You are currently viewing Saingi Samsung, Huawei Kembangkan Chip Grafis dan Chip Memori Sendiri
Ilustrasi (Kredit: Androidauthority)

Saingi Samsung, Huawei Kembangkan Chip Grafis dan Chip Memori Sendiri

Vendor smartphone asal Tiongkok, Huawei semakin berjaya di persaingan pasar smartphone, pasalnya produsen smartphone terbesar ketiga di dunia itu telah mengembangkan chipset yang didesain oleh perusahaan sendiri pada beberapa smartphone buatan mereka. Dengan mengusung chipset buatan sendiri, Huawei seakan ingin menggoyang posisi vendor lain, seperti Samsung yang juga mendesain chipset buatan mereka sendiri.

Ilustrasi (Kredit: Androidauthority)
Ilustrasi (Kredit: Androidauthority)

Seperti yang diberitakan Phone Arena, Minggu (20/12/2015), Menurut laporan yang berasal dari Tiongkok, Huawei diberitakan telah menyusun rencana untuk bersaing ketat dengan raksasa teknologi asal negeri Ginseng, Samsung. Tak puas hanya membuat prosesor sendiri yang bernama Kirin, Huawei kabarnya juga berencana untuk menggarap chip pengolah grafis dan memorinya sendiri.

Seperti diketahui, Huawei telah menyematkan prosesor buatannya sendiri kedalam beberapa smartphone buatannya. Prosesor ini bahkan sudah beredar di pasaran lewat P8, ponsel flagship Huawei yang dirilis sekitar bulan April 2015 lalu. Selain itu, chip Kirin 950 disebut-sebut memiliki performa yang gahar dengan berhasil mencetak skor tinggi pada layanan AnTuTu Benchmark.

Kendati demikian, nampaknya Huawei masih belum puas dengan mendesain prosesor sendiri, produsen smartphone nomor satu di Tiongkok ini dirumorkan juga ingin membuat chip GPU dan memorinya sendiri, yang bakal dibenamkan pada chipset Kirin generasi terbaru. Seperti yang telah diketahui, SoC Kirin selama ini mengandalkan chip grafis Mali buatan ARM.

Jika rumor ini benar adanya, dapat dikatakan Huawei berada selangkah di depan Samsung yang juga mendesain chip prosesor sendiri. Pasalnya, selama ini Samsung belum memiliki chip grafis buatan mereka sendiri yang disematkan pada chipset Exynos.

Selain itu rencananya yang juga ingin membuat chip memorinya sendiri akan menempatkan Huawei langsung berhadapan dengan Samsung, SK Hynix atau Micron Technology, yang sebelumnya sudah dikenal sebagai produsen chip memori.

Sayangnya, rumor ini tidak datang dengan detail waktu perilisan serta perangkat apa yang bakal mengusung prosesor, GPU, dan flash memori buatan Huawei Sendiri. Sedangkan model high-end berikutnya akan menjadi Huawei P9, yang merupakan sekuel dari Huawei P8 yang telah meluncur sejak April 2015 lalu.

Namun, meski Huawei P9 bakal meluncur bulan April mendatang, handset tersebut diperkirakan tidak akan mengusung pengolah grafis dan flash memori buatan Huawei sendiri, karena terlalu dini untuk menggunakan GPU dan flash memori buatan sendiri yang kebenarannya saja belum dikonfirmasi oleh Huawei sendiri.

Reza Hendrawan

Penulis artikel junior yang memulai karir sebagai penulis di Berita Teknologi. Pengguna Android yang lebih suka membahas tentang perangkat mobile, aplikasi mobile, game dan gadget terbaru tentunya. Salam Tekno!

Leave a Reply