Kepopuleran platform Windows 8 di berbagai perangkat yang ada, tampaknya membuat Samsung untuk mulai memperkuat lini perangkat mobilenya yang didukung dengan kekuatan platform terbaru besutan Microsoft tersebut. Dan Samsung ATIV Smart PC inilah yang merupakan model perangkat hybrid Samsung terbaru sekaligus pertama yang didukung oleh platform Windows 8.

Sesuai kemampuannya sebagai sebuah perangkat hybrid, Samsung ATIV Smart PC ini sendiri dapat bertindak sebagai sebuah tablet ataupun laptop/notebook. Sejatinya keberadaan konsep hybrid ini bukanlah yang pertama melainkan malah pernah dipopulerkan dengan kehadiran Asus Transformer beberapa waktu yang lalu.

Perangkat hybrid berbobot 744 gram ini telah dibekali dengan keberadaan layar sentuh HD LED 11,6 inci 5 poin multi-touch yang mendukung resolusi 1366×768 piksel. Sedangkan untuk mengoptimalkan kinerja sistem berbasis Windows 8 di dalamnya, Samsung ATIV Smart PC tampaknya masih  mempercayakan sepenuhnya kepada kehandalan processor Intel Atom Z2760 1.5GHz (L2 512KB) plus Intel Graphics dan RAM 2 GB LPDDR2. Belum lagi dengan keberadaan hardisk 64GB e.MMC iNAND dengan topangan slot SD card yang mampu menyediakan daya tampung data lebih dari pada cukup.

Selain keberadaan kamera belakang 8MP dan kamera depan 2MP, perangkat ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur pendukung lainnya yang cukup komplit seperti HSPA+, EDGE, GPRS, WiFi, Bluetooth, audio jack, port USB, micro HDMI, S Pen, SNote, People Hub, dan lai-lain termasuk juga baterai 2 Cell (30Wh) 40W AC Adapter yang bisa memberikan waktu operasi hingga 10 jam nonstop lamanya. Samsung ATIV Smart PC ini juga dilengkapi sistem docking keyboard yang dapat dilepas sehingga memungkinkan pengguna untuk dengan mudah beralih dari notebook PC ke bentuk tablet PC.

Perihal ketersediaannya di pasaran tanah air, Samsung ATIV Smart PC ini dibanderol dengan harga per unitnya sekitar Rp 9,5 jutaan (sudah termasuk dock keyboard).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here