Saat ini browser populer untuk perangkat desktop masih didominasi oleh Chrome dan Firefox, sehingga alternatif lain dari kedua browser itu sering diabaikan. Salah satu browser yang memiliki usia panjang adalah Opera, dan pengembang di balik browser ini telah mengumumkan versi baru yang telah tersedia untuk diunduh. Browser PC Opera 43 diklaim menjadi versi tercepat yang pernah ada, dan itu membawa beberapa fitur baru agar pantas menyandang gelar itu.

Opera 43

Pertama, fitur instant loading page akan memprediksi URL yang Anda ketik di address bar sebelum Anda selesai mengetik itu, dan hasil untuk situs web akan dimuat di latar belakang. Jadi, ketika Anda benar-benar menekan enter untuk pergi ke URL tersebut, itu akan muncul untuk memuat langsung. Fitur Instant loading page menjadi lebih cerdas seiring waktu dan akan belajar dari kebiasaan Anda.

Untuk platform Windows terdapat fitur performa yang berbeda dan itu sudah dimasukan ke dalam Opera juga. Fitur ini disebut sebagai Profil Guided Optimization (PGO), dan itu teknik compiler yang dapat membuat software yang berjalan pada Windows signifikan lebih cepat, namun menggunakan beban CPU yang lebih rendah.

PGO mengoptimalkan bagian yang paling penting dari browser, membuat startup sekitar 13% lebih cepat dari sebelumnya. Benchmark mengkonfirmasi bahwa engine browser telah menerima dorongan performa juga, dengan perbaikan dari 3,35% menjadi 60,3% tergantung pada benchmark yang digunakan.

Akhirnya, Opera 43 memiliki “classic link selection”, yang berarti bahwa Anda dapat dengan cepat dan mudah memilih teks di link tanpa memicu link. Hal ini dimungkinkan oleh perubahan dalam fungsi klik dan drag. Anda sekarang dapat menggunakan klik horisontal dan drag untuk memilih teks, serta klik vertikal dan tarik jika Anda ingin menarik link. Sebelumnya, tidak peduli arah mana, link akan diseret, sehingga membuat pemilihan teks di dalamnya cukup sulit.

Bagi Anda yang ingin mencipi Opera 43 versi desktop PC ini bisa langsung mengikuti link berikut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here