Kembali ke bulan Oktober tahun lalu, perusahaan asal Jepang, VAIO disebut-sebut sebagai salah satu perusahaan yang bekerja sama dengan Microsoft untuk menghasilkan smartphone baru yang menjalankan sistem operasi Windows 10. Dan kali ini, VAIO akhirnya mengungkapkan smartphone pertamanya yang akan menjalankan sistem operasi Windows 10.

VAIO Phone Biz

Mengutip laporan dari Phone Arena, Rabu (3/2/2016), smartphone Windows 10 pertama dari VAIO menyandang nama Phone Biz yang bakal dibalut dengan body full metal. Smartphone ini akan tersedia secara unlockĀ atau tanpa terikat dengan operator seluler tertentu. VAIO Phone Biz bakal tersedia bulan April mendatang dengan harga $430 atau sekitar 5,9 juta Rupiah.

VAIO Phone Biz menawarkan spesifikasi yang terbilang layak untuk smartphone yang menyandang gelar premium, namun tak segahar smartphone flagship lain seperti Lumia 950 dan 950 XL. Smartphone ini membawa layar seluas 5,5 inci beresolusi FHD 1080p dan bakal ditenagai oleh chipset Snapdragon 617. Chipset ini memiliki prosesor octa core dan ditujukan untuk perangkat kelas menengah.

Selain itu, pada sektor jeroannya tedapat RAM sebesar 3GB dan penyimpanan internal sebesar 16GB yang masih mendukung ekspansi menggunakan micro SD. VAIO membekali smartphone-nya dengan kamera utama 13MP dan kamera depan 5MP untuk mengambil foto selfie. Selain itu, VAIO juga membekali smartphone ini dengan baterai sebesar 2800mAh.

VAIO Phone Biz1

Menariknya, smartphone yang menjalankan sistem operasi Windows 10 ini juga mendukung fitur Contiuum dan Cortana seperti yang dimiliki Lumia 950 dan 950 XL.

Sama seperti smartphone pertama dari VAIO yang meluncur tahun lalu dengan OS Android, smartphone Windows 10 ini juga dikabarkan tidak akan dipasarkan di luar Jepang, namun hal itu belum dapat dipastikan dan bisa saja VAIO kali ini mengubah strategi pemasarannya.

Nama brand VAIO sendiri lekat di masyarakat umum sebagai brand notebook premium dari Sony, namun pada 2014 lalu keduanya memutuskan untuk berpisah meski Sony masih memiliki saham sebesar 5% di perusahana tersebut. Selain produk smartphone, VAIO juga baru saja meluncurkan produk laptop premium dan kelas menengah yang menyasar pasar Jepang, Amerika Serikat, dan Brazil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here