Samsung Bakal Gunakan GPU dari AMD dan Nvidia untuk Smartphone Mereka

Samsung Bakal Gunakan GPU dari AMD dan Nvidia untuk Smartphone Mereka

BeritaTeknologi.com

Kita tahu bahwa dominasi chipset yang terdapat pada perangkat smartphone ada Qualcomm dengan Snapdragon-nya dan dari MediaTek. Meski ada beberapa pabrikan yang juga membuat chipset seperti Nvidia Tegra, nampaknya minat terhadap chipset tersebut tidak begitu banyak karena konsumsi daya yang besar bila dibandingkan dengan chipset untuk smartphone sekarang.

Seperti salah satunya adalah Samsung yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon di luar chipset buatannya, Exynos, pada perangkat smartphone mereka. Namun nampaknya pada beberapa tahun kedepan Samsung bakal berubah haluan.

handshake-1

Dilansir dari WCCFtech, Minggu (11/9/2016), disebutkan bahwa dari informasi yang didapat dari sebuah situs, SamMobile, mengatakan bahwa pada tahun 2018 nanti Samsung bakal menggunakan pengolah grafis alias GPU dari AMD atau Nvidia. Jadi bila Samsung biasa menggunakan GPU dari Mali yang mana juga merupakan produksi ARM, maka di tahun 2018 bisa saja Samsung sudah tidak menggunakan lagi untuk beberapa perangkat smartphone mereka.

Sebelumnya juga sempat beredar bahwa Samsung ingin mengembangkan pengolah grafis buatan mereka sendiri, layaknya chipset Exynos. Namun nampaknya Samsung lebih memilih bekerja sama dengan AMD atau Nvidia kedepannya. Apalagi kualitas grafis, khususnya untuk bermain game sekarang bisa dikatakan sangat mengagumkan, sehingga dibutuhkan komponen yang lebih mumpuni.

Namun seperti yang telah kita katakan, hal ini masih berupa rencana yang bakal implementasikan pada tahun 2018. Sehingga untuk tahun depan nampaknya Samsung masih setia menggunakan chipset dari Qualcomm dan pengolah grafis dari Mali.