Samsung membuat gebrakan dengan meluncurkan prosesor dengan 8 core pada ajang Consumer Electronic Show (CES) 2013. Dan, hal ini nampaknya bakal diikuti oleh para produsen elektronik lainnya. Salah satunya dan yang terbaru adalah Huawei.

Dalam sebuah laporan yang diperoleh Engadget, Huawei dikatakan akan menggunakan desain arsitektur ARM Cortex-A15 untuk prosesor terbarunya itu. Belum jelas apakah mereka akan menggabungkan empat core prosesor high power Cortex-A15 dengan empat core low power seperti yang dilakukan oleh Samsung.

Hal ini tentunya dilakukan untuk melakukan efisiensi tenaga. Jika Huawei menggunakan arsitektur ARM Cortex-A15 pada semua core tersebut, yang menjadi permasalahan tentunya adalah baterai sebagai sumber tenaga. Tak menutup kemungkinan ukuran dari handphone atau tablet pun kian gemuk.

Namun dengan platform big.LITTLE gabungan seperti milik Samsung, hal tersebut bisa diminimalisir. Empat core ARM Cortex-A15 akan bekerja untuk proses yang membutuhkan performa tinggi. Sedangkan untuk tugas-tugas yang ringan, empat core ARM Cortex-A7 bisa bekerja untuk mengurangi tingkat konsumsi tenaga.

(Via Engadget)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here