Robot AI Main Game Poker Melawan 4 Pemain Poker Profesional, Bagaimana Hasilnya?

Robot AI Main Game Poker Melawan 4 Pemain Poker Profesional, Bagaimana Hasilnya?

BeritaTeknologi.com

Teknologi artificial intelegence (AI) kini semakin canggih saja. Kemampuan sebuah sebuah robot AI pun jauh mengalahkan kemampuan berpikir manusia. Hal ini dibuktikan dalam sebuah pertandingan poker, antara AI bernama Libratus melawan empat pemain poker profesional dunia.

poker ai

Empat pemain poker profesional yang berkesempatan melawan Liberatus itu bernama Dong Kim, Jimmy Chou, Daniel McAulay, serta Jason Les. Mereka pun bermain Texas Hold’em melawan Libratus. Dan kesemua pemain tersebut, melawan Libratus secara bergantian, satu lawan satu. Hingga akhirnya, Libratus berhasil mendapatkan uang kemenangan sebesar $794.392 atau hampir setara 10,6 miliar rupiah.

Dari permainan ini, terungkap kalau Libratus memiliki kemampuan untuk belajar dari kesalahan. Chou mengungkapkan, dalam permainan tersebut dia dan ketiga pemain lainnya saling berbagi informasi. Terutama mengenai kelemahan yang dimiliki Libratus. Namun ternyata, Libratus mampu menutupi lubang kesalahannya itu dan tidak melakukan hal itu lagi pada kesempatan esok harinya.

Libratus memang merupakan sebuah teknologi AI yang canggih. Liratus didesain dengan menggunakan algoritma yang mampu menganalisis peraturan permainan poker dan selanjutnya mengatur strategi permainannya sendiri.

Kreator Liratus, Profesor Tuomas Sandholm bersama dengan murid Ph.D Noam Brown, mengatakan kalau Libratus memang didesain memiliki kemampuan yang canggih. Libratus ditujukan untuk bisa membuat strategi militer, melakukan negosiasi bisnis, ataupun bisa pula merencanakan perawatan kesehatan.

(BHK)