EVGA GeForce GTX 980 Ti VR nampak dari depan (Kredit: Computerbase.de)

Mendekati penghujung acara tahunan CES 2016, semakin banyak teknologi dan perangkat terbaru yang menarik perhatian. Seperti sebelumnya yang mana Oculus baru saja membuka pre-order untuk perangkat virtual reality-nya (VR), Rift. Meski baru dipasarkan pada bulan Mei – Juni 2016 nanti, berbagai vendor perangkat komputer telah mempersiapkan amunisi untuk menyambut kehadiran era VR nanti.

EVGA GeForce GTX 980 Ti VR nampak dari depan (Kredit: Computerbase.de)
EVGA GeForce GTX 980 Ti VR Edition nampak dari depan (Kredit: Computerbase.de)

Seperti yang telah kita informasikan sebelumnya, dimana salah satu vendor ternama, Dell dengan komputer gaming terbarunya, Alienware X51 R3, sudah siap menjalankan game VR. Nah kali ini, bukan sebuah komputer gaming, namun salah satu komponen komputer yang mendukung untuk dapat menikmati game VR dengan nyaman, yaitu VGA card.

Dikutip dari Videocardz, Jumat (8/1/2016), disebutkan bahwa EVGA baru saja memperkenalkan varian VGA card terbaru, GeForce GTX 980 Ti VR Edition, pada CES 2016. Sekilas, bentuk dari GeForce GTX 980 Ti VR Edition ini mirip dengan varian kartu grafis EVGA GeForce GTX 980 Ti ACX 2.0. Yang menjadi pembeda kartu grafis ini adalah, adanya port HDMI tambahan yang letaknya berada di sisi depan.

Port HDMI tambahan yang terletak dekat dengan power pin (Kredit: Computerbase.de)
Port HDMI tambahan yang terletak dekat dengan power pin (Kredit: Computerbase.de)

Soal performa, kabarnya kartu grafis ini tidak berbeda jauh dengan seri kartu grafis EVGA GTX 980 Ti ACX 2.0, hanya saja ada port HDMI tambahan pada bagian depannya. Pada paket penjualan, nantinya juga disertakan sebuah dock yang terdapat port HDMI yang disambungkan dengan port HDMI tadi, dan dua buah port USB 3.0. Seperti yang kita tahu bahwa perangkat VR dari Oculus Rift memerlukan port USB sebanyak empat buah untuk dapat digunakan. Sehingga port USB pada dock ini tidak dapat digunakan untuk menyuplai daya pada perangkat Oculus Rift.

Dock yang disertakan dalam paket penjualan (Kredit: Computerbase.de)
Dock yang disertakan dalam paket penjualan (Kredit: Computerbase.de)

Kita juga sudah membahas sebelumnya bahwa untuk dapat menikmati game VR dengan perangkat Oculus Rift, diperlukan spesifikasi yang mumpuni. Dengan menggunakan kartu grafis dari EVGA ini, sudah lebih dari kata cukup untuk dapat menikmati sensasi game VR dengan kualitas grafis yang memukau. Sayangnya EVGA tidak memberitahu kapan VGA card GeForce GTX 980 Ti VR Edition ini dirilis ke pasaran.

Sudah siap menyambut era VR?

(ND/Videocardz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here