Smartphone dengan spesifikasi yang bisa diubah sesuai dengan keinginan pemiliknya memang memberikan daya tarik tersendiri. Tak mengherankan kalau perusahaan Cina, yakni ZTE berniat untuk mengikuti jejak proyek smartphone modular dari Motorola, yakni Proyek Ara.

zte eco mobius (2)

Untuk menyaingi proyek tersebut, ZTE pun baru saja memperkenalkan Eco-Mobius. Namun perwakilan ZTE yang ada di stan CES 2014 mengatakan bahwa mereka tak akan mengembangkan proyek ini. Kemungkinan karena proses pengembangannya yang bakal sangat sulit.zte eco mobius (1)

Namun dari konsep tersebut nampak jelas mengenai kemungkinan pemilik sebuah smartphone modular dalam melakukan upgrade secara mudah. Smartphone modular ini pun memungkinkan pemiliknya untuk bisa mengganti berbagai hal seperti kamera, ROM, CPU, GPU, RAM dan lain-lain dengan mudah.

zte eco mobius (3)

Proyek ini sebenarnya telah diumumkan oleh ZTE pada tahun kemarin. Eco-Mobius ini dilaksanakan agar bisa menghasilkan sebuah smartphone yang lebih ramah lingkungan. Alih-alih membuang sampah utuh sebuah smartphone, ZTE menganggap lebih baik membuang sebagian komponen dari smartphone tersebut.

via The Verge