Jolla, nama perusahaan yang “mengambil alih” pengembangan sistem operasi Meego yang gagal menjadi sistem operasi andalan Nokia untuk menggantikan Symbian akhirnya baru saja mengumumkan dan mendemokan secara terbuka sistem operasi baru yang mereka kembangkan dari Meego bernama Sailfish pada acara startup Slush di Helsinki, Finlandia. Rencana sistem operasi baru ini akan memasuki pasar di awal 2013 dan meluncurkan SDK bagi para pengembang software untuk dapat memulai mengutak-atik dan mengembangkan aplikasi di atas sistem operasi Sailfish ini.

Jolla sendiri telah mengaktifkan dua situs terkait yaitu http://Jolla.com dan http://Sailfish.org

SDK Sailfish bisa diakses di: https://sailfishos.org/wiki/Main_Page yang terdiri dari: QtCreator,  virtualised Mer Platform SDK dan komponen Sailfish.

Untuk OS Sailfish sendiri terdiri dari beberapa proyek open source seperti Qt, Mer Core, serta kernel Linux khusus. Bahkan Jolla pun akan merencanakan dukungan terhadap aplikasi Android pada level tertentu sehingga pada awal peluncurannya secara tidak langsung, Sailfish telah memiliki banyak aplikasi yang bisa dijalankan di atasnya. Jolla juga sudah mengumumkan bahwa sistem platform dari ST-Ericsson NovaThor ModAp akan mendukung perangkat Sailfish dan chip dari ST-Ericcsonlah yang pertama meluncur ke pasaran.

Supaya tidak penasaran, Anda bisa melihat video pengenalan dari Sailfish, demo Sailfish UI hands on serta interview dengan CIO serta CEO Jolla berikut ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here