Pernahkah Anda mengalami dimana Anda sering kelupaan saat sedang mengisi daya pada baterai smartphone atau gadget Anda? Pasti kita pernah mengalami kejadian seperti itu. Namun jika begitu terus, tentu umur baterai dari perangkat kita tidak dapat bertahan lama.

Tetapi, semua kekhawatiran itu nampaknya akan teratasi oleh charger yang satu, Zola zThunder 2T. Charger ini bentuknya hampir sama dengan kebanyakan charger pada umumnya. Namun yang membedakan charger ini dengan charger yang lain adalah, adanya fitur timer yang dapat diatur sesuai dengan kemauan kita. Jadi kita dapat mengatur berapa lama kita akan melakukan pengisian daya. Cara kerjanya simpel, jika alat ini sudah mencapai batas yang telah ditentukan, maka arus listrik yang mengalir pada smartphone atau gadget akan terputus secara otomatis, yang ditandai dengan padamnya lampu indikator pada angka yang sebelumnya telah kita atur.

IMG_1154

Pada charger Zola zThunder 2T ini terdapat angka 0 hingga 5 yang terletak pada bagian atas, yang mengitari tombol power. Angka tersebut menunjukan indikator berapa lama kita dalam mengisi daya pada perangkat kita. Misal saja, ingin melakukan pengisian daya selama 2 jam, maka cukup tekan tombol power 2x hingga lampu indikator berada tepat di angka 2. Atau Anda ingin mencoba mengisi dengan waktu 4 jam, maka arahkan lampu indikator ke angka 4 dengan cara menekan tombol power 4x. Namun, jika Anda sedang tidak sibuk atau benar-benar ingin mengisi secara penuh, maka bisa mengarahkan lampu indikator ke angka 0, yang artinya fitur timer pada charger ini tidak aktif.

Selain itu terdapat juga fitur fast mode, yaitu mengisi daya dengan waktu yang cepat. Hadirnya fitur ini dikarenakan charger Zola zThunder 2T ini mampu mengeluarkan daya hingga 2.4A. Namun hal ini berlaku jika smartphone atau gadget Anda mendukung fitur pengisian daya yang cepat, seperti Quick Charge dari SoC Qualcomm terbaru, atau Pump Express pada perangkat dengan SoC MediaTek.

IMG_1155

Kami mencoba dengan perangkat Xiaomi Redmi Note 2 yang berbekal SoC MediaTek Helio X10, kami melakukan pengisian daya dari 37% menjadi 79% dengan waktu selama 1 jam. Karena SoC Helio X10 alias MT6795 belum mendukung fitur Pump Express, maka kami mengatakan waktu yang wajar dalam 1 jam mendapatkan kurang lebih 40%.

Pada bagian belakang kita akan menjumpai 2 slot USB, sehingga charger ini mampu melakukan pengisian daya 2 buah perangkat sekaligus. Namun arus yang didapat pada kedua perangkat tersebut akan terbagi menjadi 2, yaitu sebesar 1A. Sehingga, waktu pengisian daya pun lebih lama dibanding dengan melakukan pengisian daya terhadap 1 perangkat saja.

Nampaknya charger ini sangat cocok bagi Anda yang sering kelupaan sedang mengisi daya pada perangkat pintar Anda. Tertarik untuk membeli?

(ND)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here