Perkembangan teknologi smartphone saat ini memang sangat pesat. Terlebih fungsinya kini sangat beragam. Namun sayangnya, tak semua orang bisa memanfaatkan teknologi yang ada pada sebuah smartphone, terutama adalah para tuna rungu yang memiliki kekurangan dalam hal pendengaran.

Namun ke depan, para tuna rungu bakal tak hanya bisa memanfaatkan fasilitas chatting ataupun sms pada smartphone. Mereka juga bisa melakukan panggilan suara seperti halnya orang-orang yang memiliki pendengaran normal. Hal ini bisa mereka lakukan dengan menggunakan sebuah aplikasi yang bernama RogerVoice.

rogervoice

Proyek pengembangan RogerVoice yang ditujukan untuk para tuna rungu pun kini muncul di Kickstarter. Tujuan dari proyek tersebut adalah membuat sebuah platform VoIP yang akan secara otomatis menerjemahkan perkataan menjadi sebuah tulisan. Yang menjadi catatan, aplikasi ini tak mempunyai fungsi melakukan translasi. Namun fungsinya hanya menyalin pesan atau mentranskripsi.

Nantinya, untuk menggunakan aplikasi VoIP untuk para tuna rungu itu pun tak butuh jasa telekomunikasi dari sebuah provider telepon. Yang dibutuhkan hanyalah akses internet yang stabil. Dan menariknya, RogerVoice ini mampu menuliskan beberapa ucapan dalam berbagai bahasa, yakni Inggris, Spanyol, Portugis, Prancis, Italia, Jerman, Yunani serta Jepang.

via Slashgear

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here