustomisasi temanya menjadikan nilai tambah pada smartphone ini. Karena menggunakan ROM resmi dari MIUI yang sayangnya masih terdapat beberapa bloatware berbahasa Mandarin. Namun itu semua tidak mengganggu kinerja smartphone ini, ketimbang ROM dari distributor yang banyak ditanami bloatware yang dapat memperlambat kinerja smartphone ini dan memakan RAM. Salah satu yang menarik adalah, adanya infra merah yang dapat mengendalikan berbagai perangkat seperti, televisi, pendingin ruangan, pemutar DVD, radio, dan lain-lain.

Untuk kameranya, bisa terbilang biasa saja, sebut saja mode yang ditawarkan tidak sebanyak smartphone di kelasnya, seperti Meizu M2 Note. Untuk mode manual pun hanya terdapat pengaturan white balance dan ISO saja. Video yang dihasilkan bisa dibilang biasa, meskipun sudah menggunakan kualitas Full HD. Untuk yang gemar foto.

Performa yang dihasilkan kami menyatakan Xiaomi Redmi Note 2 ini sangat mengagumkan. Untuk smartphone dengan rentang harga yang sama, Xiaomi Redmi Note 2 ini meninggal jauh para kompetitornya. Bahkan seperti yang telah kita lihat sebelumnya, skor benchmark yang diraih pada smartphone ini hampir mendekati Asus Zenfone 2, yang berada dikisaran harga di atas Xiaomi Redmi Note 2.

Kelebihan

  • Chipset terbaru dari MediaTek, Helio X10 dengan performa yang ganas
  • Harga yang terbilang murah dengan performa yang sangat memuaskan
  • Desain dan tampilan MIUI yang interaktif
  • Baterai dapat dilepas
  • Slot SIM 2 tidak menjadi satu dengan slot micro SD
  • Kedua slot SIM mendukung jaringan 4G LTE
  • Sudah menggunakan Android Lollipop 5.0
  • Dapat memutar video resolusi Ultra HD/4K

Kekurangan

  • Kamera biasa dengan fitur yang minim
  • MIUI yang belum optimal untuk smartphone ini
  • Tidak adanya headset pada paket penjualan

(ND)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here