You are currently viewing Ribuan Mahasiswa Indonesia Bakal Memperoleh Kesempatan Berguru Ilmu Teknologi ke Negeri Cina

Ribuan Mahasiswa Indonesia Bakal Memperoleh Kesempatan Berguru Ilmu Teknologi ke Negeri Cina

Cina saat ini memang menjadi salah satu pusatnya perusahaan teknologi ternama dunia. Sebut saja nama Huawei, Xiaomi, ataupun Lenovo. Dan kabar baiknya, mahasiswa Indonesia pun kini berkesempatan untuk bisa menimba ilmu teknologi dari perusahaan-perusahaan besar di negara tersebut. Huawei Tech Investment kini membuka kesempatan bagi mahasiswa jurusan teknologi informasi komunikasi (TIK) untuk bisa belajar di negeri tirai bambu.

A logo of Huawei Technologies Co. Ltd. is seen at the 13th China Hi-Tech Fair in Shenzhen

Mereka pun telah menjalin kerja sama dengan beberapa kampus ternama di Indonesia. Mulai dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Padjajaran (Unpad), serta Universitas Telkom. Kerja samaini merupakan bagian dari program SmartGen yang dilaksanakan oleh Huawei dengan pemerintah Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan kalau langkah ini menjadi momen penting bagi mahasiswa untuk bisa belajar teknologi dari negara Cina. Dia pun berharap agar para mahasiswa tersebut bisa mengembangkan talenta teknologi yang dimilikinya di sana. Di sisi lain, Sekjen Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi Ainun Na’im mengungkapkan kalau program ini bisa menjadi jembatan untuk peningkatan kualitas SDM tanah air di bidang teknologi informasi.

Pihak Huawei melalui CEO Huwei Indonesia Liu Haosheng seperti dikutip dari Detik mengatakan kalau perkembangan teknologi menjadi faktor penting dalam persaingan dunia global seperti sekarang. Mereka pun siap untuk menyediakan sarana transfer ilmu pengetahuan dengan mahasiswa Indonesia. Terutama dengan melalui berbagai pelatihan yang mereka laksanakan.

(BHK)

Imam Baihaki

Penulis lepas di BTekno sekaligus pemilik dua handphone Nokia yang suka jalan-jalan.

Leave a Reply