kredit: Detik

Sampah luar angkasa dari perusahaan milik Elon Musk, yakni SpaceX diketahui baru saja jatuh di kawasan Sumenep, Pulau Madura. Terdapat dua objek yang diketahui merupakan bagian dari roket Falcon 9 dan roket Delta 2 PAM-D milik SpaceX. Bahkan kedua objek tersebut jatuh di kawasan pemukiman penduduk.

kredit: Detik
kredit: Detik

Sebuah foto hasil dokumentasi Detik pun memperlihatkan tabung bahan bakar roket Falcon X milik SpaceX yang jatuh di lokasi pemukiman penduduk. Akibat jatuhnya tabung bahan bakar ini, kandang sapi milik warga pun rusak. Kabar baiknya, tidak ada korban jiwa yang muncul akibat terjatuhnya dua objek sampah luar angkasa ini.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Jamaluddin seperti dikutip dari CNN Indonesia mengungkapkan kalau kedua roket milik SpaceX itu diluncurkan pada orbit yang rendah. Terlebih lagi, saat ini dia mengungkapkan kalau terdapat setidaknya 20 ribu keping sampah luar angkasa yang bisa jatuh di mana saja.

Thomas mengungkapkan, meski tidak menimbulkan korban jiwa, sampah luar angkasa ini tetap saja bisa berakibat fatal. Dia pun mengimbau agar masyarakat tidak sembarangan menyentuh objek sampah luar angkasa itu. Terutama karena berpotensi mengandung racun.

Menariknya, kasus jatuhnya sampah luar angkasa ke Indonesia bukanlah yang pertama kalinya. Setidaknya terdapat empat kejadian yang pernah tercatat. Termasuk di antaranya adalah jatuhnya pecahan tabung bahan bakar roket milik Rusia, tabung bahan bakar yang jatuh di Lampung, serta yang terakhir adalah jatuhnya pecahan roket milik Cina.

(BHK)

2 COMMENTS

  1. It seems like we need a new empty planet to throw away all of the craps we’ve been producing for centuries.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here