Raspberry Pi kerap digunakan untuk membuat berbagai perangkat DIY yang kreatif. Dengan harganya yang murah dan spesifikasi bisa diandalkan, komputer mungil tersebut bisa dipakai untuk menjalakan berbagai sistem operasi. Termasuk Android. Dan kali ini, ada pesaingnya yang punya kemampuan tak kalah dan harga yang juga murah. Namanya Rock64 Media Board yang diluncurkan oleh PINE64.

rock64 media board

Komputer mungil ini dilengkapi dengan prosesor quad core Rockchip RK3328 ARM Cortex A53 64-bit. Pihak PINE64 pun menyediakan ragam pilihan RAM sesuai keinginan. Mulai dari RAM LPDDR3 1600MHz berkapasitas 1 GB, 2 GB, hingga 4GB. Banderol paling murah di angka US$25 dan yang paling mahal US$45.

Meski punya banderol murah, pc mungil ini memiliki kemampuan dalam menampilkan video 4K pada kecepatan 60Hz. PC ini juga mendukung HDR10 via HDMI2.0a serta Ethernet gigabit. Hanya saa, perangkat ini tak dilengkapi dengan WiFi ataupun Bluetooth.

rock64 media board-1

Perangkat mungil ini juga dilengkapi dengan modul soket eMMC, slot microSD card, Pi-2 Bus, Pi-P4+ Bus, port USB 3.0, serta dua port USB 2.0. Pihak PINE64 menyediakan berbagai aksesoris untuk pc mungil ini. Sehingga, bisa dimanfaatkan untuk beragam hal. Dapat pula disematkan OS Android, Debian, ataupun Yocto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here