Tahun lalu Apple telah memperkenalkan robot terbarunya yang bernama Liam dan tahun ini robot tersebut mulai dioperasikan. Robot tersebut memiliki tugas untuk membongkar iPhone hingga menjadi bagian-bagian terpisah, untuk kemudian didaur ulang bagian yang masih bisa digunakan. Menurut Apple, robot liam sudah dioperasikan di California dan Belanda.

liam

Tentu saja robot Liam ini akan jauh lebih cepat dan efisien jika dibandingkan dengan tenaga manusia untuk melakukan pembongkaran iPhone. Sebelumnya Apple mengatakan jika robot ini mampu membongkar iPhone 6 hanya dalam waktu 11 detik. Satu sistem Liam mampu membongkar iPhone 6 sebanyak 1,2 juta unit setiap tahunnya.

Tentu jika Apple menerapkan dua sistem Liam, kemampuannya mencapai dua kali lipat, yakni menjadi 2,4 juta unit setiap tahunnya. Belum lagi jika Apple berniat untuk menerapkan sistem Liam di tempat lain. Namun robot tersebut dianggap sangat rahasia, bahkan hanya insinyur tertentu saja yang diperbolehkan mengetahui sistem Liam.

“Untuk setiap 10.000 unit ponsel yang dibongkar oleh Liam, kami memiliki potensi untuk memulihkan 190 kg aluminium, 80 kg tembaga, 0,13 kg emas, 0,04 kg logam platinum, 0,70 kg perak, 5,5 kg timah, dan 2,4 kg dari unsur logam langka,” tulis Apple.

Tentu ini semakin memperkuat posisi Apple yang dikenal sebagai perusahaan ramah lingkungan, dimana perusahaan mendaur ulang produk-produk lama miliknya untuk mengurangi limbah elektronik.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here